Rossa M

14 Maret 2024 14:28

Iklan

Iklan

Rossa M

14 Maret 2024 14:28

Pertanyaan

apa motivasi Kartanegara ketika mengirim amoghaposa keluar jawa

apa motivasi Kartanegara ketika mengirim amoghaposa keluar jawa


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

15 Maret 2024 00:12

Jawaban terverifikasi

<p><br>Kartanegara adalah seorang raja di Kerajaan Singhasari yang memerintah pada abad ke-13 di wilayah Jawa Timur, Indonesia. Motivasi Kartanegara dalam mengirim Amoghapasa (atau sering disebut juga Raden Wijaya) keluar Jawa dapat dikaitkan dengan kebijakan politiknya dan strategi keamanan kerajaan.</p><p>Ada beberapa motif yang mungkin menjadi pertimbangan Kartanegara:</p><p><strong>Memperluas Pengaruh dan Kekuasaan:</strong> Dengan mengirim Amoghapasa untuk mendirikan pemukiman di luar Jawa, Kartanegara mungkin bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Singhasari. Ini dapat membantu dalam memperluas pengaruh politik dan ekonomi kerajaan ke wilayah-wilayah baru di luar pulau Jawa.</p><p><strong>Mengamankan Wilayah Perbatasan:</strong> Mengirim penduduk atau pejuang ke wilayah-wilayah perbatasan bisa menjadi strategi untuk memperkuat pertahanan kerajaan. Dengan mendirikan pemukiman di daerah-daerah yang berbatasan dengan kerajaan lain, Kartanegara mungkin bertujuan untuk mengamankan perbatasan dan melindungi kerajaannya dari serangan musuh.</p><p><strong>Mengatasi Persoalan Ekonomi dan Sosial:</strong> Kemungkinan juga bahwa Kartanegara ingin mengatasi persoalan ekonomi dan sosial di dalam kerajaannya dengan mengirim sebagian penduduknya untuk membuka daerah baru di luar Jawa. Ini dapat membantu mengurangi tekanan atas sumber daya dan memperluas peluang ekonomi bagi rakyatnya.</p><p><strong>Mengurangi Ketegangan Intern:</strong> Dengan mengirim sebagian penduduknya keluar Jawa, Kartanegara mungkin juga bertujuan untuk mengurangi ketegangan atau persaingan internal di dalam kerajaannya. Mengalihkan perhatian atau sumber daya ke luar Jawa dapat membantu mengurangi gesekan antara kelompok-kelompok dalam kerajaan.</p><p><br>&nbsp;</p>


Kartanegara adalah seorang raja di Kerajaan Singhasari yang memerintah pada abad ke-13 di wilayah Jawa Timur, Indonesia. Motivasi Kartanegara dalam mengirim Amoghapasa (atau sering disebut juga Raden Wijaya) keluar Jawa dapat dikaitkan dengan kebijakan politiknya dan strategi keamanan kerajaan.

Ada beberapa motif yang mungkin menjadi pertimbangan Kartanegara:

Memperluas Pengaruh dan Kekuasaan: Dengan mengirim Amoghapasa untuk mendirikan pemukiman di luar Jawa, Kartanegara mungkin bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Singhasari. Ini dapat membantu dalam memperluas pengaruh politik dan ekonomi kerajaan ke wilayah-wilayah baru di luar pulau Jawa.

Mengamankan Wilayah Perbatasan: Mengirim penduduk atau pejuang ke wilayah-wilayah perbatasan bisa menjadi strategi untuk memperkuat pertahanan kerajaan. Dengan mendirikan pemukiman di daerah-daerah yang berbatasan dengan kerajaan lain, Kartanegara mungkin bertujuan untuk mengamankan perbatasan dan melindungi kerajaannya dari serangan musuh.

Mengatasi Persoalan Ekonomi dan Sosial: Kemungkinan juga bahwa Kartanegara ingin mengatasi persoalan ekonomi dan sosial di dalam kerajaannya dengan mengirim sebagian penduduknya untuk membuka daerah baru di luar Jawa. Ini dapat membantu mengurangi tekanan atas sumber daya dan memperluas peluang ekonomi bagi rakyatnya.

Mengurangi Ketegangan Intern: Dengan mengirim sebagian penduduknya keluar Jawa, Kartanegara mungkin juga bertujuan untuk mengurangi ketegangan atau persaingan internal di dalam kerajaannya. Mengalihkan perhatian atau sumber daya ke luar Jawa dapat membantu mengurangi gesekan antara kelompok-kelompok dalam kerajaan.


 


Iklan

Iklan

GHAYZAN A

31 Maret 2024 00:58

Jawaban terverifikasi

<h2>Motivasi Kertanegara Mengirim Amogha Pasa Keluar Jawa</h2><p><strong>Motivasi utama</strong> Kertanegara dalam mengirim Amogha Pasa keluar Jawa adalah <strong>memperluas pengaruh dan kekuasaan Kerajaan Singasari</strong>. Hal ini sejalan dengan cita-citanya untuk <strong>menyatukan Nusantara</strong> di bawah panji Singasari.</p><p><strong>Beberapa sumber sejarah</strong> mencantumkan motif lain di balik pengiriman Amogha Pasa, antara lain:</p><ul><li><strong>Mencegah intervensi Mongol</strong>: Saat itu, Kubilai Khan sedang gencar-gencarnya melakukan ekspansi ke wilayah Asia Tenggara. Kertanegara ingin menunjukkan kekuatan Singasari dan mencegah Mongol mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di Nusantara.</li><li><strong>Memperkuat perdagangan</strong>: Jalur perdagangan maritim di Selat Malaka sangat penting bagi Singasari. Dengan menguasai wilayah Sumatera, Kertanegara ingin memperkuat kontrolnya atas perdagangan dan meningkatkan pendapatan kerajaan.</li><li><strong>Menyebarkan agama Buddha</strong>: Kertanegara adalah seorang penganut Buddha yang taat. Dia ingin menyebarkan agama Buddha ke wilayah-wilayah baru dan memperkuat pengaruhnya di kalangan masyarakat.</li></ul><p><strong>Berikut beberapa sumber yang membahas tentang motivasi Kertanegara:</strong></p><ul><li><strong>Nagarakertagama</strong> (Desawarnana) karya Mpu Prapanca</li><li><strong>Pararaton</strong></li><li><strong>Prasasti Dinoyo</strong></li><li><strong>Arca Amogha Pasa</strong></li></ul><p><strong>Kesimpulannya</strong>: Pengiriman Amogha Pasa ke luar Jawa merupakan langkah strategis Kertanegara untuk mencapai berbagai tujuan, baik politik, ekonomi, maupun agama.</p><p><strong>Catatan</strong>:</p><ul><li>Ada beberapa versi mengenai tujuan dan makna Amogha Pasa.</li><li>Perlu diingat bahwa sumber-sumber sejarah yang ada tidak selalu objektif dan bisa saja bias.</li></ul><p><strong>Sumber:</strong></p><ul><li>Nagarakertagama: https://id.wikipedia.org/wiki/Nagarakertagama</li><li>Pararaton: https://id.wikipedia.org/wiki/Pararaton</li><li>Ekspedisi Pamalayu: https://id.wikipedia.org/wiki/Ekspedisi_Pamalayu</li></ul>

Motivasi Kertanegara Mengirim Amogha Pasa Keluar Jawa

Motivasi utama Kertanegara dalam mengirim Amogha Pasa keluar Jawa adalah memperluas pengaruh dan kekuasaan Kerajaan Singasari. Hal ini sejalan dengan cita-citanya untuk menyatukan Nusantara di bawah panji Singasari.

Beberapa sumber sejarah mencantumkan motif lain di balik pengiriman Amogha Pasa, antara lain:

  • Mencegah intervensi Mongol: Saat itu, Kubilai Khan sedang gencar-gencarnya melakukan ekspansi ke wilayah Asia Tenggara. Kertanegara ingin menunjukkan kekuatan Singasari dan mencegah Mongol mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di Nusantara.
  • Memperkuat perdagangan: Jalur perdagangan maritim di Selat Malaka sangat penting bagi Singasari. Dengan menguasai wilayah Sumatera, Kertanegara ingin memperkuat kontrolnya atas perdagangan dan meningkatkan pendapatan kerajaan.
  • Menyebarkan agama Buddha: Kertanegara adalah seorang penganut Buddha yang taat. Dia ingin menyebarkan agama Buddha ke wilayah-wilayah baru dan memperkuat pengaruhnya di kalangan masyarakat.

Berikut beberapa sumber yang membahas tentang motivasi Kertanegara:

  • Nagarakertagama (Desawarnana) karya Mpu Prapanca
  • Pararaton
  • Prasasti Dinoyo
  • Arca Amogha Pasa

Kesimpulannya: Pengiriman Amogha Pasa ke luar Jawa merupakan langkah strategis Kertanegara untuk mencapai berbagai tujuan, baik politik, ekonomi, maupun agama.

Catatan:

  • Ada beberapa versi mengenai tujuan dan makna Amogha Pasa.
  • Perlu diingat bahwa sumber-sumber sejarah yang ada tidak selalu objektif dan bisa saja bias.

Sumber:

  • Nagarakertagama: https://id.wikipedia.org/wiki/Nagarakertagama
  • Pararaton: https://id.wikipedia.org/wiki/Pararaton
  • Ekspedisi Pamalayu: https://id.wikipedia.org/wiki/Ekspedisi_Pamalayu

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Aku minta tolong yaa🙏

0

5.0

Jawaban terverifikasi