Desi H

07 Agustus 2020 07:52

Iklan

Iklan

Desi H

07 Agustus 2020 07:52

Pertanyaan

Apakah virus termasuk makhluk hidup jika dilihat struktur sel sebagai penyusun tubuh makhluk hidup?


2

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

15 Maret 2022 15:23

Jawaban terverifikasi

Halo adik, kakak bantu jawab yaa :) Jika dilihat struktur sel maka virus dapat dikategorikan makhluk hidup karena memiliki materi genetik sama seperti sel organisme lainnya. Virus adalah makhluk peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Karakteristik virus yaitu: 1. Berukuran kecil. 2. Hanya memiliki satu jenis materi genetik yaitu DNA atau RNA. 3. Virus bisa bersifat seperti benda mati, seperti dapat dikristalkan. 4. Bukan merupakan sel (aseluler) karena tidak memiliki organel-organel untuk melangsungkan metabolisme atau reproduksi sendiri. 5. Memerlukan asam nukleat untuk bereproduksi. 6. Hanya hidup dan memperbanyak diri pada organisme hidup. Virus dapat menguntungkan dan merugikan tumbuhan, hewan dan manusia. Peran virus yang menguntungkan yaitu sebagai agen pembawa atau vektor, agen mutasi, melemahkan bakteri patogen dan membuat vaksin. Sedangkan peran merugikan virus yaitu sebagai penyebab berbagai penyakit. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Ahmad F

13 Agustus 2020 23:45

Saat di udara virus berbentuk kristal bukan makhluk hidup. Tetapi saat berada pada tubuh inang nya, virus dikatakan makhluk hidup karena ia bisa bereproduksi.


Jihaan J

08 Agustus 2020 03:35

Tidak


Catharine R

08 Agustus 2020 13:47

Virus itu bukan makhluk hidup bukan juga makhluk mati. Bukti virus dikatakan makhluk hidup karena memiliki DNA dan RNA, sedangkan makhluk mati dapat dibekukan. Maka virus dapat dikatakan makhluk perintis. Jika ditinjau dari struktur sel tidak bisa tapi dari virus yang dapat diperhatikan hanya bagian fisiologinya dan cairan penyusun tubuhnya seperti DNA atau RNA.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa pengertian sel

2

5.0

Jawaban terverifikasi