RoboguruRoboguru
SD

Muhammad M

03 Maret 2020 10:32

Pertanyaan

apa yang dimaksud konjungsi koordinatif


27

2

Jawaban terverifikasi

A. Salsabila

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

14 Januari 2022 12:05

Jawaban terverifikasi

Halo, Muhammad M. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyatakan hal-hal yang setara atau sederajat. Yuk, simak pembahasan berikut ini. Konjungsi adalah kata sambung yang menghubungkan antarkata, antarfrasa, dan antar kalimat. Salah satu jenis konjungsi adalah konjungsi koordinatif. Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyatakan hal-hal yang setara atau sederajat. Contoh konjungsi koordinati adalah dan, serta, atau, tetapi, melainkan, padahal, sedangkan. Dengan demikian, konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyatakan hal-hal yang setara atau sederajat. Semoga membantu🙂


Rachelle E

03 Maret 2020 11:56

Konjungsi Koordinatif adalah Konjungsi yang menghubungkan dua unsur atau lebih yang berkedudukan sama. Contohnya: dan, serta, atau, tetapi, melainkan, padahal, dan sedangkan.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

OSIS SMP 39 Desa Tradisional akan mengadakan pentas seni tradisional sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta siswa pada budaya lokal. Pentas tersebut diikuti oleh siswa yang mendaftarkan diri sebagai peserta. Semua siswa mempunyai kesempatan yang sama.Untuk menarik perhatian para siswa, OSIS membuat beberapa slogan. Slogan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah A.Pentas seni tradisional memacu budaya Indonesia B.Jati diri terkenal karena budaya lokal C.Budaya lokal adalah budaya kita D.Pentas seni tradisional menumbuhkan cinta budaya lokal.

76

0.0

Jawaban terverifikasi

Suatu ketika ada seorang pemuda yang mendapat warisan dari orang tuanya. Karena tergolong keluarga sederhana, ia hanya mendapat sedikit uang dan beberapa buah buku. Tak berapa lama, uang yang ditinggalkan pun habis terpakai. Sejenak ia melongok buku-buku peninggalan ayahnya. Ia teringat pesan dari orangtuanya agar belajar dari buku tersebut. Karena malas, ia mengambil jalan pintas. Buku itu dijual kepada teman yang mau membeli karena kasihan. Sebagai gantinya, ia mendapatkan beras untuk makan sehari-hari. Beberapa saat kemudian, si pemuda harus mulai bekerja kasar demi menyambung hidup. Yang membuatnya heran, teman yang dulu membeli buku nya, kini hidupnya kelihatan nyaman dan semakin maju. Karena penasaran ingin tahu, apa yang membuat teman tadi bisa berhasil hidupnya, dia mendatangi dan bertanya. Meski sempat tidak mau membuka rahasia, setelah didesak dan kasihan melihat nasib si pemuda, akhirnya si teman terbuka. "Sebenarnya, aku sangat terbantu dengan buku yang kamu jual kepadaku. Dulu aku beli buku itu karena kasihan kepadamu. Kubiarkan saja berdebu di sudut kamar. Suatu hari, iseng karena ingin tahu, kubaca dan ternyata isinya bagus sekali! Sebuah pelajaran hidup yang luar biasa." "Bukan itu saja," sambung temannya. "Di dalam buku itu terselip pesan agar si pembaca setelah menguasai isi buku tersebut mau praktik dengan sungguh-sungguh. Sungguh, aku beruntung aku mendapat buku itu darimu. Lihat, hidupku jadi berubah. Sebenarnya, dari mana buku-bukumu itu berasal?" Mendengar cerita temannya itu, si pemuda sangat menyesal. Harta peninggalan ayahnya ternyata jauh lebih berharga dari yang ia kira. Karena malas membaca, kini ia hanya jadi pekerja kasar yang hidup ala kadarnya. "Buku itu sebenarnya warisan dari orang tuaku," jawab si pemuda. "Jujur, aku malas membacanya. dan tidak tahu kalau ayahku menyimpan pesan yang sangat berharga. Sungguh, aku menyesal. Teman, boleh aku pinjam kembali buku-buku itu untuk memulai hidupku yang baru? Aku ingin bisa mengubah hidupku menjadi lebih baik." Bagian cerita inspirasi tersebut yang menimbul kan simpati pembaca adalah... a. Pemuda menjual buku warisan ayahnya untuk membeli beras. b. Pemuda menyesal tidak menjalankan pesan terakhir ayahnya. c. Pemuda mendapat warisan sejumlah uang dan buku dari orang tuanya. d. Pemuda merasa ingin tahu cara temannya dapat hidup dengan sukses.

100

0.0

Jawaban terverifikasi