Nurul A

15 Februari 2024 15:20

Iklan

Iklan

Nurul A

15 Februari 2024 15:20

Pertanyaan

apakah dampak munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan iptek


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

17 Februari 2024 06:56

Jawaban terverifikasi

<h2>Dampak Munculnya Media Massa yang Dihasilkan oleh Perkembangan IPTEK</h2><p><strong>Dampak Positif:</strong></p><ul><li><strong>Akses informasi yang lebih mudah dan cepat:</strong> Masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat melalui internet, media sosial, dan platform digital lainnya.</li><li><strong>Penyebaran informasi yang lebih luas:</strong> Informasi dapat disebarkan secara luas kepada khalayak ramai dalam waktu singkat.</li><li><strong>Demokratisasi informasi:</strong> Masyarakat memiliki akses yang lebih besar terhadap informasi dan dapat terlibat dalam diskusi dan perdebatan publik.</li><li><strong>Munculnya jurnalisme warga:</strong> Masyarakat dapat menjadi jurnalis dan menyebarkan informasi melalui blog, media sosial, dan platform digital lainnya.</li><li><strong>Meningkatkan konektivitas dan interaksi sosial:</strong> Masyarakat dapat terhubung dan berinteraksi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia dengan mudah.</li><li><strong>Peluang baru untuk bisnis dan ekonomi:</strong> Media massa digital membuka peluang baru untuk bisnis dan ekonomi, seperti iklan online, e-commerce, dan pemasaran digital.</li></ul><p><strong>Dampak Negatif:</strong></p><ul><li><strong>Penyebaran informasi yang salah dan hoaks:</strong> Informasi yang salah dan hoaks dapat dengan mudah tersebar melalui media massa digital, yang dapat menimbulkan kebingungan dan keresahan di masyarakat.</li><li><strong>Polarisasi dan fragmentasi sosial:</strong> Media massa digital dapat mempertajam perbedaan pendapat dan memicu polarisasi dan fragmentasi sosial.</li><li><strong>Cyberbullying dan pelecehan online:</strong> Media massa digital dapat menjadi platform untuk cyberbullying dan pelecehan online.</li><li><strong>Kecanduan internet dan media sosial:</strong> Penggunaan media massa digital yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan mengganggu kesehatan mental dan fisik.</li><li><strong>Penyalahgunaan data pribadi:</strong> Data pribadi pengguna media massa digital dapat disalahgunakan untuk tujuan komersial atau politik.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak positifnya dapat meningkatkan akses informasi, menyebarkan informasi secara luas, dan meningkatkan konektivitas. Namun, dampak negatifnya seperti penyebaran informasi yang salah dan hoaks, polarisasi sosial, dan cyberbullying harus diwaspadai dan diatasi.</p><p>&nbsp;</p>

Dampak Munculnya Media Massa yang Dihasilkan oleh Perkembangan IPTEK

Dampak Positif:

  • Akses informasi yang lebih mudah dan cepat: Masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat melalui internet, media sosial, dan platform digital lainnya.
  • Penyebaran informasi yang lebih luas: Informasi dapat disebarkan secara luas kepada khalayak ramai dalam waktu singkat.
  • Demokratisasi informasi: Masyarakat memiliki akses yang lebih besar terhadap informasi dan dapat terlibat dalam diskusi dan perdebatan publik.
  • Munculnya jurnalisme warga: Masyarakat dapat menjadi jurnalis dan menyebarkan informasi melalui blog, media sosial, dan platform digital lainnya.
  • Meningkatkan konektivitas dan interaksi sosial: Masyarakat dapat terhubung dan berinteraksi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia dengan mudah.
  • Peluang baru untuk bisnis dan ekonomi: Media massa digital membuka peluang baru untuk bisnis dan ekonomi, seperti iklan online, e-commerce, dan pemasaran digital.

Dampak Negatif:

  • Penyebaran informasi yang salah dan hoaks: Informasi yang salah dan hoaks dapat dengan mudah tersebar melalui media massa digital, yang dapat menimbulkan kebingungan dan keresahan di masyarakat.
  • Polarisasi dan fragmentasi sosial: Media massa digital dapat mempertajam perbedaan pendapat dan memicu polarisasi dan fragmentasi sosial.
  • Cyberbullying dan pelecehan online: Media massa digital dapat menjadi platform untuk cyberbullying dan pelecehan online.
  • Kecanduan internet dan media sosial: Penggunaan media massa digital yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan mengganggu kesehatan mental dan fisik.
  • Penyalahgunaan data pribadi: Data pribadi pengguna media massa digital dapat disalahgunakan untuk tujuan komersial atau politik.

Kesimpulan:

Munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak positifnya dapat meningkatkan akses informasi, menyebarkan informasi secara luas, dan meningkatkan konektivitas. Namun, dampak negatifnya seperti penyebaran informasi yang salah dan hoaks, polarisasi sosial, dan cyberbullying harus diwaspadai dan diatasi.

 


Iklan

Iklan

17.Meirani I

19 Februari 2024 21:22

Jawaban terverifikasi

<p>Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai perilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk main game, main VS, main Facebook, Chating lewat internet.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai perilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk main game, main VS, main Facebook, Chating lewat internet. 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah yang dimaksud dengan seni lukis

1

0.0

Jawaban terverifikasi