Nabila F

12 Maret 2024 11:28

Iklan

Iklan

Nabila F

12 Maret 2024 11:28

Pertanyaan

Apa itu periode sideris dan sinodis bulan? Apa perbedaannya?

Apa itu periode sideris dan sinodis bulan? Apa perbedaannya?


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:32

Jawaban terverifikasi

<p>Periode sideris dan sinodis adalah dua konsep penting dalam astronomi yang terkait dengan gerakan bulan.</p><p><strong>Periode Sideris</strong>: Periode sideris mengacu pada waktu yang diperlukan oleh bulan untuk kembali ke posisi relatifnya yang sama terhadap bintang-bintang di langit. Dalam periode sideris, bulan mengorbit Bumi dan bintang-bintang di langit bagaikan sebuah sistem. Periode sideris bulan adalah sekitar 27,3 hari.</p><p><strong>Periode Sinodis</strong>: Periode sinodis, atau kadang disebut sebagai periode sinodis sinodik, mengacu pada periode waktu yang diperlukan oleh bulan untuk kembali ke posisi relatifnya yang sama terhadap Matahari serta fase bulan yang sama. Dalam periode sinodis, kita memperhatikan gerakan bulan relatif terhadap Matahari. Periode sinodis bulan adalah sekitar 29,5 hari.</p><p>Perbedaan utama antara periode sideris dan sinodis adalah referensi terhadap posisi bulan: periode sideris dengan bintang-bintang di langit, sedangkan periode sinodis dengan Matahari. Karena Bumi bergerak mengelilingi Matahari, dan bulan bergerak mengelilingi Bumi, diperlukan waktu tambahan bagi bulan untuk menyelesaikan satu putaran relatif terhadap Matahari (periode sinodis) daripada satu putaran relatif terhadap bintang-bintang di langit (periode sideris). Oleh karena itu, periode sinodis lebih panjang daripada periode sideris.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Periode sideris dan sinodis adalah dua konsep penting dalam astronomi yang terkait dengan gerakan bulan.

Periode Sideris: Periode sideris mengacu pada waktu yang diperlukan oleh bulan untuk kembali ke posisi relatifnya yang sama terhadap bintang-bintang di langit. Dalam periode sideris, bulan mengorbit Bumi dan bintang-bintang di langit bagaikan sebuah sistem. Periode sideris bulan adalah sekitar 27,3 hari.

Periode Sinodis: Periode sinodis, atau kadang disebut sebagai periode sinodis sinodik, mengacu pada periode waktu yang diperlukan oleh bulan untuk kembali ke posisi relatifnya yang sama terhadap Matahari serta fase bulan yang sama. Dalam periode sinodis, kita memperhatikan gerakan bulan relatif terhadap Matahari. Periode sinodis bulan adalah sekitar 29,5 hari.

Perbedaan utama antara periode sideris dan sinodis adalah referensi terhadap posisi bulan: periode sideris dengan bintang-bintang di langit, sedangkan periode sinodis dengan Matahari. Karena Bumi bergerak mengelilingi Matahari, dan bulan bergerak mengelilingi Bumi, diperlukan waktu tambahan bagi bulan untuk menyelesaikan satu putaran relatif terhadap Matahari (periode sinodis) daripada satu putaran relatif terhadap bintang-bintang di langit (periode sideris). Oleh karena itu, periode sinodis lebih panjang daripada periode sideris.

 

 

 


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 02:01

Jawaban terverifikasi

<p>Periode sideris dan sinodis bulan adalah dua konsep penting dalam astronomi yang menggambarkan gerakan Bulan di sekitar Bumi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya beserta perbedaannya:</p><p><strong>Periode Sideris Bulan:</strong> Periode sideris bulan adalah waktu yang diperlukan oleh Bulan untuk melakukan satu putaran lengkap di sekitar Bumi relatif terhadap bintang-bintang di langit. Secara lebih tepatnya, ini adalah waktu yang diperlukan Bulan untuk kembali ke posisi relatif yang sama terhadap bintang-bintang di langit. Periode sideris bulan berlangsung sekitar 27,3 hari.</p><p><strong>Periode Sinodis Bulan:</strong> Periode sinodis bulan adalah waktu yang diperlukan oleh Bulan untuk kembali ke fase yang sama (misalnya, dari bulan baru ke bulan baru) relatif terhadap Matahari dan Bumi. Ini adalah periode yang paling sering digunakan dalam kalender dan pengamatan Bulan dari Bumi. Periode sinodis bulan memiliki panjang sekitar 29,5 hari.</p><p>Perbedaan utama antara kedua periode tersebut adalah referensi terhadap apa yang dihitung sebagai "putaran penuh". Dalam periode sideris, referensinya adalah bintang-bintang di langit, sementara dalam periode sinodis, referensinya adalah posisi relatif Bulan, Bumi, dan Matahari untuk menentukan fase Bulan.</p>

Periode sideris dan sinodis bulan adalah dua konsep penting dalam astronomi yang menggambarkan gerakan Bulan di sekitar Bumi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya beserta perbedaannya:

Periode Sideris Bulan: Periode sideris bulan adalah waktu yang diperlukan oleh Bulan untuk melakukan satu putaran lengkap di sekitar Bumi relatif terhadap bintang-bintang di langit. Secara lebih tepatnya, ini adalah waktu yang diperlukan Bulan untuk kembali ke posisi relatif yang sama terhadap bintang-bintang di langit. Periode sideris bulan berlangsung sekitar 27,3 hari.

Periode Sinodis Bulan: Periode sinodis bulan adalah waktu yang diperlukan oleh Bulan untuk kembali ke fase yang sama (misalnya, dari bulan baru ke bulan baru) relatif terhadap Matahari dan Bumi. Ini adalah periode yang paling sering digunakan dalam kalender dan pengamatan Bulan dari Bumi. Periode sinodis bulan memiliki panjang sekitar 29,5 hari.

Perbedaan utama antara kedua periode tersebut adalah referensi terhadap apa yang dihitung sebagai "putaran penuh". Dalam periode sideris, referensinya adalah bintang-bintang di langit, sementara dalam periode sinodis, referensinya adalah posisi relatif Bulan, Bumi, dan Matahari untuk menentukan fase Bulan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang sama dari senyawa dan zat campuran?

0

5.0

Jawaban terverifikasi