Meilinda L

02 Februari 2020 03:32

Pertanyaan

apa yang dimaksud konjungsi subordinatif


4

3

Jawaban terverifikasi

S. Aliyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

05 Januari 2022 12:33

Jawaban terverifikasi

Halo, Meilinda L. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Konjungsi subordinatif adalah kata yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan tidak sederajat. Berikut penjelasannya. Konjungsi atau kata penghubung merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan antarkalimat, antarklausa serta antarparagraf. Konjungsi dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya konjungsi subordinatif. Konjungsi subordinatif adalah kata yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan tidak sederajat. Selain itu, konjungsi subordinatif juga dapat dimaknai sebagai konjungsi yang menghubungkan antara induk kalimat dan anak kalimat. Contoh penggunaan konjungsi subordinatif: Jika hari ini hujan, Aini tidak jadi nonton bioskop. Kata 'jika' merupakan contoh konjungsi subordinatif yang menyatakan hubungan persyaratan. Dengan demikian, konjungsi subordinatif adalah kata yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan tidak sederajat. Semoga membantu :)


Iklan

Aufa D

02 Februari 2020 08:22

Konjungsi subordinatif adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah frasa, klausa, atau kalimat yang berkedudukan tidak setara. Contoh konjungsi subordinatif : agar, untuk, supaya, sebab, karena, seperti, seakan-akan, jika, sejak, ketika, andaikan, walaupun, bahwa, dll.


Zakia L

02 Februari 2020 04:35

konjungsi adalah kata hubung


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Bacalah teks pidato berikut! Bapak dan Ibu yang saya hormati. Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria. Isi kutipan pidato tersebut adalah ....

30

0.0

Jawaban terverifikasi

Judul : Ayo Jadi Wirausaha! Contoh teks pidato persuasif singkat: Sukses adalah impian semua orang. Kesuksesan bisa dicapai dengan seribu cara. Tapi untuk bisa menjadi orang yang sukses, tentunya dibutuhkan kerja keras, doa, dan juga strategi yang cerdas. Salah satu pintu menuju kesuksesan adalah dengan menjadi wirausaha. Usahlah hidup dengan langkah yang berani. Keputusan yang besar akan membuat perubahan besar dalam hidup Anda. Apalagi di erat yang serba canggih. Kemajuan zaman dan teknologi menjadi pemicu bagi kita untuk memanfaatkannya sebagai peluang menghasilkan keuntungan. Generasi yang dekat dengan teknologi adalah sumber pasar yang barus bagi para wirausaha. Teknologi yang semakin canggih juga memudahkan Anda untuk menciptakan peluang bisnis. Menjadi pengusaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini adalah kunci kesuksesan Ciptakanlah peluang usaha dari problematika lingkungan sekitar Anda. Karena negeri ini butuh lebih banyak wirausahawan muda dibandingkan dengan karyawan. Menjadi wirausaha juga merupakan bentuk kecintaan kita pada tanah air. Dengan menjadi seorang wirausaha, kita bisa membuka kesempatan kerja bagi sesama. Mengurangi pengangguran dan juga membantu pertumbuhan ekonomi negeri ini. Kita bisa menjadi bagian dari kemajuan negeri. Kita bisa menjadi salah satu bagian dari anak bangsa yang mengenaskan kemiskinan. Dengan menjadi wirausaha, maka kita pun telah berjuang mengenaskan kemiskinan, Maka, tak ada salahnya menjadi wirausaha muda. Meskipun dibutuhkan proses untuk sampai pada titik kesuksesan. Tapi menjadi wirausaha akan membuat hidup kita sepenuhnya berubah Wirausaha adalah kunci penggerak perekonomian bangsa. Jadi, mulai sekarang berpikirlah untuk bisa menciptakan peluang bisnis. Bukan hanya menjadi masyarakat yang konsumtif semata. Tugas ! Bacalah teks pidato di atas, kemudian kerjakan tugas berikut Apa isi teks pidato tersebut!

639

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan