Abdul A

07 Februari 2022 07:03

Iklan

Iklan

Abdul A

07 Februari 2022 07:03

Pertanyaan

apakah penggunaan kalimat simpleks dan kompleks merupakan salah satu ciri kebahasaan teks ulasan?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Dwiky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

07 Februari 2022 11:50

Jawaban terverifikasi

Halo, Abdul A. Terima kasih telah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab ya. Penggunaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks termasuk ciri kebahasaan dari teks ulasan. Mari kita simak pembahasan berikut ini. Teks ulasan adalah penilaian terhadap sebuah karya, baik berupa buku, karya fiksi, lagu, film, dan sebagianya. Teks ulasan memuat penilaian isi, kelebihan, maupun kekurangan dari karya yang sedang diulas. Salah satu ciri kebahasaan teks ulasan adalah penggunaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur kalimat. Sementara, kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur kalimat. Berikut ciri-ciri kalimat simpleks. 1. Bersifat sederhana karena terdiri atas satu klausa. 2. Hanya memuat satu peristiwa. 3. Tidak menggunakan konjungsi. 4. Tidak menggunakan tanda baca koma. Contoh dari kalimat simpleks. a) Novel Segitiga karya Sapardi Djoko Damono layak dibaca oleh remaja. b) Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca. Berikut ciri-ciri kalimat kompleks. 1. Terdapat dua peristiwa atau kejadian. 2. Struktur di dalam kalimat kompleks dipisahkan menggunakan tanda koma maupun konjungsi. 3. Mempunyai dua subjek dan predikat di dalam kalimat kompleks. Contoh kalimat kompleks. a) Bahasa yang digunakan sederhana, tetapi makna dalam novel ini cukup susah dipahami. b) Isi yang disampaikan penulis berkaitan dengan kesehatan mental sehingga buku ini cocok untuk seseorang yang sedang terpuruk. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks termasuk ciri kebahasaan teks ulasan. Semoga membantu :)


Abdul A

08 Februari 2022 01:43

makasih kak...tapi di materi sekolah maupun ruangbelajar ga ada pembahasan mengenai kaliamt simpleks dan kompleks di topik teks ulasan ya?

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

217

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

478

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan