Navniaaa N

12 Juni 2024 08:26

Iklan

Iklan

Navniaaa N

12 Juni 2024 08:26

Pertanyaan

apa itu artikel ilmiah???

apa itu artikel ilmiah???


15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Daniel N

12 Juni 2024 10:26

Jawaban terverifikasi

<p>Moga membantu kamu ya <strong>Navniaaa N &lt;3</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan oleh penulisnya. Artikel ini disusun dengan format dan struktur tertentu yang biasanya mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Tujuan utama dari artikel ilmiah adalah untuk menyampaikan informasi baru, penemuan, atau analisis yang didukung oleh bukti-bukti yang kuat kepada komunitas ilmiah. Artikel ini biasanya diterbitkan di jurnal ilmiah setelah melalui proses peer-review, di mana para pakar bidang tersebut menilai kevalidan metodologi dan hasil penelitian yang disampaikan dalam artikel tersebut.</strong></p>

Moga membantu kamu ya Navniaaa N <3

 

Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan oleh penulisnya. Artikel ini disusun dengan format dan struktur tertentu yang biasanya mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Tujuan utama dari artikel ilmiah adalah untuk menyampaikan informasi baru, penemuan, atau analisis yang didukung oleh bukti-bukti yang kuat kepada komunitas ilmiah. Artikel ini biasanya diterbitkan di jurnal ilmiah setelah melalui proses peer-review, di mana para pakar bidang tersebut menilai kevalidan metodologi dan hasil penelitian yang disampaikan dalam artikel tersebut.


Navniaaa N

12 Juni 2024 10:50

thankyou kak

— Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 03:59

Jawaban terverifikasi

<p>Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan penelitian atau kajian yang mendalam tentang suatu topik tertentu dalam ilmu pengetahuan atau bidang akademik tertentu. Artikel ilmiah biasanya ditulis dengan menggunakan metodologi yang sistematis dan didasarkan pada data yang diperoleh dari penelitian atau analisis yang dilakukan penulis.</p><p>Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama dari artikel ilmiah:</p><p><strong>Metodologi</strong>: Artikel ilmiah selalu didasarkan pada metodologi atau pendekatan ilmiah yang jelas dan terdokumentasi. Metodologi ini mencakup langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data, serta analisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian.</p><p><strong>Struktur</strong>: Artikel ilmiah memiliki struktur yang baku, yang biasanya terdiri dari bagian-bagian seperti pendahuluan (introduction), tinjauan pustaka (literature review), metode (methods), hasil (results), pembahasan (discussion), dan kesimpulan (conclusion). Setiap bagian memiliki tujuan dan fungsi tertentu dalam menyampaikan informasi secara sistematis.</p><p><strong>Penyajian Data</strong>: Artikel ilmiah menggunakan data yang diperoleh dari penelitian atau analisis empiris sebagai dasar untuk pembahasan dan kesimpulan. Data tersebut disajikan secara jelas dan mendetail dalam bentuk tabel, grafik, atau narasi yang terstruktur.</p><p><strong>Bahasa Ilmiah</strong>: Penggunaan bahasa yang formal dan teknis merupakan ciri khas artikel ilmiah. Istilah-istilah ilmiah digunakan secara tepat dan akurat untuk mengkomunikasikan ide dan temuan kepada pembaca yang memiliki latar belakang ilmiah yang sama atau sejenis.</p><p><strong>Rujukan dan Literatur</strong>: Artikel ilmiah mencantumkan rujukan atau referensi dari sumber-sumber yang relevan dan terpercaya. Hal ini mendukung klaim-klaim yang disampaikan dalam artikel, serta memungkinkan pembaca untuk melacak sumber informasi yang digunakan penulis.</p><p><strong>Tujuan dan Kontribusi</strong>: Artikel ilmiah umumnya memiliki tujuan untuk menyampaikan pengetahuan baru, menguji hipotesis, atau mengembangkan teori dalam bidang tertentu. Kontribusi artikel ini dapat berupa penemuan baru, pengembangan metodologi, atau penyajian ulang dari sudut pandang yang baru.</p><p><strong>Peer Review</strong>: Sebagian besar artikel ilmiah melalui proses peer review, di mana tulisan dievaluasi oleh para ahli atau rekan sejawat dalam bidang yang relevan. Proses ini bertujuan untuk memastikan kualitas, validitas, dan keabsahan ilmiah dari artikel sebelum diterbitkan.</p>

Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang dibuat berdasarkan penelitian atau kajian yang mendalam tentang suatu topik tertentu dalam ilmu pengetahuan atau bidang akademik tertentu. Artikel ilmiah biasanya ditulis dengan menggunakan metodologi yang sistematis dan didasarkan pada data yang diperoleh dari penelitian atau analisis yang dilakukan penulis.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama dari artikel ilmiah:

Metodologi: Artikel ilmiah selalu didasarkan pada metodologi atau pendekatan ilmiah yang jelas dan terdokumentasi. Metodologi ini mencakup langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data, serta analisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Struktur: Artikel ilmiah memiliki struktur yang baku, yang biasanya terdiri dari bagian-bagian seperti pendahuluan (introduction), tinjauan pustaka (literature review), metode (methods), hasil (results), pembahasan (discussion), dan kesimpulan (conclusion). Setiap bagian memiliki tujuan dan fungsi tertentu dalam menyampaikan informasi secara sistematis.

Penyajian Data: Artikel ilmiah menggunakan data yang diperoleh dari penelitian atau analisis empiris sebagai dasar untuk pembahasan dan kesimpulan. Data tersebut disajikan secara jelas dan mendetail dalam bentuk tabel, grafik, atau narasi yang terstruktur.

Bahasa Ilmiah: Penggunaan bahasa yang formal dan teknis merupakan ciri khas artikel ilmiah. Istilah-istilah ilmiah digunakan secara tepat dan akurat untuk mengkomunikasikan ide dan temuan kepada pembaca yang memiliki latar belakang ilmiah yang sama atau sejenis.

Rujukan dan Literatur: Artikel ilmiah mencantumkan rujukan atau referensi dari sumber-sumber yang relevan dan terpercaya. Hal ini mendukung klaim-klaim yang disampaikan dalam artikel, serta memungkinkan pembaca untuk melacak sumber informasi yang digunakan penulis.

Tujuan dan Kontribusi: Artikel ilmiah umumnya memiliki tujuan untuk menyampaikan pengetahuan baru, menguji hipotesis, atau mengembangkan teori dalam bidang tertentu. Kontribusi artikel ini dapat berupa penemuan baru, pengembangan metodologi, atau penyajian ulang dari sudut pandang yang baru.

Peer Review: Sebagian besar artikel ilmiah melalui proses peer review, di mana tulisan dievaluasi oleh para ahli atau rekan sejawat dalam bidang yang relevan. Proses ini bertujuan untuk memastikan kualitas, validitas, dan keabsahan ilmiah dari artikel sebelum diterbitkan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Indonesia memiliki jumlah kriminal tahun 2022 sebanyak 372.965 kejadian. Artinya tindak kejahatan terjadi setiap 1 menit 24 detik sekali atau 1-5 pelaku dari 279 juta jiwa. Dengan naiknya jumlah tindak kejahatan, risiko terkena tindak kejahatan juga meningkat menjadi 137 per 100.000 penduduk pada 2022. Angka risiko terkena tindak kejahatan tersebut lebih tinggi dibanding tahun 2021 sebelumnya yang sebesar 90 per 100.000 penduduk. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? 2) Indonesia belum memeratakan bangunan kantor polisi di pendesaan. Sehingga korupsi makin merajalela. Namun jika Indonesia memiliki banyak kriminal (soal nomor 1), maka pembangunan kantor polisi dan fasilitas belum merata dan tingkat keamanan masih kurang. Sehingga warga kewalahan melaporkan banyak kasus kejadian ini. Dengan pemerataan pembangunan dengan jarak 250 meter + biaya uang yang cukup dan penjaga polisi maksimal, apakah kriminal bisa berkurang dalam jangka pendek? jelaskan alasanmu! (Jika ada) 3) Jika dimasa depan, Indonesia jarang ada kasus kriminal tahun 2045 sekitar 121 kejadian dan peluang muncul 1-5 tindak kejahatan hanya 0,5%/hari. Apa yang mereka rasakan, jika semua masalah terselesaikan sepenuhnya? berikan kesimpulan! ​

0

5.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

0

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan