Zakiya A

03 Maret 2024 05:14

Iklan

Iklan

Zakiya A

03 Maret 2024 05:14

Pertanyaan

Apa Keterkaitan Qurban dgn kerjaan Hindu Buddha?

Apa Keterkaitan Qurban dgn kerjaan Hindu Buddha?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Juniaa J

04 Maret 2024 21:58

Jawaban terverifikasi

Kurban Hindu merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Dewa yang dipuja dan memiliki fungsi untuk menghubungkan diri dengan Tuhan, mengandung unsur sosial, untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, dan mengoreksi diri. Kurban dalam agama Islam merupakan ungkapan rasa syukur serta penaklukkan ego sendiri untuk melawan dan mengenyahkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Kerajaan Hindu dan Islam memiliki hukum yang berbeda terhadap kurban. Dalam agama Hindu, kurban atau Yadnya merupakan kewajiban bagi umat untuk dilakukan. Namun dalam Islam, hukum kurban ialah sunnah muakkad bagi mereka yang mampu, kecuali kurban nadzar. Perbedaan lainnya terletak pada materi yang dikurbankan. Dalam Hindu, materi (kurban) dapat sesuai dengan kemampuan Yajamana, yaitu yang punya kerja atau hajat sesuai dengan desa, kala dan patra. Namun dalam Islam, hanya hewan yang memenuhi syarat yang dapat dikurbankan. Tata cara pelaksanaan kurban juga berbeda antara Hindu dan Islam. Dalam Hindu, tempat pelaksanaan dapat dilakukan di tempat yang lapang di dekat masjid atau mushalla. Sedangkan dalam Islam, tempat pelaksanaan dapat dilakukan di tempat yang lapang di dekat masjid atau mushalla. Dari segi fungsi, kurban dalam agama Hindu dan Islam memiliki persamaan, seperti ungkapan rasa syukur dan mengandung unsur sosial, serta untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan. Namun, perbedaan terletak pada hukum kurban, materi yang dikurbankan, dan tata cara pelaksanaan kurban.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:35

Jawaban terverifikasi

<p>Qurban, yang merujuk pada praktik penyembelihan hewan sebagai tanda pengabdian kepada Tuhan dalam agama Islam, tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Praktik Qurban merupakan bagian dari ritual keagamaan dalam Islam, sementara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, seperti Sriwijaya dan Majapahit, memiliki latar belakang agama Hindu dan Buddha.</p><p>Dalam konteks kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, praktik keagamaan mereka melibatkan pemujaan terhadap dewa-dewi Hindu atau Buddha. Upacara keagamaan Hindu sering melibatkan persembahan, doa, dan ritus tertentu yang tidak melibatkan penyembelihan hewan sebagaimana yang dilakukan dalam Qurban dalam konteks Islam.</p><p>Meskipun kedua tradisi agama ini ada di wilayah yang sama (Indonesia) dan saling berdampingan sepanjang sejarah, praktik keagamaan mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Hindu-Buddha lebih terfokus pada pemujaan dewa-dewi, konsep reinkarnasi, dan karma, sementara Islam, termasuk praktik Qurban, memiliki prinsip-prinsip dan ritus yang berbeda.</p>

Qurban, yang merujuk pada praktik penyembelihan hewan sebagai tanda pengabdian kepada Tuhan dalam agama Islam, tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Praktik Qurban merupakan bagian dari ritual keagamaan dalam Islam, sementara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, seperti Sriwijaya dan Majapahit, memiliki latar belakang agama Hindu dan Buddha.

Dalam konteks kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, praktik keagamaan mereka melibatkan pemujaan terhadap dewa-dewi Hindu atau Buddha. Upacara keagamaan Hindu sering melibatkan persembahan, doa, dan ritus tertentu yang tidak melibatkan penyembelihan hewan sebagaimana yang dilakukan dalam Qurban dalam konteks Islam.

Meskipun kedua tradisi agama ini ada di wilayah yang sama (Indonesia) dan saling berdampingan sepanjang sejarah, praktik keagamaan mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Hindu-Buddha lebih terfokus pada pemujaan dewa-dewi, konsep reinkarnasi, dan karma, sementara Islam, termasuk praktik Qurban, memiliki prinsip-prinsip dan ritus yang berbeda.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa saja keutamaan sholat tarawih dan witir? tolong minimal 3, tolong segera dijawab karena tanggal 21 Mei dikumpulkan pr nya 🙏🙏

4

5.0

Jawaban terverifikasi