Muhamad R

08 Juni 2023 23:11

Iklan

Muhamad R

08 Juni 2023 23:11

Pertanyaan

Asam asetat jika diencerkan dengan air dapat menghantarkan arus listrik tetapi jika dalam bentuk senyawa murninya tidak dapat menghantarkan listrik. Dapatkah Anda menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi?

Asam asetat jika diencerkan dengan air dapat menghantarkan arus listrik tetapi jika dalam bentuk senyawa murninya tidak dapat menghantarkan listrik. Dapatkah Anda menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

00

:

55

:

23

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Maunatur R

09 Juni 2023 15:35

Jawaban terverifikasi

<p>Asam asetat adalah bukan senyawa kovalen. Jika dalam keadaan murni tidak mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Jadi untuk menghantarkan arus listrik harus diencerkan dengan air</p>

Asam asetat adalah bukan senyawa kovalen. Jika dalam keadaan murni tidak mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Jadi untuk menghantarkan arus listrik harus diencerkan dengan air


Iklan

M Z

Community

10 Juni 2023 04:36

Jawaban terverifikasi

<p>Hai Muhamad R, aku coba bantu jawab ya :D<br><br>Jawaban: Karena jika asam asetat diencerken dengan air akan mengalami reaksi ionisasi, dimana ion-ion yang dihasilkan ini dapat membawa arus listrik. Sedangkan pada senyawa murninya tidak dapat karena tidak mengalami reaksi ionisasi.<br><br>Penjelasan:<br>Saat asam asetat direaksikan dengan air, maka asam asetat akan terurai menjadi ion-ionnya. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.</p><p><br>CH<sub>3</sub>COOH + H<sub>2</sub>O → CH<sub>3</sub>COO<sup>-</sup>(aq) + H<sup>+</sup>(aq)</p><p><br>Ion-ion yang terbentuk ini bergerak bebas dan dapat menghantarkan arus listrik. Oleh karena itu, asam asetat yang telah diencerkan denga air dapat menghantarkan arus listrik.<br><br>Namun, senyawa murni asam asetat tidak dapat menghantarkan arus listrik, karena tidak mengalami reaksi ionisasi, sehingga tidak ada ion-ion yang bergerak secara bebas.<br><br>Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, Semoga membantu! :D</p>

Hai Muhamad R, aku coba bantu jawab ya :D

Jawaban: Karena jika asam asetat diencerken dengan air akan mengalami reaksi ionisasi, dimana ion-ion yang dihasilkan ini dapat membawa arus listrik. Sedangkan pada senyawa murninya tidak dapat karena tidak mengalami reaksi ionisasi.

Penjelasan:
Saat asam asetat direaksikan dengan air, maka asam asetat akan terurai menjadi ion-ionnya. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.


CH3COOH + H2O → CH3COO-(aq) + H+(aq)


Ion-ion yang terbentuk ini bergerak bebas dan dapat menghantarkan arus listrik. Oleh karena itu, asam asetat yang telah diencerkan denga air dapat menghantarkan arus listrik.

Namun, senyawa murni asam asetat tidak dapat menghantarkan arus listrik, karena tidak mengalami reaksi ionisasi, sehingga tidak ada ion-ion yang bergerak secara bebas.

Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, Semoga membantu! :D


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan