Janeeta Z

23 Agustus 2023 12:00

Iklan

Iklan

Janeeta Z

23 Agustus 2023 12:00

Pertanyaan

Apa itu pertempuran Bandung lautan api


4

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Agustus 2023 12:01

Jawaban terverifikasi

Pertempuran Bandung Lautan Api adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Pertempuran ini berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 24 Maret 1946 antara pasukan Indonesia yang dipimpin oleh Mayor Jenderal TNI A.H. Nasution dan pasukan Belanda yang berusaha merebut kembali kendali atas kota tersebut. Pertempuran ini dikenal dengan sebutan "Lautan Api" karena intensitas dan keganasan bentrokan yang melibatkan penggunaan senjata api, artileri, dan serangan udara. Pasukan Indonesia yang jumlahnya lebih sedikit berhasil mempertahankan Kota Bandung dan berhasil mengusir pasukan Belanda yang mencoba menduduki kota tersebut. Pertempuran Bandung Lautan Api merupakan simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap upaya kolonialisasi kembali oleh Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini juga menjadi salah satu contoh perjuangan dan semangat juang para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan negara. Pertempuran Bandung Lautan Api memiliki makna historis yang mendalam dalam perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan dan merupakan bagian dari narasi yang mengingatkan akan pengorbanan dan tekad para pejuang dalam memperjuangkan hak dan kedaulatan bangsa.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

26 Agustus 2023 11:15

Jawaban terverifikasi

Pertempuran Bandung Lautan Api adalah peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajahan Belanda. Peristiwa ini terjadi pada 23-24 Maret 1946 di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Pada saat itu, Indonesia sedang berjuang untuk meraih kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terjadi konflik antara Indonesia dan Belanda yang dikenal sebagai Agresi Militer Belanda I. Konflik ini berlanjut dengan pembentukan Negara Indonesia Timur (NIT) yang didukung oleh Belanda. Akibat konflik ini, terjadi ketegangan yang meningkat di berbagai daerah, termasuk Bandung. Pada 23 Maret 1946, pasukan Indonesia yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Masturi berhasil mengusir pasukan Belanda yang menduduki kota Bandung. Pertempuran ini melibatkan perlawanan sengit dari pasukan Indonesia terhadap pasukan Belanda. Meskipun pasukan Indonesia secara taktis berhasil mengusir Belanda dari kota, pertempuran ini juga menyebabkan kerusakan yang cukup besar di sekitar kota Bandung, termasuk gedung-gedung dan infrastruktur. Nama "Bandung Lautan Api" digunakan untuk menggambarkan intensitas pertempuran dan kerusakan yang terjadi selama peristiwa ini. Meskipun Indonesia berhasil merebut Bandung kembali, pertempuran ini juga menjadi simbol pengorbanan dan semangat perjuangan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaannya. Pertempuran Bandung Lautan Api merupakan salah satu episode penting dalam sejarah Indonesia yang menunjukkan tekad dan semangat perjuangan rakyat dalam melawan penjajahan serta mengukuhkan perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Janeeta Z

11 September 2023 05:31

thank you kak


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

gunung kerinci sama gunung talamun terletak dipulau apa

43

5.0

Jawaban terverifikasi

mengapa negara italia dalam bebarapa hari,banyak yg meniggal...??? hayoooo yg nonton youtube tentang virus corona pasti tau niiii....😏😏

73

5.0

Lihat jawaban (2)