Fau A

23 Agustus 2023 07:23

Iklan

Iklan

Fau A

23 Agustus 2023 07:23

Pertanyaan

apa itu rigiditas


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Agustus 2023 08:01

Jawaban terverifikasi

Rigiditas merujuk pada sifat atau kondisi dari suatu benda atau struktur yang memiliki kekakuan atau ketahanan terhadap perubahan bentuk atau pergerakan. Benda yang memiliki rigiditas tinggi sulit untuk ditekuk, dilenturkan, atau mengalami perubahan bentuk secara signifikan ketika dikenai gaya atau tekanan. Dalam konteks mekanika atau ilmu material, rigiditas adalah ukuran dari respons suatu benda terhadap gaya eksternal yang bekerja padanya. Semakin tinggi rigiditas suatu benda, semakin sedikit deformasi yang akan terjadi saat benda tersebut diberikan gaya. Di sisi lain, benda dengan rigiditas rendah cenderung lebih mudah mengalami deformasi atau perubahan bentuk. Rigiditas juga dapat mengacu pada karakteristik atau sifat sikap mental atau pandangan yang tidak fleksibel atau sulit berubah. Misalnya, dalam konteks psikologi, seseorang yang memiliki rigiditas mental cenderung sulit untuk membuka pikirannya terhadap pandangan atau gagasan baru.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 16:14

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam konteks biologi, "rigiditas" mengacu pada sifat atau karakteristik kekakuan, kaku, atau kekakuan struktural suatu bahan, organisme, atau bagian tubuh. Rigiditas adalah kemampuan suatu benda atau struktur untuk tetap tegak atau mempertahankan bentuknya tanpa mengalami perubahan yang signifikan saat diberikan tekanan atau gaya luar.</p><p>Dalam organisme, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana suatu jaringan, organ, atau struktur tubuh mampu mempertahankan bentuknya dan tahan terhadap tekanan atau perubahan bentuk yang mungkin disebabkan oleh faktor eksternal seperti tekanan air, angin, atau gaya fisik lainnya.</p><p>Contoh dari aplikasi "rigiditas" dalam biologi:</p><p><strong>Rigiditas Sel:</strong> Beberapa sel dalam organisme memiliki dinding sel yang kuat dan kaku, seperti sel-sel pada jaringan tumbuhan. Dinding sel ini memberikan dukungan struktural dan membantu menjaga bentuk tumbuhan.</p><p><strong>Rigiditas Tulang:</strong> Tulang dalam tubuh manusia dan hewan memberikan kerangka yang kuat dan kokoh yang membantu mendukung tubuh dan melindungi organ-organ internal.</p><p><strong>Rigiditas Eksoskeleton:</strong> Hewan seperti serangga memiliki eksoskeleton luar yang kaku dan keras. Eksoskeleton ini melindungi tubuh mereka dan memberikan bentuk yang tetap terjaga.</p><p><strong>Rigiditas Struktur Tumbuhan:</strong> Batang dan cabang pada tumbuhan memiliki kemampuan untuk tetap tegak bahkan ketika terkena angin atau tekanan eksternal lainnya.</p><p>Secara umum, rigiditas adalah atribut penting dalam biologi karena membantu organisme bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.</p>

Dalam konteks biologi, "rigiditas" mengacu pada sifat atau karakteristik kekakuan, kaku, atau kekakuan struktural suatu bahan, organisme, atau bagian tubuh. Rigiditas adalah kemampuan suatu benda atau struktur untuk tetap tegak atau mempertahankan bentuknya tanpa mengalami perubahan yang signifikan saat diberikan tekanan atau gaya luar.

Dalam organisme, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana suatu jaringan, organ, atau struktur tubuh mampu mempertahankan bentuknya dan tahan terhadap tekanan atau perubahan bentuk yang mungkin disebabkan oleh faktor eksternal seperti tekanan air, angin, atau gaya fisik lainnya.

Contoh dari aplikasi "rigiditas" dalam biologi:

Rigiditas Sel: Beberapa sel dalam organisme memiliki dinding sel yang kuat dan kaku, seperti sel-sel pada jaringan tumbuhan. Dinding sel ini memberikan dukungan struktural dan membantu menjaga bentuk tumbuhan.

Rigiditas Tulang: Tulang dalam tubuh manusia dan hewan memberikan kerangka yang kuat dan kokoh yang membantu mendukung tubuh dan melindungi organ-organ internal.

Rigiditas Eksoskeleton: Hewan seperti serangga memiliki eksoskeleton luar yang kaku dan keras. Eksoskeleton ini melindungi tubuh mereka dan memberikan bentuk yang tetap terjaga.

Rigiditas Struktur Tumbuhan: Batang dan cabang pada tumbuhan memiliki kemampuan untuk tetap tegak bahkan ketika terkena angin atau tekanan eksternal lainnya.

Secara umum, rigiditas adalah atribut penting dalam biologi karena membantu organisme bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

555

5.0

Jawaban terverifikasi