Nafisa R

25 Mei 2024 08:16

Iklan

Iklan

Nafisa R

25 Mei 2024 08:16

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud bahwa penyebaran Islam ke Indonesia dipengaruhi oleh iklim politik?

Apakah yang dimaksud bahwa penyebaran Islam ke Indonesia dipengaruhi oleh iklim politik?


74

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 08:18

Jawaban terverifikasi

【Tips】 Dalam menjawab pertanyaan mengenai penyebaran Islam di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim politik, penting untuk mengedepankan konteks sejarah, interaksi sosial, dan dinamika politik pada masa tersebut. Strategi pemecahan masalah di sini adalah dengan memahami faktor-faktor penyebab penyebaran Islam dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi struktur politik di Indonesia. 【Deskripsi】 Langkah-langkah dalam memberikan jawaban: 1. **Konteks Sejarah**: Mengidentifikasi periode waktu ketika Islam mulai menyebar di Indonesia dan kondisi geopolitik saat itu. 2. **Interaksi Sosial**: Meneliti bagaimana hubungan antar budaya, terutama antara pedagang Muslim dan masyarakat lokal, mempengaruhi penerimaan Islam. 3. **Dinamika Politik**: Menganalisis peran kerajaan-kerajaan lokal dalam penyebaran Islam dan bagaimana konversi ke Islam mempengaruhi struktur kekuasaan mereka. 4. **Reaksi terhadap Kolonialisme**: Menilai bagaimana perlawanan terhadap kolonialisme menjadi katalis dalam penguatan identitas Islam di Indonesia. **Jawaban:** Islam pertama kali memasuki Nusantara melalui interaksi perdagangan dan diplomasi. Kehadiran Islam memberikan alternatif baru bagi kerajaan-kerajaan lokal yang sebelumnya beragama Hindu atau Buddha. Dengan konversi ke Islam, banyak kerajaan yang melihat kesempatan untuk memperkuat legitimasi dan pengaruh mereka, baik di mata rakyat mereka maupun dalam hubungan internasional. Selain itu, kedatangan kolonialis Eropa ke Nusantara memicu resistensi dari kelompok-kelompok Islam. Sebagai respons terhadap ancaman kolonialisme, banyak kelompok Islam yang mengadopsi sikap defensif dan bahkan melakukan perlawanan. Dalam prosesnya, perlawanan ini tidak hanya berfokus pada aspek militer, tetapi juga ideologi, di mana Islam menjadi identitas yang mempersatukan banyak kelompok di Indonesia untuk melawan penjajahan. Dalam konteks urban, bangkitnya kesadaran dari kelompok terpelajar Islam menciptakan gerakan-gerakan politik yang modern dan berfokus pada pembaruan dan penerapan syari'at Islam di tengah kebijakan pemerintah kolonial yang cenderung represif. Kesimpulannya, iklim politik yang ada saat itu—baik itu dinamika antar kerajaan di Nusantara maupun reaksi terhadap ancaman kolonialisme—berperan penting dalam penyebaran dan penguatan Islam di Indonesia. 【Hasil】 Penyebaran Islam di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dinamika politik saat itu. Interaksi antar budaya, resistensi terhadap kolonialisme, dan dinamika internal kerajaan lokal memainkan peran penting dalam penerimaan dan penguatan Islam di Nusantara.


Iklan

Iklan

Aura A

25 Mei 2024 11:26

Jawaban terverifikasi

Islam sebagai sebuah ide baru di Nusantara mendapatkan tempatnya tidak hanya sebagai agama yang kemudian dianut oleh penduduk asli, tetapi juga mengubah lembaga politik yang semula berbentuk kerajaan bercorak Hindu menjadi bentuk kerajaan yang bercorak Islam.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sikap keperwiraan yang patut diteladani dari sosok pendiri Daulah Ayyubiyah adalahsikap toleransi dengan pemeluk agama lain, saat Sultan Salahuddin Al-Ayyubiberhasil menguasaiBaitul Maqdis. Wujud tolerasi itu adalah

5

0.0

Jawaban terverifikasi