Pelangi S

18 Februari 2024 14:11

Iklan

Iklan

Pelangi S

18 Februari 2024 14:11

Pertanyaan

apa perbedaan antara alelopati dan anabiosa

apa perbedaan antara alelopati dan anabiosa


5

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Laela S

19 Februari 2024 07:20

Jawaban terverifikasi

Alelopati adalah hubungan atau interaksi antarorganisme, yang mana keberadaan satu organisme dapat menghambat pertumbuhan atau perkembangan organisme lainya melalui pelepasan toksin atau racun sedangkan Anabiosa adalah interaksi antara makhluk hidup di mana salah satu makhluk hidup mengeluarkan zat antibiotik yang dapat membahayakan makhluk hidup yang lain jadi kesimpulannnya adalah aleopati dan anabiosa sama berdpak buruk/negativ pada interaksinya yaitu organisme dan mahluk hidup, juga mereka berbeda pengeluaran zat yang di lepaskan yaitu pada toksin /racun dan zat antibiotik untuk mudah mengingat nya: aleopati : antar organisme, mengeluarkan toksin/racun, berdampak buruk anabiosa : antar mahluk hidup, mengeluarkan antibiotik, berdampak buruk terimakasih semoga membantu


Iklan

Iklan

LINTANG G

21 Februari 2024 02:30

Jawaban terverifikasi

<p>Simbiosis Hubungan antara 2 makhluk hidup yang berbeda jenis disebut simbiosis. Salah satu dari simbiosis adalah simbiosis alelopati. Simbiosis Alelopati adalah hubungan dua makhluk (tumbuhan) atau lebih, dimana satunya berusaha untuk menghambat pertumbuhan tumbuhan (pohon) disekitarnya, sehinga lama-kelamaan pohon disekitanya itu akan mati.</p><p>Contoh simbiosis Alelopati adalah hubungan alang-alang dengan pohon disekitarnya, alang-alang selalu berusaha menghambat pertumbuhan pohon disekitanya dengan cara mensekresikan senyawa fenol, asam valinik, dan karbolik.</p><p>Anabiosis adalah gejala mati suri pada benih tumbuhan.</p><p>Contohnya &nbsp;ganggang mengalami mati suri karena kekurangan air, dan akan bisa hidup lagi jika ganggang sudah mendapatkan air.</p>

Simbiosis Hubungan antara 2 makhluk hidup yang berbeda jenis disebut simbiosis. Salah satu dari simbiosis adalah simbiosis alelopati. Simbiosis Alelopati adalah hubungan dua makhluk (tumbuhan) atau lebih, dimana satunya berusaha untuk menghambat pertumbuhan tumbuhan (pohon) disekitarnya, sehinga lama-kelamaan pohon disekitanya itu akan mati.

Contoh simbiosis Alelopati adalah hubungan alang-alang dengan pohon disekitarnya, alang-alang selalu berusaha menghambat pertumbuhan pohon disekitanya dengan cara mensekresikan senyawa fenol, asam valinik, dan karbolik.

Anabiosis adalah gejala mati suri pada benih tumbuhan.

Contohnya  ganggang mengalami mati suri karena kekurangan air, dan akan bisa hidup lagi jika ganggang sudah mendapatkan air.


S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

19 Februari 2024 11:59

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: Anabiosa adalah hubungan antarpopulasi dimana populasi yang satu dapat menghasilkan zat penghambat pertumbuhan populasi yang lainnya. Contoh dari anabiosa adalah ketika bakteri dalam tanah menghasilkan antibiotik yang menghambat pertumbuhan populasi bakteri lainnya di sekitarnya. Misalnya bakteri A menghasilkan antibiotik yang mencegah pertumbuhan bakteri B sehingga bakteri B tidak dapat berkembang biak dengan baik dalam lingkungan yang sama. Alelopati adalah fenomena ketika suatu organisme yang menghasilkan zat kimia dengan memengaruhi pertumbuhan, kelangsungan hidupnya, dan reproduksi organisme lain yang ada disekitarnya. Contohnya rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah pada suatu ekosistem karena tumbuhan Ini menghasilkan zat bersifat toksin. Jadi, jawaban yang benar telah dijelaskan pada pembahasan di atas.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari hari yang menguntungkan dan merugikan minimal 2

0

0.0

Jawaban terverifikasi