Fadia F

18 Mei 2024 13:39

Iklan

Iklan

Fadia F

18 Mei 2024 13:39

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan sel

apa yang dimaksud dengan sel


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Muhammad R

19 Mei 2024 02:06

Jawaban terverifikasi

<p>Pada dasarnya, sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Sel itu lah yang menjadi penyusun tiap komponen yang ada pada makhluk hidup. Pada tingkat selanjutnya, setiap sel sel yang memiliki fungsi yang sama akan saling berhubungan dan membentuk sebuah jaringan. Begitulah prosesnya hingga terbentuk suatu individu.</p>

Pada dasarnya, sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Sel itu lah yang menjadi penyusun tiap komponen yang ada pada makhluk hidup. Pada tingkat selanjutnya, setiap sel sel yang memiliki fungsi yang sama akan saling berhubungan dan membentuk sebuah jaringan. Begitulah prosesnya hingga terbentuk suatu individu.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Mei 2024 03:41

Jawaban terverifikasi

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup yang dapat melakukan fungsi-fungsi kehidupan secara mandiri. Berikut penjelasan lebih detail: 1. Definisi Sel: - Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari semua makhluk hidup, baik organisme bersel tunggal maupun bersel banyak. - Sel memiliki kemampuan untuk tumbuh, berkembang, bereproduksi, dan melakukan metabolisme secara mandiri. 2. Komponen Sel: - Membran sel: Lapisan luar yang membatasi dan melindungi isi sel. Membran sel bersifat semipermeabel, memungkinkan pertukaran materi dan energi dengan lingkungan. - Sitoplasma: Cairan di dalam sel yang mengandung berbagai organel sel dan molekul-molekul penting untuk kehidupan sel. - Inti sel (nukleus): Pusat pengendali aktivitas sel yang mengandung DNA sebagai materi genetik. - Organel sel: Struktur khusus di dalam sel yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu, seperti mitokondria (penghasil energi), ribosom (tempat sintesis protein), retikulum endoplasma (tempat modifikasi dan transportasi protein), dll. 3. Jenis-jenis Sel: - Sel prokariotik: Sel yang tidak memiliki inti sel yang terbungkus membran, contohnya bakteri. - Sel eukariotik: Sel yang memiliki inti sel yang terbungkus membran, contohnya sel hewan dan tumbuhan. 4. Fungsi Sel: - Metabolisme: Sel dapat melakukan proses-proses kimia untuk memperoleh energi dan memproduksi senyawa-senyawa yang dibutuhkan. - Pertumbuhan dan perkembangan: Sel dapat membelah diri dan tumbuh menjadi organisme yang lebih kompleks. - Reproduksi: Sel dapat bereproduksi untuk menghasilkan sel-sel baru yang identik. - Komunikasi: Sel dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan sel-sel lain melalui sinyal-sinyal kimia. Sel merupakan unit terkecil kehidupan yang memungkinkan organisme untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Mempelajari struktur dan fungsi sel menjadi dasar fundamental dalam ilmu biologi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa itu perpindahan kalor secara radiasi?

0

0.0

Jawaban terverifikasi