Zeno J

25 Februari 2024 13:33

Iklan

Iklan

Zeno J

25 Februari 2024 13:33

Pertanyaan

Apa hubungannya Sumpah Pemuda dengan konsep persatuan dan kesatuan bangsa


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aulia D

01 Maret 2024 07:59

Jawaban terverifikasi

<p>Sumpah Pemuda <strong>membuktikan jika perbedaan pada bangsa Indonesia sebenarnya dapat disatukan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang artinya 'berbeda-beda tapi tetap satu'</strong>.</p>

Sumpah Pemuda membuktikan jika perbedaan pada bangsa Indonesia sebenarnya dapat disatukan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang artinya 'berbeda-beda tapi tetap satu'.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 07:16

Jawaban terverifikasi

<p>Sumpah Pemuda memiliki hubungan erat dengan konsep persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda II di Jakarta. Sumpah ini mencerminkan tekad dan semangat pemuda untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan dalam satu negara yang merdeka.</p><p>Sumpah Pemuda terdiri dari tiga butir yang menegaskan semangat persatuan dan kesatuan:</p><p><strong>Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa:</strong> Mendorong persatuan dalam satu wilayah tanah air (Nusa), menyatukan berbagai suku dan etnis menjadi satu bangsa (Bangsa Indonesia), serta memperkuat identitas nasional dengan menggunakan satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia.</p><p><strong>Tanah Air Indonesia:</strong> Menegaskan bahwa Indonesia adalah tanah air yang satu, mengandung makna kesatuan wilayah dan keberagaman budaya.</p><p><strong>Berbangsa dan Bernegara:</strong> Menegaskan tekad untuk bersatu dalam satu bangsa dan negara yang merdeka.</p><p><br>&nbsp;</p>

Sumpah Pemuda memiliki hubungan erat dengan konsep persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda II di Jakarta. Sumpah ini mencerminkan tekad dan semangat pemuda untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan dalam satu negara yang merdeka.

Sumpah Pemuda terdiri dari tiga butir yang menegaskan semangat persatuan dan kesatuan:

Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa: Mendorong persatuan dalam satu wilayah tanah air (Nusa), menyatukan berbagai suku dan etnis menjadi satu bangsa (Bangsa Indonesia), serta memperkuat identitas nasional dengan menggunakan satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia.

Tanah Air Indonesia: Menegaskan bahwa Indonesia adalah tanah air yang satu, mengandung makna kesatuan wilayah dan keberagaman budaya.

Berbangsa dan Bernegara: Menegaskan tekad untuk bersatu dalam satu bangsa dan negara yang merdeka.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan keberagaman

9

0.0

Jawaban terverifikasi