Mustofa A

04 Maret 2024 03:44

Iklan

Iklan

Mustofa A

04 Maret 2024 03:44

Pertanyaan

Apa dampak yang ditimbulkan jika masyarakat menggunakan air tanah secara berlebihan?jelaskan

Apa dampak yang ditimbulkan jika masyarakat menggunakan air tanah secara berlebihan?jelaskan


43

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anindia L

04 Maret 2024 10:11

Jawaban terverifikasi

<p>Penggunaan air tanah secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan tingkat air tanah, mengakibatkan penurunan permukaan air tanah dan sumur. Hal ini dapat merugikan pertanian, ekosistem sungai, dan pasokan air untuk masyarakat. Selain itu, penurunan kualitas air tanah juga bisa terjadi karena intrusi air laut atau pencemaran bahan kimia dari aktivitas manusia</p>

Penggunaan air tanah secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan tingkat air tanah, mengakibatkan penurunan permukaan air tanah dan sumur. Hal ini dapat merugikan pertanian, ekosistem sungai, dan pasokan air untuk masyarakat. Selain itu, penurunan kualitas air tanah juga bisa terjadi karena intrusi air laut atau pencemaran bahan kimia dari aktivitas manusia


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 12:06

Jawaban terverifikasi

<p>Penggunaan air tanah secara berlebihan dapat menyebabkan dampak-dampak yang merugikan, termasuk:</p><p><strong>Penurunan Muka Air Tanah (Penurunan Akuifer):</strong> Pengambilan air tanah yang melebihi tingkat keberlanjutan dapat menyebabkan penurunan muka air tanah atau penurunan tingkat akuifer. Hal ini dapat merugikan sumber daya air bawah tanah jangka panjang.</p><p><strong>Intrusi Air Laut:</strong> Penurunan muka air tanah dapat memicu intrusi air laut ke dalam akuifer pesisir, mengakibatkan penurunan kualitas air tanah dengan masuknya air laut yang lebih asin.</p><p><strong>Subsiden Tanah:</strong> Penurunan muka air tanah yang signifikan dapat menyebabkan subsiden tanah, yaitu penurunan permukaan tanah. Subsiden dapat merusak infrastruktur seperti bangunan, jalan, dan saluran irigasi.</p><p><strong>Kehilangan Ekosistem:</strong> Penurunan air tanah dapat menyebabkan kekeringan pada ekosistem di sekitarnya, mengakibatkan kerusakan habitat dan kehilangan keanekaragaman hayati.</p><p><strong>Krisis Air Bersih:</strong> Pemanfaatan air tanah secara berlebihan tanpa keberlanjutan dapat menyebabkan krisis air bersih karena sumber air utama menjadi terdepleksi, terutama pada daerah yang bergantung pada air tanah untuk persediaan air minum.</p><p><strong>Masalah Kesehatan:</strong> Penurunan kualitas air tanah dan potensi kontaminasi dapat berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengandalkan air tanah untuk keperluan minum dan keperluan domestik lainnya.</p>

Penggunaan air tanah secara berlebihan dapat menyebabkan dampak-dampak yang merugikan, termasuk:

Penurunan Muka Air Tanah (Penurunan Akuifer): Pengambilan air tanah yang melebihi tingkat keberlanjutan dapat menyebabkan penurunan muka air tanah atau penurunan tingkat akuifer. Hal ini dapat merugikan sumber daya air bawah tanah jangka panjang.

Intrusi Air Laut: Penurunan muka air tanah dapat memicu intrusi air laut ke dalam akuifer pesisir, mengakibatkan penurunan kualitas air tanah dengan masuknya air laut yang lebih asin.

Subsiden Tanah: Penurunan muka air tanah yang signifikan dapat menyebabkan subsiden tanah, yaitu penurunan permukaan tanah. Subsiden dapat merusak infrastruktur seperti bangunan, jalan, dan saluran irigasi.

Kehilangan Ekosistem: Penurunan air tanah dapat menyebabkan kekeringan pada ekosistem di sekitarnya, mengakibatkan kerusakan habitat dan kehilangan keanekaragaman hayati.

Krisis Air Bersih: Pemanfaatan air tanah secara berlebihan tanpa keberlanjutan dapat menyebabkan krisis air bersih karena sumber air utama menjadi terdepleksi, terutama pada daerah yang bergantung pada air tanah untuk persediaan air minum.

Masalah Kesehatan: Penurunan kualitas air tanah dan potensi kontaminasi dapat berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengandalkan air tanah untuk keperluan minum dan keperluan domestik lainnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa pengendalian sosial yang tepat untuk mengatasi KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)? Jelaskan.

4

5.0

Jawaban terverifikasi