Marcelino D

06 Mei 2024 09:51

Iklan

Iklan

Marcelino D

06 Mei 2024 09:51

Pertanyaan

apa itu fotosintesis

apa itu fotosintesis


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ashri N

06 Mei 2024 11:14

Jawaban terverifikasi

<p>Fotosintesis adalah proses yang terjadi di tumbuhan dengan adanya pembuatan makanan dengan menggunakan sinar matahari dan menghasilkan oksigen klorofil yang menggerakkannya.</p><p>Maaf jika jawabannya salah πŸ˜„</p>

Fotosintesis adalah proses yang terjadi di tumbuhan dengan adanya pembuatan makanan dengan menggunakan sinar matahari dan menghasilkan oksigen klorofil yang menggerakkannya.

Maaf jika jawabannya salah πŸ˜„


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

06 Mei 2024 11:20

Jawaban terverifikasi

Fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk senyawa organik, terutama glukosa. Proses ini terjadi di dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas. Tahapan proses fotosintesis adalah sebagai berikut: 1. Penyerapan Cahaya Matahari: - Klorofil, pigmen hijau pada daun, menyerap energi cahaya matahari, terutama cahaya merah dan biru. - Energi cahaya ini digunakan untuk memecah molekul air (H2O) menjadi hidrogen (H) dan oksigen (O). 2. Fiksasi Karbon Dioksida: - Tumbuhan menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara melalui stomata (pori-pori) pada daun. - Karbon dioksida bereaksi dengan hidrogen yang dihasilkan dari pemecahan air untuk membentuk senyawa organik, terutama glukosa (C6H12O6). 3. Produksi Oksigen: - Oksigen yang dihasilkan dari pemecahan air dilepaskan ke udara sebagai produk sampingan fotosintesis. - Oksigen ini sangat penting bagi makhluk hidup lain untuk bernapas. 4. Penyimpanan Energi: - Glukosa yang terbentuk dapat disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan energi. - Glukosa juga dapat diubah menjadi senyawa organik lain, seperti selulosa, pati, dan lemak, yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Fotosintesis merupakan proses yang sangat penting bagi kehidupan di bumi karena menghasilkan senyawa organik dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya. Tanpa fotosintesis, kehidupan di bumi tidak akan ada.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Nilai dari (-7)Β²

0

0.0

Jawaban terverifikasi