Alya A

02 Mei 2024 11:53

Iklan

Iklan

Alya A

02 Mei 2024 11:53

Pertanyaan

apa yang dimaksud larutan, jelaskan komposisi, bagaimana ciri-ciri dan berilah contohnya

apa yang dimaksud larutan, jelaskan komposisi, bagaimana ciri-ciri dan berilah contohnya


8

2


Iklan

Iklan

Nazwa K

02 Mei 2024 13:18

【jawaban】: Larutan adalah salah satu bentuk campuran yang paling umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam larutan, zat terlarut (solut) dilarutkan dalam pelarut (solvent). Pelarut biasanya adalah zat yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan zat terlarut. Contoh yang paling umum adalah larutan gula dalam air, di mana air berfungsi sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut. Komposisi larutan terdiri dari dua komponen utama, yaitu pelarut dan zat terlarut. Pelarut biasanya adalah zat yang jumlahnya lebih banyak, sedangkan zat terlarut adalah zat yang jumlahnya lebih sedikit. Ciri-ciri larutan antara lain: 1. Memiliki komposisi yang seragam: Artinya, jika kita mengambil sampel larutan dari bagian manapun, komposisinya akan sama. 2. Tidak dapat dipisahkan dengan filtrasi: Karena partikel zat terlarut sangat kecil, maka tidak dapat dipisahkan dengan cara filtrasi. 3. Dapat mengalir: Larutan memiliki sifat cair, sehingga dapat mengalir. Contoh larutan yang paling umum adalah larutan gula dalam air. Di sini, air berfungsi sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut.


Alya A

02 Mei 2024 13:20

terima kasih ya kakkk atas jawabannya🙏🙏🙏

Iklan

Iklan

Dea K

03 Mei 2024 00:35

<p>Larutan adalah campuran homogen yang terbentuk ketika satu atau lebih zat (larutannya) larut sepenuhnya dalam zat lain (pelarut). Dalam larutan, partikel-partikel zat terlarut tersebar merata di seluruh volume pelarut. Larutan memiliki komposisi, sifat, dan perilaku yang seragam di seluruh volumenya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Komposisi Larutan:</strong></p><ul><li>Larutan terdiri dari dua komponen utama: zat terlarut dan pelarut.</li><li>Zat terlarut adalah zat yang larut dalam pelarut dan jumlahnya dapat bervariasi.</li><li>Pelarut adalah zat yang melarutkan zat terlarut dan biasanya jumlahnya lebih besar daripada zat terlarut.</li></ul><p><strong>Ciri-ciri Larutan:</strong></p><ol><li><strong>Homogen:</strong> Larutan adalah campuran homogen yang memiliki komposisi seragam di seluruh volumenya.</li><li><strong>Transparan atau Translusen:</strong> Sebagian besar larutan adalah transparan atau translusen karena partikel-partikel zat terlarut tidak terlihat secara kasat mata.</li><li><strong>Tidak Mengendap:</strong> Zat terlarut dalam larutan tidak akan mengendap ke dasar wadah karena telah larut sepenuhnya.</li></ol><p><strong>Contoh Larutan:</strong></p><ul><li>Air garam: Air garam adalah contoh larutan di mana garam (zat terlarut) larut sepenuhnya dalam air (pelarut). Larutan air garam memiliki rasa asin dan terbentuk ketika garam meleleh dalam air.</li><li>Larutan gula dalam air: Larutan gula adalah contoh lain dari larutan di mana gula (zat terlarut) larut sepenuhnya dalam air (pelarut). Larutan gula sering digunakan dalam pembuatan minuman dan pemanis makanan.</li></ul>

Larutan adalah campuran homogen yang terbentuk ketika satu atau lebih zat (larutannya) larut sepenuhnya dalam zat lain (pelarut). Dalam larutan, partikel-partikel zat terlarut tersebar merata di seluruh volume pelarut. Larutan memiliki komposisi, sifat, dan perilaku yang seragam di seluruh volumenya.

 

Komposisi Larutan:

  • Larutan terdiri dari dua komponen utama: zat terlarut dan pelarut.
  • Zat terlarut adalah zat yang larut dalam pelarut dan jumlahnya dapat bervariasi.
  • Pelarut adalah zat yang melarutkan zat terlarut dan biasanya jumlahnya lebih besar daripada zat terlarut.

Ciri-ciri Larutan:

  1. Homogen: Larutan adalah campuran homogen yang memiliki komposisi seragam di seluruh volumenya.
  2. Transparan atau Translusen: Sebagian besar larutan adalah transparan atau translusen karena partikel-partikel zat terlarut tidak terlihat secara kasat mata.
  3. Tidak Mengendap: Zat terlarut dalam larutan tidak akan mengendap ke dasar wadah karena telah larut sepenuhnya.

Contoh Larutan:

  • Air garam: Air garam adalah contoh larutan di mana garam (zat terlarut) larut sepenuhnya dalam air (pelarut). Larutan air garam memiliki rasa asin dan terbentuk ketika garam meleleh dalam air.
  • Larutan gula dalam air: Larutan gula adalah contoh lain dari larutan di mana gula (zat terlarut) larut sepenuhnya dalam air (pelarut). Larutan gula sering digunakan dalam pembuatan minuman dan pemanis makanan.

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang anda ketahui data Center jelaskan?

3

0.0

Jawaban terverifikasi