Ahmad J

14 Juli 2020 12:00

Iklan

Iklan

Ahmad J

14 Juli 2020 12:00

Pertanyaan

apa perbedaan antigen dan antibodi


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Oki

21 Maret 2022 02:31

Jawaban terverifikasi

Halo adik, kakak bantu jawab ya n_n Antigen adalah zat asing yang dianggap berbahaya oleh sistem imunitas, karena dapat mengancam kesehatan tubuh. Sedangkan antibodi adalah komponen sistem imunitas tubuh berupa protein plasma yang diproduksi oleh sel limfosit B. Sistem imunitas disebut juga sebagai sistem daya tahan tubuh. Sistem ini adalah sistem yang menjaga pertahanan tubuh dari serangan benda atau zat asing yang berbahaya bagi tubuh. Fungsi sistem imunitas tersebut adalah untuk mengenali, menghancurkan, dan menetralkan benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang berdampak buruk jika dibiarkan. Pada sistem imunitas, dikenal istilah antibodi yang merupakan protein plasma berbentuk seperti huruf Y yang diproduksi oleh sel limfosit B dan disebut juga sebagai immunoglobulin (Ig). Antibodi pada sistem imunitas akan aktif, jika terdeteksi ada antigen yang masuk dan menyerang tubuh. Keberadaan antigen dianggap mengancam bagi antibodi, karena biasanya antigen berupa virus, bakteri, ataupun zat asing lainnya yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat kesehatan seseorang. Ketika antigen masuk ke dalam tubuh, maka antibodi akan menghentikan aktivitas antigen tersebut dengan mengikat dan menjauhkan antigen dari sel yang akan dirusaknya dengan menggunakan ujung lengan Y. Semoga jawabannya membantu ya, semangat !


Iklan

Iklan

Dea N

16 Juli 2020 11:24

antigen adalah zat yang merangsang respon imun untuk menghasilkan antibody sedangkan antibody adalah zat yang dihasilkan oleh sistem imun untuk melawan antigen (bakteri,virus)


Ika C

19 Juli 2020 13:29

Antigen merupakan zat yang merangsang respons imunitas, terutama dalam menghasilkan antibodi. Antibodi yang dihasilkan berupa zat molekul besar seperti protein dan polisakarida, contohnya permukaan bakteri


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimana cara mengatasi virus corona?

5

5.0

Jawaban terverifikasi