Kailla A

05 Maret 2020 08:41

Iklan

Iklan

Kailla A

05 Maret 2020 08:41

Pertanyaan

apa penyebab terjadinya hujan asam, lalu berikan dampaknya


35

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Bagus

Mahasiswa/Alumni UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

01 Januari 2022 14:15

Jawaban terverifikasi

Hai Kailla A, kakak bantu menjawab ya... Jadi penyebab dari hujan asam adalah kandungan sulfur dan nitrogen yang ada pada hujan sangatlah tinggi. Dampak dari hujan asam tersebut antara lain berkurangnya atau bahkan gagalnya hasil pertanian. Pada kasus ini ditanyakan tentang hujan asam. Untuk menjawab kasus ini kita perlu mengerti betuk proses terjadinya hujan asam sampai dampak yang ditimbulkannya. Hujan asam merupakan hujan yang mana air dari hujan tersebut memiliki kandungan asam yang tinggi. Kandungan sam yang tinggi ini dikarenakan banyaknya kandungan sulfur dan niterogen. Hujan asam tersebut dapat terjadi karena proses tertentu. Mari kita bahas prosesnya. Manusia memiliki banyak sekali aktivitas diantaranya aktivitas yang memicu dan menyebabkan hujan asam antara lain kegiatan industri, kendaraan bermotor, pembangkit listrik, sampai amonia yang dihasilkan dari aktivitas pertanian. Selanjutnya dampak yang dihasilkan dari hujan asam sebagai berikut: - beri yang terkena hujan tersebut menjadi lebih mudah berkarat - menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat bahkan menjadikan tanaman mati - menyebabkan ikan dilaut jumlahnya semakin menurun bahkan bisa menyebabkan kepunahan sebagian jenis ikan - menyebabkan rusaknya lapisan lilin yang ada pada daun tanaman - menyebabkan hilangnya beragam nutrisi yang dimiliki oleh tumbuhan. Jadi penyebab dari hujan asam adalah kandungan sulfur dan nitrogen yang ada pada hujan sangatlah tinggi. Dampak dari hujan asam tersebut antara lain berkurangnya atau bahkan gagalnya hasil pertanian.


Iklan

Iklan

M. Z

05 Maret 2020 14:08

Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yg merupakan pengotor dlm bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yg bereaksi dgn oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. PENYEBAB HUJAM ASAM salah satunya... Menyebabkan gangguan pernafasan seperti asma atau bronkitis. Maaf kalo salah, semoga membantu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

500 gram es bersuhu −12 °C dipanaskan hingga suhu −2 °C. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/g °C, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan, nyatakan dalam satuan joule!

23

5.0

Jawaban terverifikasi