Nama S

26 Januari 2024 10:05

Iklan

Iklan

Nama S

26 Januari 2024 10:05

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan Polymorphism dan coba jelaskan?

Apa yang dimaksud dengan Polymorphism dan coba jelaskan?


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 Maret 2024 21:11

Jawaban terverifikasi

Polimorfisme adalah konsep dalam pemrograman komputer yang memungkinkan suatu objek dapat memiliki banyak bentuk atau perilaku. Terdapat dua jenis polimorfisme: polimorfisme compile-time (static) dan polimorfisme runtime (dynamic). Polimorfisme Compile-Time (Static): Polimorfisme compile-time terjadi pada saat kompilasi program. Ini melibatkan penggunaan konsep seperti overloading dan overriding. Overloading: Terjadi ketika dua atau lebih fungsi memiliki nama yang sama, tetapi jumlah atau tipe parameter berbeda. Kompiler memutuskan fungsi mana yang harus dipanggil berdasarkan konteks pemanggilannya. Overriding: Terjadi ketika sebuah kelas turunan (subclass) menyediakan implementasi untuk suatu metode yang sudah didefinisikan di kelas induk (superclass). Dalam polimorfisme ini, objek dari kelas turunan dapat digunakan untuk memanggil metode dari kelas induk. Polimorfisme Runtime (Dynamic): Polimorfisme runtime terjadi pada saat runtime saat program dijalankan. Hal ini sering terkait dengan konsep pewarisan (inheritance) dan penggunaan antarmuka (interface). Pewarisan (Inheritance): Suatu objek dari kelas turunan dapat digunakan dalam konteks kelas induknya. Ini memungkinkan penggunaan objek dengan cara yang konsisten tanpa harus tahu detail implementasi kelas turunan. Antarmuka (Interface): Suatu objek dapat menggunakan antarmuka yang didefinisikan, memungkinkan kelas yang berbeda untuk mengimplementasikan antarmuka tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

31 Maret 2024 07:05

Jawaban terverifikasi

<p>Polimorfisme adalah konsep dalam pemrograman berorientasi objek di mana sebuah objek dapat memiliki banyak bentuk (atau perilaku) yang berbeda dalam waktu yang berbeda. Dengan kata lain, sebuah objek dapat menunjukkan perilaku yang berbeda tergantung pada konteks di mana ia digunakan atau bergantung pada jenis objeknya.</p><p>Ada dua jenis utama polimorfisme dalam pemrograman berorientasi objek:</p><p><strong>Compile-time Polymorphism</strong>: Terjadi pada saat kompilasi, di mana keputusan tentang metode atau fungsi mana yang akan dipanggil terjadi berdasarkan tipe dan/atau jumlah argumen yang diberikan.</p><p>Contohnya adalah method overloading, di mana beberapa metode dalam sebuah kelas memiliki nama yang sama tetapi parameter yang berbeda. Keputusan tentang metode mana yang akan dipanggil terjadi pada saat kompilasi.</p><p><strong>Runtime Polymorphism</strong>: Terjadi pada saat runtime, di mana keputusan tentang metode atau fungsi mana yang akan dipanggil terjadi berdasarkan jenis objek yang sebenarnya dibuat dalam memori pada saat runtime.</p><p>Contohnya adalah method overriding, di mana sebuah subclass memberikan implementasi ulang terhadap metode yang sudah didefinisikan di superclassnya. Keputusan tentang metode mana yang akan dipanggil terjadi pada saat runtime, berdasarkan objek yang sebenarnya dibuat dalam memori.</p><p><br>&nbsp;</p>

Polimorfisme adalah konsep dalam pemrograman berorientasi objek di mana sebuah objek dapat memiliki banyak bentuk (atau perilaku) yang berbeda dalam waktu yang berbeda. Dengan kata lain, sebuah objek dapat menunjukkan perilaku yang berbeda tergantung pada konteks di mana ia digunakan atau bergantung pada jenis objeknya.

Ada dua jenis utama polimorfisme dalam pemrograman berorientasi objek:

Compile-time Polymorphism: Terjadi pada saat kompilasi, di mana keputusan tentang metode atau fungsi mana yang akan dipanggil terjadi berdasarkan tipe dan/atau jumlah argumen yang diberikan.

Contohnya adalah method overloading, di mana beberapa metode dalam sebuah kelas memiliki nama yang sama tetapi parameter yang berbeda. Keputusan tentang metode mana yang akan dipanggil terjadi pada saat kompilasi.

Runtime Polymorphism: Terjadi pada saat runtime, di mana keputusan tentang metode atau fungsi mana yang akan dipanggil terjadi berdasarkan jenis objek yang sebenarnya dibuat dalam memori pada saat runtime.

Contohnya adalah method overriding, di mana sebuah subclass memberikan implementasi ulang terhadap metode yang sudah didefinisikan di superclassnya. Keputusan tentang metode mana yang akan dipanggil terjadi pada saat runtime, berdasarkan objek yang sebenarnya dibuat dalam memori.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

35. Contoh akulturasi seni rupa/seni ukir antara kebudayaan budha dan kebudayaan nusantara dapat ditemukan di relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagar langkan Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Budha. Di sekitar Sang Budha tergambar lingkungan alam Indonesia seperti a. kereta kuda dan sumur tua b. rumah panggung dan burung merpati c. kebun nanas d. sawah dan ladang e. kebun kopi dan tembakau

0

5.0

Jawaban terverifikasi