ARIN A

12 Februari 2024 13:21

Iklan

Iklan

ARIN A

12 Februari 2024 13:21

Pertanyaan

apa saja tahapan yang harus dilakukan dalam menentukan sumber data penelitian yang akan dipilih

apa saja tahapan yang harus dilakukan dalam menentukan sumber data penelitian yang akan dipilih


11

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

13 Februari 2024 02:43

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah membagi 2 jenis sumber data antara lain sumber data primer dan sumber data sekunder Simak penjelasannya yuk, Penelitian sosial adalah kegiatan ilmiah, yang memiliki fungsi atau manfaat antara lain memberikan deskripsi (gambaran dan pemetaan), serta penjelasan terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, dengan demikian dapat diambil suatu kesimpulan serta implikasi-implikasinya. Berdasarkan sumbernya, jenis data dalam penelitian dibagi menjadi dua, antara lain: 1. Data primer, yaitu data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti. Misalnya melalui wawancara dan observasi. 2. Data sekunder, yaitu data yang sudah tersedia dan dikumpulkan oleh penelitian sebelumnya. Data sekunder meliputi kajian dari buku, artikel, jurnal, dan dokumen lainnya Dengan demikian, Jawabannya adalah membagi 2 jenis sumber data antara lain sumber data primer dan sumber data sekunder


Iklan

Iklan

Tasya A

15 Februari 2024 08:55

Jawaban terverifikasi

<p>《Jawabannya adalah:》</p><p>Data primer dikumpulkan langsung oleh peneliti untuk tujuan spesifik penelitian mereka,sedangkan data sekunder adalah data yang sudah ada dan dikumpulkan oleh orang lain untuk tujuan yang berbeda.rencana penelitian adalah dokumen yang menguraikan bagaimana penelitian akan dilakukan,termasuk tujuan penelitian,pertanyaan penelitian,metodologi,teknik pengumpulan data,dan cara analisis data.</p>

《Jawabannya adalah:》

Data primer dikumpulkan langsung oleh peneliti untuk tujuan spesifik penelitian mereka,sedangkan data sekunder adalah data yang sudah ada dan dikumpulkan oleh orang lain untuk tujuan yang berbeda.rencana penelitian adalah dokumen yang menguraikan bagaimana penelitian akan dilakukan,termasuk tujuan penelitian,pertanyaan penelitian,metodologi,teknik pengumpulan data,dan cara analisis data.


Nanda R

Gold

17 Februari 2024 07:14

Jawaban terverifikasi

<p><br>Menentukan sumber data penelitian adalah langkah penting dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Berikut adalah beberapa tahapan yang dapat membantu dalam menentukan sumber data penelitian yang akan dipilih:</p><p><strong>Definisikan Tujuan Penelitian:</strong></p><ul><li>Jelaskan dengan jelas tujuan penelitian Anda. Apakah Anda mencari data kuantitatif atau kualitatif? Apakah Anda ingin mengidentifikasi tren, menggali pandangan, atau mengukur variabel tertentu?</li></ul><p><strong>Identifikasi Jenis Data yang Dibutuhkan:</strong></p><ul><li>Tentukan jenis data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian Anda. Apakah Anda membutuhkan data primer (data yang dikumpulkan sendiri) atau data sekunder (data yang sudah ada)?</li></ul><p><strong>Pertimbangkan Metode Penelitian:</strong></p><ul><li>Pilih metode penelitian yang akan Anda gunakan. Apakah Anda melakukan penelitian eksperimental, survei, studi kasus, atau penelitian kualitatif? Pemilihan metode akan mempengaruhi jenis data yang diperlukan.</li></ul><p><strong>Pertimbangkan Ketersediaan Data:</strong></p><ul><li>Evaluasilah ketersediaan data yang relevan dengan penelitian Anda. Apakah data tersebut sudah ada dan dapat diakses, atau Anda perlu mengumpulkannya sendiri?</li></ul><p><strong>Periksa Keandalan dan Validitas Data:</strong></p><ul><li>Pastikan data yang akan Anda gunakan memiliki keandalan dan validitas yang memadai. Tinjau sumber data untuk memastikan bahwa data tersebut diperoleh dari sumber yang terpercaya.</li></ul><p><strong>Evaluasi Ketersediaan Anggaran dan Sumber Daya:</strong></p><ul><li>Tinjau anggaran dan sumber daya yang tersedia untuk penelitian Anda. Apakah Anda memiliki dana untuk mengumpulkan data primer, atau apakah lebih masuk akal untuk menggunakan data sekunder?</li></ul><p><strong>Eksplorasi Sumber Data Sekunder:</strong></p><ul><li>Jika Anda memilih menggunakan data sekunder, telusuri berbagai sumber data yang relevan. Perpustakaan, basis data, laporan pemerintah, dan literatur ilmiah dapat menjadi sumber data yang berharga.</li></ul><p><strong>Pertimbangkan Etika Penelitian:</strong></p><ul><li>Pertimbangkan aspek etika dalam penggunaan data. Pastikan bahwa penggunaan data, terutama jika melibatkan subjek manusia, sesuai dengan pedoman etika penelitian.</li></ul><p><strong>Konsultasi Ahli dan Rekan Penelitian:</strong></p><ul><li>Diskusikan rencana Anda dengan ahli atau rekan penelitian untuk mendapatkan umpan balik dan saran terkait sumber data yang optimal untuk penelitian Anda.</li></ul><p><strong>Buat Keputusan Final:</strong></p><ul><li>Berdasarkan evaluasi Anda, buat keputusan final tentang sumber data yang akan digunakan. Sesuaikan dengan tujuan penelitian, metode, ketersediaan sumber daya, dan pertimbangan etika.</li></ul>


Menentukan sumber data penelitian adalah langkah penting dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Berikut adalah beberapa tahapan yang dapat membantu dalam menentukan sumber data penelitian yang akan dipilih:

Definisikan Tujuan Penelitian:

  • Jelaskan dengan jelas tujuan penelitian Anda. Apakah Anda mencari data kuantitatif atau kualitatif? Apakah Anda ingin mengidentifikasi tren, menggali pandangan, atau mengukur variabel tertentu?

Identifikasi Jenis Data yang Dibutuhkan:

  • Tentukan jenis data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian Anda. Apakah Anda membutuhkan data primer (data yang dikumpulkan sendiri) atau data sekunder (data yang sudah ada)?

Pertimbangkan Metode Penelitian:

  • Pilih metode penelitian yang akan Anda gunakan. Apakah Anda melakukan penelitian eksperimental, survei, studi kasus, atau penelitian kualitatif? Pemilihan metode akan mempengaruhi jenis data yang diperlukan.

Pertimbangkan Ketersediaan Data:

  • Evaluasilah ketersediaan data yang relevan dengan penelitian Anda. Apakah data tersebut sudah ada dan dapat diakses, atau Anda perlu mengumpulkannya sendiri?

Periksa Keandalan dan Validitas Data:

  • Pastikan data yang akan Anda gunakan memiliki keandalan dan validitas yang memadai. Tinjau sumber data untuk memastikan bahwa data tersebut diperoleh dari sumber yang terpercaya.

Evaluasi Ketersediaan Anggaran dan Sumber Daya:

  • Tinjau anggaran dan sumber daya yang tersedia untuk penelitian Anda. Apakah Anda memiliki dana untuk mengumpulkan data primer, atau apakah lebih masuk akal untuk menggunakan data sekunder?

Eksplorasi Sumber Data Sekunder:

  • Jika Anda memilih menggunakan data sekunder, telusuri berbagai sumber data yang relevan. Perpustakaan, basis data, laporan pemerintah, dan literatur ilmiah dapat menjadi sumber data yang berharga.

Pertimbangkan Etika Penelitian:

  • Pertimbangkan aspek etika dalam penggunaan data. Pastikan bahwa penggunaan data, terutama jika melibatkan subjek manusia, sesuai dengan pedoman etika penelitian.

Konsultasi Ahli dan Rekan Penelitian:

  • Diskusikan rencana Anda dengan ahli atau rekan penelitian untuk mendapatkan umpan balik dan saran terkait sumber data yang optimal untuk penelitian Anda.

Buat Keputusan Final:

  • Berdasarkan evaluasi Anda, buat keputusan final tentang sumber data yang akan digunakan. Sesuaikan dengan tujuan penelitian, metode, ketersediaan sumber daya, dan pertimbangan etika.

Aisyah N

18 Februari 2024 09:24

ya bnr

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

"Pengguna plastik sekali pakai saat ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. plastik sekali pakai mudah didapat dan murah harganya‚ sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti berbelanja makan dan minum. namun‚ plastik sekali pakai sulit terurai dan dapat mencemari lingkungan plastik sekali pakai yang terbuang ke laut dapat membahayakan hewan laut seperti ikan dan penyu plastik sekali pakai yang terbakar dapat menghasilkan omisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim oleh karena itu kita harus mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti tas kain botol minum isi ulang dan peralatan makan yang bisa digunakan kembali" Berdasarkan teks diskusi tersebut. buatlah daftar langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai!

11

5.0

Jawaban terverifikasi