Lily S

15 November 2021 15:56

Iklan

Iklan

Lily S

15 November 2021 15:56

Pertanyaan

Bacalah dengan teliti dan hati-hati, paragraf teks berita berikut! Telah terjadi kecelakaan maut yang mengerikan. Kecelakaan itu, terjadi antara kendaraan truk pengangkut pasir dengan kereta api jurusan Surabaya-Banyuwangi. Dalam peristiwa itu, supir dan kernet truk tidak tertolong, langsung meninggal di tempat kejadian, adapun kereta api tidak mengalami kerusakan yang berarti. Kejadian itu, terjadi tepat di sekitar jaln tol Gempol Pasuran, menuju arah Banyuwangi. Bersamaan hiruk-pikuknya masyarakat memulai aktifitasnya di pagi hari sekitar pk. 06.00, kejadian itu terjadi. Setelah diselidiki oleh pihak yang berwajib, diperkirakan rem truk tidak berfungsi secara maksimal. Begitu juga, sopir diperkirakan mengantuk, penyebab paling utama terjadinya peristiwa ini. Semula, truk dengan kecepatan tinggi melaju dari arah selatan terlihat tak terkendali, menurut banyak saksi. Sampai pada perlintasan kereta api yang sudah dekat sopir tak menyadarinya. Baru sadar setelah akan menyeberang rel, tak menyangka kereta sudah datang mendekat, terjadilah benturan yang tak dapat dihindari. 1. Peristiwa apa yang terjadi?


31

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

17 November 2021 00:38

Jawaban terverifikasi

Halo Lily S. Terima kasih sudah bertanya. Peristiwa yang diberitakan pada teks di atas adalah kecelakaan antara truk pengangkut pasir dengan kereta api jurusan Surabaya-Banyuwangi. Cermati penjelasan berikut ya. Teks berita adalah teks yang berisi laporan mengenai kejadian/ peristiwa yang baru saja terjadi. Unsur teks berita terdiri atas: 1. Apa, berkaitan dengan peristiwa yang diberitakan. 2. Di mana, berkaitan dengan lokasi/ tempat terjadinya peristiwa. 3. Kapan, berkaitan dengan waktu terjadinya peristiwa. 4. Siapa, berkaitan dengan tokoh/ orang yang terlibat dalam peristiwa. 5. Mengapa, berkaitan dengan alasan/ sebab terjadinya peristiwa. 6. Bagaimana, berkaitan dengan penjelasan proses dan dampak dari peristiwa yang diberitakan. Teks berita di atas berisi laporan mengenai kecelakaan maut yang terjadi antara truk pasir dengan truk pengangkut pasir dengan kereta api jurusan Surabaya-Banyuwangi dibuktikan dengan kalimat "Telah terjadi kecelakaan maut yang mengerikan. Kecelakaan itu, terjadi antara kendaraan truk pengangkut pasir dengan kereta api jurusan Surabaya-Banyuwangi." Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan "Peristiwa apa yang terjadi?" adalah kecelakaan maut yang terjadi antara truk pasir dengan truk pengangkut pasir dengan kereta api jurusan Surabaya-Banyuwangi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

248

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

650

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan