Ghazi A

02 Juli 2024 09:02

Iklan

Iklan

Ghazi A

02 Juli 2024 09:02

Pertanyaan

apa itu garis lintang dan garis bujur?

apa itu garis lintang dan garis bujur?


31

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Orang Y

02 Juli 2024 09:20

Jawaban terverifikasi

<p>Lintang dan garis bujur adalah istilah yang digunakan dalam sistem koordinat geografis untuk menentukan lokasi suatu titik di permukaan Bumi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang lintang dan garis bujur:<br><br>1.&nbsp;Lintang (Latitude):<br><br>- Lintang adalah garis-garis horizontal yang digunakan untuk mengukur jarak suatu titik di sebelah utara atau selatan garis khatulistiwa (ekuator).<br>- Lintang diukur dalam derajat dan dapat berupa lintang utara atau lintang selatan.<br>- Garis lintang utama adalah garis lintang nol atau garis khatulistiwa (0° lintang), yang merupakan garis lintang di tengah-tengah Bumi.</p><p><br>2.&nbsp;Garis Bujur (Longitude):<br><br>- Garis bujur adalah garis-garis vertikal yang digunakan untuk mengukur jarak suatu titik di sebelah timur atau barat garis meridian utama (garis bujur nol).<br>- Garis bujur diukur dalam derajat dan dapat berupa bujur timur atau bujur barat.<br>- Garis bujur utama adalah garis bujur nol atau garis meridian utama (0° bujur), yang merupakan garis bujur yang melewati Royal Observatory di Greenwich, London, Inggris.<br><br>Dengan menggunakan koordinat lintang dan garis bujur, kita dapat menentukan lokasi geografis suatu tempat di Bumi dengan akurat. Kombinasi lintang dan garis bujur memberikan koordinat geografis yang unik untuk setiap titik di permukaan Bumi.</p>

Lintang dan garis bujur adalah istilah yang digunakan dalam sistem koordinat geografis untuk menentukan lokasi suatu titik di permukaan Bumi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang lintang dan garis bujur:

1. Lintang (Latitude):

- Lintang adalah garis-garis horizontal yang digunakan untuk mengukur jarak suatu titik di sebelah utara atau selatan garis khatulistiwa (ekuator).
- Lintang diukur dalam derajat dan dapat berupa lintang utara atau lintang selatan.
- Garis lintang utama adalah garis lintang nol atau garis khatulistiwa (0° lintang), yang merupakan garis lintang di tengah-tengah Bumi.


2. Garis Bujur (Longitude):

- Garis bujur adalah garis-garis vertikal yang digunakan untuk mengukur jarak suatu titik di sebelah timur atau barat garis meridian utama (garis bujur nol).
- Garis bujur diukur dalam derajat dan dapat berupa bujur timur atau bujur barat.
- Garis bujur utama adalah garis bujur nol atau garis meridian utama (0° bujur), yang merupakan garis bujur yang melewati Royal Observatory di Greenwich, London, Inggris.

Dengan menggunakan koordinat lintang dan garis bujur, kita dapat menentukan lokasi geografis suatu tempat di Bumi dengan akurat. Kombinasi lintang dan garis bujur memberikan koordinat geografis yang unik untuk setiap titik di permukaan Bumi.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Juli 2024 06:50

Jawaban terverifikasi

Garis Lintang dan Garis Bujur: Penjelajah Posisi di Bumi Garis lintang dan garis bujur adalah dua garis khayal yang membentang di permukaan bumi, digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat dengan tepat. Garis lintang (disebut juga paralel) adalah garis khayal yang melintang mengelilingi bumi, sejajar dengan khatulistiwa. Garis lintang mengukur jarak sudut suatu tempat dari khatulistiwa, dengan nilai berkisar antara 0° (khatulistiwa) hingga 90° (kutub utara atau selatan). Semakin kecil nilainya, semakin dekat dengan khatulistiwa. Garis bujur (disebut juga meridian) adalah garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, tegak lurus dengan garis lintang. Garis bujur mengukur jarak sudut suatu tempat dari meridian utama (Greenwich), dengan nilai berkisar antara 0° (Greenwich) hingga 180° (barat atau timur). Semakin besar nilainya, semakin jauh dari Greenwich. Fungsi Garis Lintang dan Garis Bujur: * Menentukan lokasi: Koordinat garis lintang dan bujur digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat di bumi dengan tepat. * Memahami iklim: Garis lintang memengaruhi iklim suatu tempat karena jaraknya dari khatulistiwa. * Navigasi: Garis lintang dan bujur digunakan untuk navigasi di laut dan udara. * Pemetaan: Garis lintang dan bujur digunakan untuk membuat peta. Contoh: * Kota Jakarta terletak pada 6°12'S (garis lintang selatan) dan 106°48'E (garis bujur timur). * Kota New York terletak pada 40°43'N (garis lintang utara) dan 74°00'W (garis bujur barat). Kesimpulan: Garis lintang dan garis bujur adalah alat penting untuk memahami dan menentukan lokasi di bumi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tentukan benar dan salah tapi gunakan caranya yaa

0

4.0

Jawaban terverifikasi