Guns L

27 Maret 2020 06:37

Iklan

Iklan

Guns L

27 Maret 2020 06:37

Pertanyaan

apa itu covid 19?


18

9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

14 Januari 2022 16:37

Jawaban terverifikasi

Halo Guns, Kakak bantu jawab ya :) COVID-19 atau Corona Virus Disease-2019 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2. Penyakit ini memiliki gejala yang beragam antara satu penderita dengan penderita lainnya, seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, nyeri sendi, kedinginan, diare, hingga sulit bernapas, namun, ada pula yang tidak mengalami gejala sama sekali. Virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 adalah virus dari kelompok coronavirus yang memiliki bentuk khas seperti mahkota. Virus ini memiliki material genetik berupa RNA rantai tunggal. Struktur virus corona SARS-CoV-2 seperti mahkota dan dilengkapi dengan protein permukaan bernama protein spike (S protein). S protein ini merupakan daerah/bagian yang akan menempel ke bagian reseptor permukaan pada sel inang, sekaligus berperan sebagai antigen atau molekul yang akan dikenali sistem imun inang sebagai benda asing berbahaya. Reseptor untuk S protein virus corona SARS-CoV-2 bernama reseptor ACE-2. Reseptor ini umum berada di sel paru-paru, epitel alveolus, tenggorokan, usus, jantung, dan ginjal. Oleh karena itu seseorang yang terserang virus ini memiliki gejala seperti flu yaitu batuk, demam, sakit tenggorokan, hingga sulit bernapas. Sebelum virus corona SARS-CoV-2 asal Wuhan penyebab penyakit COVID-19 ada, sudah terdapat virus corona pendahulunya yaitu SARS-CoV-1 penyebab penyakit SARS yang juga menyebabkan pandemi di beberapa negara, dan juga virus MERS-CoV penyebab penyakit MERS yang banyak terjadi di timur tengah. Penelitian menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 melakukan mutasi pada protein spikenya (S protein) sedemikian rupa sehingga menghasilkan jenis virus corona baru. Mutasi pada S protein menyebabkan kemampuan menginfeksi dan menyebar virus corona baru ini (SARS-CoV-2 penyebab COVID-19) lebih tinggi dibandingkan dua virus pendahulunya. Virus corona menyebar melalui droplet yang dikeluarkan melalui batuk, bersin, atau ketika seseorang bernyanyi/berbicara tanpa menggunakan masker atai menggunakan masker yang tidak sesuai standar atau penggunaannya tidak tepat. Virus ini juga dapat menempel di permukaan benda mati selama beberapa jam ketika seseorang yang terkena virus ini bersin/batuk dan mengenai permukaan benda mati tersebut. Karena penyebaran virus corona melalui droplet sebagaimana yang telah dijelaskan, maka upaya pencegahan penyebaran virus corona yang tepat adalah dengan mematuhi protokol kesehatan (menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas seperti kegiatan nongkrong bersama teman-teman, berbelanja, liburan, dll), dan juga melakukan vaksinasi. Dengan vaksinasi, seseorang yang terpapar virus ini setelah melakukan vaksinasi dapat lebih mudah mengalahkan virus ini sehingga tidak menularkan ke orang lain. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Ulfha D

02 April 2020 04:39

covid-19 adalah masalah yang bisa membuat libur panjang


Broy D

01 April 2020 10:07

covid 19 adalah Ade nya covid 20 & kakak nya covid 18πŸ€£πŸ˜‚


Mas M

27 Maret 2020 11:40

sebuah penyakit menular yg disebarkan oleh binatang, dan bisa menular ke dalam diri manusia


Ike I

01 April 2020 15:35

sok tau banget kamu! sejauh ini belum ditemukan fakta bahwa hewan dapat menyebarkan virus corona. virus corona menular dari manusia ke manusia!!

β€” Tampilkan 1 balasan lainnya

Verryson L

27 Maret 2020 16:53

Covid-19 adalah singkatan dari Corona (CO), Virus (VI) Disease (D) dan tahun 2019 (19), yang mana virus corona Covid-19 ini pertama kali muncul di tahun 2019.


Sarah I

28 Maret 2020 03:02

sel yang mematikan dan mudah menular, gejala virus ini flu ,batuk, demam, sakit tenggorokan, atau sulit bernafas..


Desti S

28 Maret 2020 07:38

covid-19 ini adalah virus SARS-CO2 yang dimana melakukan mutasi hingga dapat menyerang atau menjakit manusia dan membayakan pada paru-paru yang telah terjangit.


Revando A

31 Maret 2020 15:32

virus.!!


Riza A

01 April 2020 14:36

covid-19 adalah sebuah virus baru yang muncul pertama kali di Wuhan pada akhir 2019. virus ini di sebarkan melalui hewan ke manusia lalu manusia ke manusia lain dan menyerang ke pernafasan manuzia . orang yang terkena virus ini akan mengalami gejala batuk, pilek, demam, dan sesak nafas. virus ini mematikan hikss takut :((


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tipe kekebalan humoral non spesifik, mekanisme kerja anti bodi sebagai respon humoral melawan antigen dapat dilakukan melalui cara presipitasi, yaitu

70

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan