Era E

17 Februari 2024 15:16

Iklan

Iklan

Era E

17 Februari 2024 15:16

Pertanyaan

Apakah ini benar?beri penjelasannya

Apakah ini benar?beri penjelasannya 

alt

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

18 Februari 2024 06:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah D</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p>Faktor-faktor terjadinya perdagangan internasional :</p><p>&nbsp;</p><p>1. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki oleh Setiap Negara</p><p>&nbsp;</p><p>Sumber daya alam setiap negara berbeda sehingga menyebabkan hasil produksi yang berbeda. Indonesia menghasilkan minyak kelapa sawit, sedangkan Arab Saudi menghasilkan minyak bumi. Hal ini mendorong terjadinya ekspor dan impor antara Indonesia dan Arab Saudi. Indonesia yang kekurangan minyak bumi mengimpor dari Arab Saudi dan Arab Saudi mengekspor minyak kelapa sawit, begitu sebaliknya.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia</p><p>&nbsp;</p><p>Baca Juga&nbsp; Sayangi Ginjalmu dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat</p><p>Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Negara yang memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi akan menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam memproduksi barang dan jasa di setiap negara sangat berpengaruh pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas dan efisien.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Perbedaan Budaya Suatu Bangsa</p><p>&nbsp;</p><p>Perbedaan budaya bangsa mempunyai dampak yang signifikan terhadap produk yang dihasilkan. Contohnya, seni ukir dan batik Indonesia memiliki daya tarik bagi negara lain untuk membeli produk tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Perbedaan harga barang, produksi, dan selera</p><p>&nbsp;</p><p>Harga barang yang dijual setiap negara pasti mengalami perbedaan. Mulai dari proses produksi yang berbeda, serta upah pekerja dari produksi tersebut. Selain itu masyarakat tentu memiliki perbedaan selera sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.</p>

Jawaban yang tepat adalah D

 

Penjelasan :

Faktor-faktor terjadinya perdagangan internasional :

 

1. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki oleh Setiap Negara

 

Sumber daya alam setiap negara berbeda sehingga menyebabkan hasil produksi yang berbeda. Indonesia menghasilkan minyak kelapa sawit, sedangkan Arab Saudi menghasilkan minyak bumi. Hal ini mendorong terjadinya ekspor dan impor antara Indonesia dan Arab Saudi. Indonesia yang kekurangan minyak bumi mengimpor dari Arab Saudi dan Arab Saudi mengekspor minyak kelapa sawit, begitu sebaliknya.

 

2. Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia

 

Baca Juga  Sayangi Ginjalmu dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Negara yang memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi akan menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas.

 

3. Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

 

Dalam memproduksi barang dan jasa di setiap negara sangat berpengaruh pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas dan efisien.

 

4. Perbedaan Budaya Suatu Bangsa

 

Perbedaan budaya bangsa mempunyai dampak yang signifikan terhadap produk yang dihasilkan. Contohnya, seni ukir dan batik Indonesia memiliki daya tarik bagi negara lain untuk membeli produk tersebut.

 

5. Perbedaan harga barang, produksi, dan selera

 

Harga barang yang dijual setiap negara pasti mengalami perbedaan. Mulai dari proses produksi yang berbeda, serta upah pekerja dari produksi tersebut. Selain itu masyarakat tentu memiliki perbedaan selera sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 22:26

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan pernyataan di atas, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah:</p><p>C. (2), (3) dan (4)</p><p>Penjelasan:</p><ul><li>(2) Perbedaan sumber daya alam antar negara dapat mendorong perdagangan internasional karena suatu negara mungkin memiliki sumber daya tertentu yang dibutuhkan oleh negara lain.</li><li>(3) Perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia, seperti keterampilan dan keahlian, juga dapat mendorong pertukaran barang dan jasa antar negara.</li><li>(4) Subsidi (bantuan pemerintah) dapat memengaruhi perdagangan internasional dengan menciptakan keuntungan komparatif dan mendorong ekspor atau impor tertentu.</li></ul>

jawabannya adalah C.

 

Berdasarkan pernyataan di atas, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah:

C. (2), (3) dan (4)

Penjelasan:

  • (2) Perbedaan sumber daya alam antar negara dapat mendorong perdagangan internasional karena suatu negara mungkin memiliki sumber daya tertentu yang dibutuhkan oleh negara lain.
  • (3) Perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia, seperti keterampilan dan keahlian, juga dapat mendorong pertukaran barang dan jasa antar negara.
  • (4) Subsidi (bantuan pemerintah) dapat memengaruhi perdagangan internasional dengan menciptakan keuntungan komparatif dan mendorong ekspor atau impor tertentu.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebutkan pengertian dan ciri ciri perkembangbiakan stolon pada tumbuhan

0

0.0

Jawaban terverifikasi