Audrey G

05 Mei 2024 12:07

Iklan

Iklan

Audrey G

05 Mei 2024 12:07

Pertanyaan

apa saja sikap yang harus dihindari dalam pelaksanaan hak era globalisasi?

apa saja sikap yang harus dihindari dalam pelaksanaan hak era globalisasi?


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Mei 2024 12:15

Jawaban terverifikasi

1. Sikap individualisme yang berlebihan: - Dalam era globalisasi, ada kecenderungan bagi seseorang untuk menjadi lebih individualistik dan mementingkan kepentingan pribadi. - Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya rasa kebersamaan, solidaritas, dan gotong royong dalam masyarakat. - Penting untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama, serta memelihara nilai-nilai kolektivitas. 2. Sikap konsumtif: - Globalisasi seringkali dihubungkan dengan konsumerisme, di mana seseorang cenderung membeli barang-barang yang tidak perlu. - Hal ini dapat mengakibatkan pemborosan sumber daya alam dan kerusakan lingkungan. - Penting untuk memiliki kesadaran konsumsi yang bijaksana, dengan mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan dan keberlanjutan. 3. Sikap tidak peduli terhadap lingkungan: - Dengan adanya globalisasi, banyak perusahaan multinasional yang beroperasi di berbagai negara. - Beberapa dari mereka mungkin tidak mematuhi standar lingkungan yang ketat, yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. - Penting untuk memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi dan mendukung kebijakan yang ramah lingkungan. 4. Sikap tidak menghargai keberagaman budaya: - Globalisasi dapat mengakibatkan dominasi budaya tertentu atas budaya lain. - Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya identitas budaya lokal dan homogenisasi budaya. - Penting untuk menghargai dan memahami keberagaman budaya, serta melestarikan budaya lokal. 5. Sikap tidak peduli terhadap komunitas lokal: - Dalam era globalisasi, banyak perusahaan yang berfokus pada keuntungan global tanpa memperhatikan dampaknya terhadap komunitas lokal. - Hal ini dapat mengakibatkan marginalisasi dan ketidakadilan bagi komunitas lokal. - Penting untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis tidak merugikan komunitas lokal dan memberikan manfaat bagi mereka. Dengan menghindari sikap-sikap tersebut, kita dapat menjaga keseimbangan antara kepentingan individu, masyarakat, lingkungan, dan budaya dalam era globalisasi.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:26

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam era globalisasi, terdapat beberapa sikap yang sebaiknya dihindari dalam pelaksanaan hak. Berikut adalah beberapa di antaranya:</p><p><strong>Egoisme</strong>: Memiliki sikap egois, yaitu hanya memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain, dapat merusak hubungan antarindividu dan antarnegara dalam konteks globalisasi. Solidaritas dan kerja sama lintas batas menjadi penting dalam menghadapi tantangan global.</p><p><strong>Xenofobia dan Rasisme</strong>: Sikap bermusuhan terhadap orang-orang dari budaya, agama, atau latar belakang etnis yang berbeda merupakan hal yang perlu dihindari dalam era globalisasi. Ini bertentangan dengan semangat toleransi dan keragaman yang sangat penting dalam masyarakat global yang semakin terhubung.</p><p><strong>Proteksionisme yang Berlebihan</strong>: Melindungi kepentingan nasional secara berlebihan dengan mengorbankan kerja sama internasional dan perdagangan bebas dapat merugikan pertumbuhan ekonomi global dan memperkuat ketimpangan ekonomi antarnegara.</p><p><strong>Ketidaksadaran Ekologis</strong>: Mengabaikan dampak lingkungan dari kegiatan ekonomi dan sosial dapat mengancam keseimbangan ekosistem global dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Sikap yang peduli terhadap lingkungan dan berusaha untuk berkontribusi pada keberlanjutan penting dalam era globalisasi.</p>

Dalam era globalisasi, terdapat beberapa sikap yang sebaiknya dihindari dalam pelaksanaan hak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Egoisme: Memiliki sikap egois, yaitu hanya memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain, dapat merusak hubungan antarindividu dan antarnegara dalam konteks globalisasi. Solidaritas dan kerja sama lintas batas menjadi penting dalam menghadapi tantangan global.

Xenofobia dan Rasisme: Sikap bermusuhan terhadap orang-orang dari budaya, agama, atau latar belakang etnis yang berbeda merupakan hal yang perlu dihindari dalam era globalisasi. Ini bertentangan dengan semangat toleransi dan keragaman yang sangat penting dalam masyarakat global yang semakin terhubung.

Proteksionisme yang Berlebihan: Melindungi kepentingan nasional secara berlebihan dengan mengorbankan kerja sama internasional dan perdagangan bebas dapat merugikan pertumbuhan ekonomi global dan memperkuat ketimpangan ekonomi antarnegara.

Ketidaksadaran Ekologis: Mengabaikan dampak lingkungan dari kegiatan ekonomi dan sosial dapat mengancam keseimbangan ekosistem global dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Sikap yang peduli terhadap lingkungan dan berusaha untuk berkontribusi pada keberlanjutan penting dalam era globalisasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa kepanjangan bpupki

12

5.0

Jawaban terverifikasi