Putu B

25 Maret 2024 04:50

Iklan

Iklan

Putu B

25 Maret 2024 04:50

Pertanyaan

apa hambatan terbesar Indonesia dalam mewujudkan integrasi

apa hambatan terbesar Indonesia dalam mewujudkan integrasi


15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:00

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia memiliki beberapa hambatan yang signifikan dalam mewujudkan integrasi, baik itu integrasi ekonomi, sosial, maupun politik. Beberapa hambatan terbesar yang dihadapi Indonesia dalam mewujudkan integrasi antara lain:</p><p><strong>Keragaman Geografis</strong>: Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara. Keragaman geografis ini menyulitkan konektivitas dan interaksi antar wilayah, sehingga menciptakan kesenjangan pembangunan antara pulau-pulau yang lebih maju dan yang lebih terpencil.</p><p><strong>Keragaman Sosial dan Budaya</strong>: Indonesia memiliki masyarakat yang sangat beragam dari segi etnis, agama, bahasa, dan budaya. Keragaman ini kadang-kadang menjadi sumber konflik atau ketegangan antar kelompok, yang dapat menghambat upaya integrasi nasional.</p><p><strong>Kesenjangan Pembangunan</strong>: Terdapat kesenjangan pembangunan antara wilayah perkotaan dan pedesaan, serta antara wilayah yang kaya sumber daya alam dan yang kurang berkembang. Kesenjangan ini menghambat upaya integrasi ekonomi dan sosial antar wilayah.</p><p><strong>Infrastruktur yang Kurang Memadai</strong>: Infrastruktur yang kurang memadai, terutama di wilayah yang terpencil dan terisolasi, seperti jalur transportasi, jaringan listrik, dan akses internet, menjadi penghalang bagi integrasi ekonomi dan sosial.</p><p><strong>Ketimpangan Politik dan Otonomi Daerah</strong>: Sistem otonomi daerah di Indonesia menyebabkan terjadinya ketimpangan kebijakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yang dapat menghambat integrasi nasional.</p><p><strong>Korupsi dan Ketidakadilan</strong>: Korupsi dan ketidakadilan dalam sistem hukum dan pemerintahan dapat menciptakan ketidakpercayaan terhadap pemerintah dan lembaga negara, yang pada gilirannya dapat menghambat upaya integrasi nasional.</p>

Indonesia memiliki beberapa hambatan yang signifikan dalam mewujudkan integrasi, baik itu integrasi ekonomi, sosial, maupun politik. Beberapa hambatan terbesar yang dihadapi Indonesia dalam mewujudkan integrasi antara lain:

Keragaman Geografis: Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara. Keragaman geografis ini menyulitkan konektivitas dan interaksi antar wilayah, sehingga menciptakan kesenjangan pembangunan antara pulau-pulau yang lebih maju dan yang lebih terpencil.

Keragaman Sosial dan Budaya: Indonesia memiliki masyarakat yang sangat beragam dari segi etnis, agama, bahasa, dan budaya. Keragaman ini kadang-kadang menjadi sumber konflik atau ketegangan antar kelompok, yang dapat menghambat upaya integrasi nasional.

Kesenjangan Pembangunan: Terdapat kesenjangan pembangunan antara wilayah perkotaan dan pedesaan, serta antara wilayah yang kaya sumber daya alam dan yang kurang berkembang. Kesenjangan ini menghambat upaya integrasi ekonomi dan sosial antar wilayah.

Infrastruktur yang Kurang Memadai: Infrastruktur yang kurang memadai, terutama di wilayah yang terpencil dan terisolasi, seperti jalur transportasi, jaringan listrik, dan akses internet, menjadi penghalang bagi integrasi ekonomi dan sosial.

Ketimpangan Politik dan Otonomi Daerah: Sistem otonomi daerah di Indonesia menyebabkan terjadinya ketimpangan kebijakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yang dapat menghambat integrasi nasional.

Korupsi dan Ketidakadilan: Korupsi dan ketidakadilan dalam sistem hukum dan pemerintahan dapat menciptakan ketidakpercayaan terhadap pemerintah dan lembaga negara, yang pada gilirannya dapat menghambat upaya integrasi nasional.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 13:57

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia memiliki beberapa hambatan dalam mewujudkan integrasi, baik dalam konteks regional maupun domestik. Beberapa di antaranya meliputi:</p><p>Keanekaragaman Budaya dan Bahasa: Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan agama yang besar. Hal ini dapat menjadi hambatan dalam menciptakan kesatuan dan integrasi di antara berbagai kelompok masyarakat yang berbeda.</p><p>Infrastruktur yang Terbatas: Masalah infrastruktur yang terbatas, terutama di daerah terpencil, dapat menjadi hambatan dalam menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Infrastruktur yang kurang memadai dapat menghambat pertukaran barang, jasa, dan orang antar wilayah.</p><p>Konflik Sosial dan Politik: Konflik sosial dan politik, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal, dapat menghambat upaya integrasi di Indonesia. Konflik antar kelompok etnis, agama, atau suku sering kali mempengaruhi stabilitas dan integrasi nasional.</p><p>Ketimpangan Pembangunan: Ketimpangan pembangunan antar wilayah di Indonesia juga menjadi hambatan dalam mencapai integrasi. Ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi dan akses terhadap layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan dapat menciptakan ketegangan antar wilayah.</p><p>Perbedaan Visi dan Prioritas Pembangunan: Perbedaan visi dan prioritas pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah juga dapat menghambat integrasi. Perbedaan pandangan mengenai arah pembangunan ekonomi, sosial, dan politik sering kali menjadi sumber konflik antara pemerintah pusat dan daerah.</p><p>Permasalahan Korupsi dan Ketidakadilan: Korupsi dan ketidakadilan dalam sistem hukum dan pemerintahan dapat menghambat upaya integrasi. Ketidakpercayaan terhadap institusi publik dan ketidakadilan dalam distribusi sumber daya dapat merusak iklim sosial dan politik yang kondusif untuk integrasi.</p><p>Kendala Geografis: Geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau juga menjadi hambatan dalam menciptakan integrasi nasional. Jarak dan perbedaan geografis antar wilayah dapat menghambat pertukaran barang dan orang antar pulau.</p><p><br>&nbsp;</p>

Indonesia memiliki beberapa hambatan dalam mewujudkan integrasi, baik dalam konteks regional maupun domestik. Beberapa di antaranya meliputi:

Keanekaragaman Budaya dan Bahasa: Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan agama yang besar. Hal ini dapat menjadi hambatan dalam menciptakan kesatuan dan integrasi di antara berbagai kelompok masyarakat yang berbeda.

Infrastruktur yang Terbatas: Masalah infrastruktur yang terbatas, terutama di daerah terpencil, dapat menjadi hambatan dalam menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Infrastruktur yang kurang memadai dapat menghambat pertukaran barang, jasa, dan orang antar wilayah.

Konflik Sosial dan Politik: Konflik sosial dan politik, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal, dapat menghambat upaya integrasi di Indonesia. Konflik antar kelompok etnis, agama, atau suku sering kali mempengaruhi stabilitas dan integrasi nasional.

Ketimpangan Pembangunan: Ketimpangan pembangunan antar wilayah di Indonesia juga menjadi hambatan dalam mencapai integrasi. Ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi dan akses terhadap layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan dapat menciptakan ketegangan antar wilayah.

Perbedaan Visi dan Prioritas Pembangunan: Perbedaan visi dan prioritas pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah juga dapat menghambat integrasi. Perbedaan pandangan mengenai arah pembangunan ekonomi, sosial, dan politik sering kali menjadi sumber konflik antara pemerintah pusat dan daerah.

Permasalahan Korupsi dan Ketidakadilan: Korupsi dan ketidakadilan dalam sistem hukum dan pemerintahan dapat menghambat upaya integrasi. Ketidakpercayaan terhadap institusi publik dan ketidakadilan dalam distribusi sumber daya dapat merusak iklim sosial dan politik yang kondusif untuk integrasi.

Kendala Geografis: Geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau juga menjadi hambatan dalam menciptakan integrasi nasional. Jarak dan perbedaan geografis antar wilayah dapat menghambat pertukaran barang dan orang antar pulau.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dampak revolusi industri terhadap kolonialisme Barat yaitu meliputi 3 aspek yaitu?

0

5.0

Jawaban terverifikasi