Jiyad K

18 April 2021 22:46

Iklan

Iklan

Jiyad K

18 April 2021 22:46

Pertanyaan

Asimilasi dan akulturasi dalam masyarakat plural dapat menciptakan integrasi sosial. SEBAB Integrasi sosial tercipta apabila masyarakat dapat membangun konsensus.


34

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Nurapriani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

20 Januari 2022 12:43

Jawaban terverifikasi

Hallo Jiyad K, kakak bantu jawab ya! Jawabannya adalah pernyataan benar, alasan benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab-akibat. Yuk simak penjelasannya! Asimilisi merupakan pencampuran dua budaya atau lebih yang berbeda, saling memengaruhi dan menghasilkan kebudayaan baru. Sedangkan akulturasi merupakan gabungan budaya atau lebih yang berbeda dan saling memengaruhi tanpa menghilangkan ciri khas masing-masing. Dalam soal tersebut pernyataan benar bahwa asimilasi dan akulturasi dalam masyarakat plural dapat menciptakan integrai sosial. Hal tersebut dikarenakan asimilasi dan akulturasi merupakan proses pencampuran budaya yang berbeda dan dapat menciptakan integrasi sebagai proses penaytuan unsur-unsur yang berbeda menjadi kesatuan. Selain itu juga integrasi dapat tercipta apabila masyarakat dapat membangun konsesus bersama. Dalam hal ini kedua pernyataan tersebut benar namun tidak memiliki hubungan karena pernyataan pertama membahas asimilasi dan akulturasi yang dapat menyebabkan integrasi sedangkan pernyataan kedua menjelaskan syarat suatu integrasi sosial. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

deferensiasi sosial artinya

2

0.0

Jawaban terverifikasi

brian sering mencemooh teman temannya yang suka makan di pedagang kaki lima menurut brian tindakan yang dilakukan teman teman nya tersebut tidak elit, brian lebih senang menyantap makanan cepat saji dari luar negeri brian menganggap sikap nya ini merupakan gaya hidup modern bagaimana cara menyikapi sikap brian akibat ketimpangan sosial akibat pengaruh globalisasi tersebut

15

0.0

Lihat jawaban (3)