Lala L

13 Juli 2022 04:20

Iklan

Iklan

Lala L

13 Juli 2022 04:20

Pertanyaan

Baca puisi di bawah ini dengan saksama! Alam Dilembah Semesta Angin Dingin Kelam Berderik Kabut Putih Menghapus Mentari Tegak Cahyanya Menusuk Citra Pahatan Gunung Memecah Langit Berselimut Awan Beralas Zamrud Tinggi ... Tajam ... Sejak Waktu Tidak Beranjak Di Sanalah Sanubari Berdetak Sunyi Sepi Tak Beriak Cermin Ilusi Di Atas Danau Menikung Pohon Yang Melambai Warna Di Celah Kaki-Kaki Menjejak Karya-Karyanya Di Manakah Aku Berada? Di Mana Jiwa Tak Mengingat Rumah Di Saat Hidup Serasa Sempurna Sungguh Jelita Permadani Ini Terbarkan Pesona Di Atas Cakrawala Tak Berujung Di Pandang Lamanya Serasa Bertualang Di Negeri Tak Bertuan (Sumber: Puisi dikarang oleh Ardian. H diunduh pada http://www.kumpulan-puisi.com/poetry-detail.php?id=911) Apa tema puisi tersebut?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Azizah

Mahasiswa/Alumni Politeknik LP3I Jakarta

03 September 2022 13:16

Jawaban terverifikasi

Jawabannya : Tema dalam puisi tersebut adalah keindahan alam Simak penjelasan berikut ! Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga diartikan sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat. Unsur puisi dibagi menjadi dua, yaitu unsur batin puisi dan unsur fisik puisi. Unsur batin puisi terdiri dari ; 1. Rasa 2. Tema 3. Amanat 4. Nada Langkah-langkah menentukan tema pada puisi : 1. Perhatikan judul 2. Perhatikan kata-kata yang dominan 3. Selami makna konotasi 4. Dalam menentukan makna yg terungkap dalam larik / bait, makna yg tepat sesuai dengan sturktur. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat ditentukan bahwa tema dalam puisi tersebut adalah keindahan alam.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

63

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

78

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan