Lita L

09 Maret 2024 02:24

Iklan

Iklan

Lita L

09 Maret 2024 02:24

Pertanyaan

apa saja peninggalan kerajaan Kutai?

apa saja peninggalan kerajaan Kutai?


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

09 Maret 2024 05:27

Jawaban terverifikasi

<p>Peninggalan Kerajaan Kutai adalah:</p><ul><li>Prasasti Yupa</li><li>Pedang Sultan Kutai</li><li>Kura-kura Emas</li><li>Kalung Ciwa</li><li>Kalong Uncal</li><li>Ketopong Sultan</li></ul>

Peninggalan Kerajaan Kutai adalah:

  • Prasasti Yupa
  • Pedang Sultan Kutai
  • Kura-kura Emas
  • Kalung Ciwa
  • Kalong Uncal
  • Ketopong Sultan

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 Maret 2024 01:25

Jawaban terverifikasi

<p><br>Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi Indonesia. Peninggalan kerajaan ini mencakup berbagai aspek, termasuk arkeologis, budaya, dan sejarah. Beberapa peninggalan yang terkait dengan Kerajaan Kutai antara lain:</p><p><strong>Prasasti:</strong> Beberapa prasasti ditemukan di wilayah Kutai, seperti Prasasti Mulawarman yang ditemukan di Tenggarong, Kalimantan Timur. Prasasti ini memberikan informasi tentang sejarah dan pemerintahan Kerajaan Kutai.</p><p><strong>Candi dan Situs Arkeologis:</strong> Beberapa situs arkeologis dan candi yang terkait dengan Kerajaan Kutai telah ditemukan di Kalimantan Timur. Misalnya, Candi Muara Jambi dan Candi Agung di Muara Takus, Sumatera, yang mungkin terkait dengan pengaruh Kutai.</p><p><strong>Artefak dan Benda Peninggalan:</strong> Berbagai artefak, seperti ukiran, perhiasan, dan benda-benda sehari-hari dari masa Kerajaan Kutai, telah ditemukan melalui penelitian arkeologis.</p><p><strong>Tradisi dan Budaya:</strong> Peninggalan tidak selalu berwujud fisik, tetapi juga mencakup warisan budaya dan tradisi. Nilai-nilai budaya, adat istiadat, dan sistem sosial yang berkembang selama masa Kerajaan Kutai dapat dianggap sebagai bagian dari warisan budaya yang masih berdampak pada masyarakat setempat.</p><p><strong>Lukisan Dinding:</strong> Beberapa lukisan dinding atau ukiran yang berasal dari masa Kerajaan Kutai dapat menjadi peninggalan seni yang mencerminkan kekayaan budaya dan artistik masyarakat pada zaman itu.</p><p><br>&nbsp;</p>


Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah yang sekarang menjadi Indonesia. Peninggalan kerajaan ini mencakup berbagai aspek, termasuk arkeologis, budaya, dan sejarah. Beberapa peninggalan yang terkait dengan Kerajaan Kutai antara lain:

Prasasti: Beberapa prasasti ditemukan di wilayah Kutai, seperti Prasasti Mulawarman yang ditemukan di Tenggarong, Kalimantan Timur. Prasasti ini memberikan informasi tentang sejarah dan pemerintahan Kerajaan Kutai.

Candi dan Situs Arkeologis: Beberapa situs arkeologis dan candi yang terkait dengan Kerajaan Kutai telah ditemukan di Kalimantan Timur. Misalnya, Candi Muara Jambi dan Candi Agung di Muara Takus, Sumatera, yang mungkin terkait dengan pengaruh Kutai.

Artefak dan Benda Peninggalan: Berbagai artefak, seperti ukiran, perhiasan, dan benda-benda sehari-hari dari masa Kerajaan Kutai, telah ditemukan melalui penelitian arkeologis.

Tradisi dan Budaya: Peninggalan tidak selalu berwujud fisik, tetapi juga mencakup warisan budaya dan tradisi. Nilai-nilai budaya, adat istiadat, dan sistem sosial yang berkembang selama masa Kerajaan Kutai dapat dianggap sebagai bagian dari warisan budaya yang masih berdampak pada masyarakat setempat.

Lukisan Dinding: Beberapa lukisan dinding atau ukiran yang berasal dari masa Kerajaan Kutai dapat menjadi peninggalan seni yang mencerminkan kekayaan budaya dan artistik masyarakat pada zaman itu.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tono sedang pengen ke rumah Supri make sepeda merek Atlantis model mahal YGY jarak yg di tempuh tono adalah 16 km dan dengan waktu 50 menitan kecepatan tono ke rumah Supri adalah .... JAWABAN

9

5.0

Jawaban terverifikasi