Niha N

11 Februari 2024 13:30

Iklan

Iklan

Niha N

11 Februari 2024 13:30

Pertanyaan

Apa sajakah komitmen yang telah dihasilkan APEC dari berbagai kegiatan sejak pembentukan

Apa sajakah komitmen yang telah dihasilkan APEC dari berbagai kegiatan sejak pembentukan


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 00:24

Jawaban terverifikasi

<p>Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerjasama ekonomi regional yang terdiri dari 21 ekonomi di Asia-Pasifik. Sejak pembentukannya, APEC telah menghasilkan berbagai komitmen melalui berbagai kegiatan. Beberapa komitmen tersebut melibatkan:</p><ul><li><strong>Bogor Goals (1994):</strong> Pada KTT APEC di Bogor, Indonesia, pada tahun 1994, anggota APEC menetapkan tujuan liberalisasi perdagangan dan investasi di kawasan tersebut. Bogor Goals mencakup target mengenai liberalisasi perdagangan dan investasi pada tahun 2020 untuk ekonomi maju dan tahun 2025 untuk ekonomi berkembang.</li><li><strong>Pengurangan Hambatan Perdagangan:</strong> APEC berkomitmen untuk mengurangi hambatan perdagangan, termasuk tarif dan non-tarif, serta mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan kemudahan berbisnis.</li><li><strong>Pemberdayaan Wanita dalam Ekonomi:</strong> APEC aktif dalam mengupayakan pemberdayaan wanita dalam aspek ekonomi, termasuk pendidikan, pelatihan, dan akses kesetaraan dalam berbagai sektor ekonomi.</li><li><strong>Pertumbuhan Inklusif dan Berkelanjutan:</strong> APEC berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, yang melibatkan upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antar anggota dan memperhatikan dampak lingkungan.</li><li><strong>Kerjasama Ekonomi dan Teknologi Digital:</strong> APEC terlibat dalam kerjasama di bidang ekonomi digital dan teknologi, termasuk kebijakan perlindungan data, kerjasama dalam menghadapi tantangan teknologi, dan memfasilitasi perdagangan barang dan jasa digital.</li><li><strong>Pemberdayaan UMKM:</strong> Peningkatan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu fokus APEC, dengan upaya untuk memfasilitasi pertumbuhan dan akses UMKM ke pasar global.</li><li><strong>Kerjasama Kesehatan:</strong> APEC memiliki komitmen dalam kerjasama kesehatan, terutama dalam hal pandemi dan keamanan kesehatan global. Ini mencakup upaya bersama untuk menangani penyebaran penyakit menular dan memperkuat sistem kesehatan di kawasan tersebut.</li></ul>

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerjasama ekonomi regional yang terdiri dari 21 ekonomi di Asia-Pasifik. Sejak pembentukannya, APEC telah menghasilkan berbagai komitmen melalui berbagai kegiatan. Beberapa komitmen tersebut melibatkan:

  • Bogor Goals (1994): Pada KTT APEC di Bogor, Indonesia, pada tahun 1994, anggota APEC menetapkan tujuan liberalisasi perdagangan dan investasi di kawasan tersebut. Bogor Goals mencakup target mengenai liberalisasi perdagangan dan investasi pada tahun 2020 untuk ekonomi maju dan tahun 2025 untuk ekonomi berkembang.
  • Pengurangan Hambatan Perdagangan: APEC berkomitmen untuk mengurangi hambatan perdagangan, termasuk tarif dan non-tarif, serta mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan kemudahan berbisnis.
  • Pemberdayaan Wanita dalam Ekonomi: APEC aktif dalam mengupayakan pemberdayaan wanita dalam aspek ekonomi, termasuk pendidikan, pelatihan, dan akses kesetaraan dalam berbagai sektor ekonomi.
  • Pertumbuhan Inklusif dan Berkelanjutan: APEC berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, yang melibatkan upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antar anggota dan memperhatikan dampak lingkungan.
  • Kerjasama Ekonomi dan Teknologi Digital: APEC terlibat dalam kerjasama di bidang ekonomi digital dan teknologi, termasuk kebijakan perlindungan data, kerjasama dalam menghadapi tantangan teknologi, dan memfasilitasi perdagangan barang dan jasa digital.
  • Pemberdayaan UMKM: Peningkatan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu fokus APEC, dengan upaya untuk memfasilitasi pertumbuhan dan akses UMKM ke pasar global.
  • Kerjasama Kesehatan: APEC memiliki komitmen dalam kerjasama kesehatan, terutama dalam hal pandemi dan keamanan kesehatan global. Ini mencakup upaya bersama untuk menangani penyebaran penyakit menular dan memperkuat sistem kesehatan di kawasan tersebut.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:08

Jawaban terverifikasi

<p><br>APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) telah menghasilkan berbagai komitmen dan inisiatif sejak pembentukannya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia-Pasifik. Beberapa komitmen yang signifikan termasuk:</p><p><strong>Lima Prinsip Dasar APEC:</strong> Ini mencakup konsultasi dan kerjasama ekonomi, pembangunan bersama, ketergantungan saling, dan kesetaraan dan kemitraan.</p><p><strong>Deklarasi Bogor:</strong> Diterbitkan pada tahun 1994, deklarasi ini menetapkan tujuan untuk menciptakan kawasan perdagangan dan investasi bebas di antara negara-negara APEC pada tahun 2020 untuk ekonomi maju dan 2025 untuk ekonomi berkembang.</p><p><strong>Inisiatif Bogor Goals:</strong> Diperkenalkan pada tahun 1995, inisiatif ini berfokus pada pembangunan infrastruktur, kebijakan reformasi, dan kapasitas manusia untuk mencapai tujuan liberalisasi perdagangan yang ditetapkan dalam Deklarasi Bogor.</p><p><strong>Inisiatif Osaka Action Agenda:</strong> Diluncurkan pada tahun 1995, inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, termasuk mengurangi hambatan perdagangan dan meningkatkan kerja sama ekonomi di antara negara-negara anggota.</p><p><strong>Komitmen Doha Development Agenda:</strong> APEC mendukung perundingan perdagangan multilateral di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mencapai kesepakatan yang adil dan inklusif yang mendukung pembangunan ekonomi dan memperhatikan kebutuhan negara-negara berkembang.</p><p><strong>Komitmen terhadap Pertumbuhan Hijau:</strong> APEC mengadopsi berbagai inisiatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, termasuk melalui pengembangan energi terbarukan, efisiensi energi, dan teknologi bersih.</p><p><strong>Komitmen terhadap Reformasi Struktural:</strong> APEC berkomitmen untuk mendorong reformasi struktural di berbagai sektor ekonomi, termasuk regulasi bisnis, pendidikan dan pelatihan, serta inovasi dan teknologi.</p><p><br>&nbsp;</p>


APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) telah menghasilkan berbagai komitmen dan inisiatif sejak pembentukannya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia-Pasifik. Beberapa komitmen yang signifikan termasuk:

Lima Prinsip Dasar APEC: Ini mencakup konsultasi dan kerjasama ekonomi, pembangunan bersama, ketergantungan saling, dan kesetaraan dan kemitraan.

Deklarasi Bogor: Diterbitkan pada tahun 1994, deklarasi ini menetapkan tujuan untuk menciptakan kawasan perdagangan dan investasi bebas di antara negara-negara APEC pada tahun 2020 untuk ekonomi maju dan 2025 untuk ekonomi berkembang.

Inisiatif Bogor Goals: Diperkenalkan pada tahun 1995, inisiatif ini berfokus pada pembangunan infrastruktur, kebijakan reformasi, dan kapasitas manusia untuk mencapai tujuan liberalisasi perdagangan yang ditetapkan dalam Deklarasi Bogor.

Inisiatif Osaka Action Agenda: Diluncurkan pada tahun 1995, inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, termasuk mengurangi hambatan perdagangan dan meningkatkan kerja sama ekonomi di antara negara-negara anggota.

Komitmen Doha Development Agenda: APEC mendukung perundingan perdagangan multilateral di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mencapai kesepakatan yang adil dan inklusif yang mendukung pembangunan ekonomi dan memperhatikan kebutuhan negara-negara berkembang.

Komitmen terhadap Pertumbuhan Hijau: APEC mengadopsi berbagai inisiatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, termasuk melalui pengembangan energi terbarukan, efisiensi energi, dan teknologi bersih.

Komitmen terhadap Reformasi Struktural: APEC berkomitmen untuk mendorong reformasi struktural di berbagai sektor ekonomi, termasuk regulasi bisnis, pendidikan dan pelatihan, serta inovasi dan teknologi.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Yang kita ketahui, Kesultanan Banten bukanlah penghasil rempah asli, akan tetapi mengapa Kesultanan Banten dijadikan jalur perdagangan rempah pada masa Kerajaan Islam? Dan daerah mana saja penunjang rempah ke Kesultanan Banten? 2. Pada masa Kesultanan Makassar juga sama bukan penghasil rempah tapi mengapa Kesultanan Makassar menjadi jalur penting perdagangan rempah? 3. Jenis rempah apa saja yang dihasilkan oleh Kesultanan Banten dan Kesultanan Makassar?

23

0.0

Jawaban terverifikasi