Anse M

26 Januari 2023 21:31

Iklan

Iklan

Anse M

26 Januari 2023 21:31

Pertanyaan

Apa saja kategori gempa berdasarkan magnitudonya?


0

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Beni

Mahasiswa/Alumni Universitas Muria Kudus

09 Juni 2023 13:40

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah:</p><p>1. Gempa bumi ultra mikro.</p><p>2. Gempa bumi mikro.</p><p>3. Gempa bumi kecil.</p><p>4. Gempa bumi sedang.</p><p>5. Gempa bumi merusak</p><p>6. Gempa bumi besar</p><p>7. Gempa bumi sangat besar</p><p><br>Yuk simak pembahasan berikut.</p><p>Gempa bumi merupakan gejala alam yang disebabkan oleh pelepasan energi regangan elastis batuan akibat adanya deformasi batuan yang terjadi pada lapisan litosfer. Kategori gempa berdasarkan magnitudonya yaitu:</p><p>1. Gempa bumi ultra mikro.</p><p>Gempa bumi ultra mikro biasanya memiliki kekuatan di bawah dari 2 skala magnitudo atau SR. Efek yang dirasakan pun tidak banyak bahkan bisa saja tidak terasa. Gempa ini jarang menimbulkan kerusakan apapun.</p><p>2. Gempa bumi mikro.</p><p>Gempa bumi mikro magnitude memiliki kekuatan 2 hingga 3 skala magnitudo atau SR. Biasanya gempa bumi ini tidak terasa, tapi bisa tercatat di seismograf (alat pendeteksi gempa bumi).</p><p>3. Gempa bumi kecil.</p><p>Gempa bumi kecil ini memiliki kekuatan 3 hingga 4 skala magnitudo atau SR. Gempa bumi ini biasanya terasa, tetapi jarang menimbulkan kerusakan.&nbsp;</p><p>4. Gempa bumi sedang.</p><p>Gempa bumi sedang memiliki kekuatan 4 hingga 5 skala magnitudo atau SR. Kekuatan gempa bumi ini biasanya sudah mulai menyebabkan kekurasakan.</p><p>5. Gempa bumi merusak</p><p>Gempa bumi merusak ini memiliki kekuatan 5 hingga 6 skala magnitudo atau SR. Pada kekuatan gempa bumi merusak ini, mulai ada kerusakan pada bangunan yang lemah.</p><p>6. Gempa bumi besar</p><p>Gempa bumi besar memiliki kekuatan 7 hingga 8 skala magnitudo atau SR. Gempa bumi ini biasanya sudah menyebabkan kerusakan yang sangat serius. Bahkan, bisa menimbulkan bencana alam lainnya, seperti tanah longsor.</p><p>7. Gempa bumi sangat besar</p><p>Gempa bumi sangat besar memiliki kekuatan 8 SR hingga lebih. Dalam kekuatan magnitudo ini, gempa biasanya akan memicu munculnya tsunami dan menyebabkan kerusakan yang lebih luas lagi.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah seperti pembahasan di atas.</p>

Jawaban yang benar adalah:

1. Gempa bumi ultra mikro.

2. Gempa bumi mikro.

3. Gempa bumi kecil.

4. Gempa bumi sedang.

5. Gempa bumi merusak

6. Gempa bumi besar

7. Gempa bumi sangat besar


Yuk simak pembahasan berikut.

Gempa bumi merupakan gejala alam yang disebabkan oleh pelepasan energi regangan elastis batuan akibat adanya deformasi batuan yang terjadi pada lapisan litosfer. Kategori gempa berdasarkan magnitudonya yaitu:

1. Gempa bumi ultra mikro.

Gempa bumi ultra mikro biasanya memiliki kekuatan di bawah dari 2 skala magnitudo atau SR. Efek yang dirasakan pun tidak banyak bahkan bisa saja tidak terasa. Gempa ini jarang menimbulkan kerusakan apapun.

2. Gempa bumi mikro.

Gempa bumi mikro magnitude memiliki kekuatan 2 hingga 3 skala magnitudo atau SR. Biasanya gempa bumi ini tidak terasa, tapi bisa tercatat di seismograf (alat pendeteksi gempa bumi).

3. Gempa bumi kecil.

Gempa bumi kecil ini memiliki kekuatan 3 hingga 4 skala magnitudo atau SR. Gempa bumi ini biasanya terasa, tetapi jarang menimbulkan kerusakan. 

4. Gempa bumi sedang.

Gempa bumi sedang memiliki kekuatan 4 hingga 5 skala magnitudo atau SR. Kekuatan gempa bumi ini biasanya sudah mulai menyebabkan kekurasakan.

5. Gempa bumi merusak

Gempa bumi merusak ini memiliki kekuatan 5 hingga 6 skala magnitudo atau SR. Pada kekuatan gempa bumi merusak ini, mulai ada kerusakan pada bangunan yang lemah.

6. Gempa bumi besar

Gempa bumi besar memiliki kekuatan 7 hingga 8 skala magnitudo atau SR. Gempa bumi ini biasanya sudah menyebabkan kerusakan yang sangat serius. Bahkan, bisa menimbulkan bencana alam lainnya, seperti tanah longsor.

7. Gempa bumi sangat besar

Gempa bumi sangat besar memiliki kekuatan 8 SR hingga lebih. Dalam kekuatan magnitudo ini, gempa biasanya akan memicu munculnya tsunami dan menyebabkan kerusakan yang lebih luas lagi.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah seperti pembahasan di atas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

32

5.0

Jawaban terverifikasi