Nirvana Q

25 Maret 2024 10:36

Iklan

Iklan

Nirvana Q

25 Maret 2024 10:36

Pertanyaan

Apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keutuhan nkri dalam kehidupan sehari-hari


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Robin N

25 Maret 2024 12:28

Jawaban terverifikasi

<ul><li>saling menghormati : menghargai hak orang lain, perbedaan suku, agama, asal, daerah, dan lain-lain.</li><li>menjaga kesatuan dan persatuan :menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, meskipun memiliki perbedaan latar belakang.</li><li>Bergotong royong: ikut serta dalam kegiatan gotong royong demi kepentingan bersama.</li><li>menjaga keamanan lingkungan: bersama-sama menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.</li><li>menolong tetangga: menolong tetangga yang tertimpa musibah.</li><li>menjaga tradisi dan kearifan lokal : menjaga tradisi dan &nbsp;kearifan lokal yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.</li><li>menjaga wilayah dan kekayaan tanah air: menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.</li><li>menerapkan sikap toleransi: menerapkan sikap toleransi pada sesama.</li><li>memiliki kesadaran wawasan kebangsaan: memiliki kesadaran wawasan kebangsaan dan pendidikan berkarakter.</li></ul>

  • saling menghormati : menghargai hak orang lain, perbedaan suku, agama, asal, daerah, dan lain-lain.
  • menjaga kesatuan dan persatuan :menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, meskipun memiliki perbedaan latar belakang.
  • Bergotong royong: ikut serta dalam kegiatan gotong royong demi kepentingan bersama.
  • menjaga keamanan lingkungan: bersama-sama menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.
  • menolong tetangga: menolong tetangga yang tertimpa musibah.
  • menjaga tradisi dan kearifan lokal : menjaga tradisi dan  kearifan lokal yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.
  • menjaga wilayah dan kekayaan tanah air: menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.
  • menerapkan sikap toleransi: menerapkan sikap toleransi pada sesama.
  • memiliki kesadaran wawasan kebangsaan: memiliki kesadaran wawasan kebangsaan dan pendidikan berkarakter.

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Maret 2024 06:57

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Upaya yang dapat dililakukan ntuk menjaga keutuhan nkri dalam kehidupan sehari-hari</strong></p><p>&nbsp;</p><ol><li>Menciptakan ketahanan nasional yang artinya setiap warga negara mau menjaga keutuhan, kedaulatan negara, dan mempererat persatuan bangsa.</li><li>Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia, artinya menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.</li><li>Menghormati perbedaan atau toleransi antar suku, budaya, agama, dan warna kulit. Perbedaan yang ada akan menjadi indah jika terjadi kerukunan, bahkan menjadi sebuah kebanggaan karena merupakan salah satu kekayaan bangsa.</li><li>Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan, yaitu kesamaan memiliki bangsa, bahasa persatuan, dan tanah air Indonesia, serta memiliki Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan bendera Merah Putih. Kebersamaan dapat diwujudkan dalam bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat.</li><li>Menaati peraturan agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman. Jika peraturan saling dilanggar akan terjadi kekacauan yang dapat menimbulkan perpecahan, baik itu antar keluarga, suku, atau agama.</li><li>Memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan di</li></ol>

Upaya yang dapat dililakukan ntuk menjaga keutuhan nkri dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Menciptakan ketahanan nasional yang artinya setiap warga negara mau menjaga keutuhan, kedaulatan negara, dan mempererat persatuan bangsa.
  2. Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia, artinya menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dengan tidak merusak.
  3. Menghormati perbedaan atau toleransi antar suku, budaya, agama, dan warna kulit. Perbedaan yang ada akan menjadi indah jika terjadi kerukunan, bahkan menjadi sebuah kebanggaan karena merupakan salah satu kekayaan bangsa.
  4. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan, yaitu kesamaan memiliki bangsa, bahasa persatuan, dan tanah air Indonesia, serta memiliki Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan bendera Merah Putih. Kebersamaan dapat diwujudkan dalam bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat.
  5. Menaati peraturan agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman. Jika peraturan saling dilanggar akan terjadi kekacauan yang dapat menimbulkan perpecahan, baik itu antar keluarga, suku, atau agama.
  6. Memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan di

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Topik: Sebab-sebab kurangnya penguasaan Bahasa Indonesia. Kalimat penjelas: 1) Kurangnya motivasi dalam pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 2) Ada anggapan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua sesudah bahasa ibu 3) Bahasa Indonesia adalah bahasa orang Indonesia yang dipandang tidak ilmiah 4) Bahasa Indonesia adalah bahasa komunikasi sehari-hari sehingga tidak perlu dipelajari 5) Bahasa asing merupakan bahasa ilmu pengetahuan Kalimat penjelas yang sesuai dengan topik adalah .... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) D. (3), (4), dan (5) C. (2), (3), dan (4) E. (2), (4), dan (5)

3

0.0

Jawaban terverifikasi