Najmah M

28 Januari 2023 05:38

Iklan

Iklan

Najmah M

28 Januari 2023 05:38

Pertanyaan

apa contoh lain teater gerak selain pantomim?

apa contoh lain teater gerak selain pantomim?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Februari 2024 16:02

Jawaban terverifikasi

<p>Ada banyak jenis teater gerak selain pantomim. Beberapa contoh lain dari bentuk teater gerak termasuk:</p><p><strong>Butoh:</strong></p><ul><li>Butoh berasal dari Jepang dan dikenal karena gerakan yang lambat, eksperimental, dan sering kali intens secara emosional. Butoh sering menggali tema-tema kehidupan, kematian, dan keadaan manusia.</li></ul><p><strong>Kathakali:</strong></p><ul><li>Kathakali adalah bentuk teater tradisional dari Kerala, India. Ini melibatkan gerakan yang kompleks dan simbolis, serta menggunakan rias wajah dan kostum yang khas. Ceritanya sering diambil dari epik-epik Hindu.</li></ul><p><strong>Tari Topeng:</strong></p><ul><li>Tari topeng adalah bentuk teater tradisional dari Indonesia yang melibatkan penggunaan topeng dan gerakan yang sangat stilistik. Pertunjukan ini seringkali menggambarkan mitos dan cerita rakyat.</li></ul><p><strong>Mime:</strong></p><ul><li>Mime adalah seni pertunjukan yang menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajah tanpa penggunaan kata-kata. Ini melibatkan ekspresi tubuh untuk menyampaikan cerita atau pesan kepada penonton.</li></ul><p><strong>Gagaku Bugaku:</strong></p><ul><li>Gagaku dan Bugaku adalah bentuk teater musik dan gerak klasik dari Jepang. Ini mencakup kombinasi musik, tarian, dan gerakan yang sangat seremonial dan ritualistik.</li></ul><p><strong>Commedia dell'arte:</strong></p><ul><li>Commedia dell'arte berasal dari Italia pada abad ke-16 dan melibatkan pementasan tanpa naskah tetap. Aktor-aktor menggunakan karakter-karakter yang dikenal dan improvisasi untuk menyampaikan cerita.</li></ul><p><strong>Kabuki:</strong></p><ul><li>Kabuki adalah bentuk teater tradisional Jepang yang melibatkan gerakan dan kostum yang sangat dramatis. Para aktor menggunakan riasan wajah yang mencolok dan melakukan gerakan yang berlebihan untuk mengekspresikan karakter mereka.</li></ul><p><strong>Teater Tari Modern:</strong></p><ul><li>Beberapa pertunjukan teater tari modern menggabungkan unsur-unsur gerak dan tarian untuk menyampaikan cerita atau konsep tertentu. Ini dapat mencakup karya-karya kontemporer yang menggabungkan elemen-elemen seni rupa dan pertunjukan.</li></ul>

Ada banyak jenis teater gerak selain pantomim. Beberapa contoh lain dari bentuk teater gerak termasuk:

Butoh:

  • Butoh berasal dari Jepang dan dikenal karena gerakan yang lambat, eksperimental, dan sering kali intens secara emosional. Butoh sering menggali tema-tema kehidupan, kematian, dan keadaan manusia.

Kathakali:

  • Kathakali adalah bentuk teater tradisional dari Kerala, India. Ini melibatkan gerakan yang kompleks dan simbolis, serta menggunakan rias wajah dan kostum yang khas. Ceritanya sering diambil dari epik-epik Hindu.

Tari Topeng:

  • Tari topeng adalah bentuk teater tradisional dari Indonesia yang melibatkan penggunaan topeng dan gerakan yang sangat stilistik. Pertunjukan ini seringkali menggambarkan mitos dan cerita rakyat.

Mime:

  • Mime adalah seni pertunjukan yang menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajah tanpa penggunaan kata-kata. Ini melibatkan ekspresi tubuh untuk menyampaikan cerita atau pesan kepada penonton.

Gagaku Bugaku:

  • Gagaku dan Bugaku adalah bentuk teater musik dan gerak klasik dari Jepang. Ini mencakup kombinasi musik, tarian, dan gerakan yang sangat seremonial dan ritualistik.

Commedia dell'arte:

  • Commedia dell'arte berasal dari Italia pada abad ke-16 dan melibatkan pementasan tanpa naskah tetap. Aktor-aktor menggunakan karakter-karakter yang dikenal dan improvisasi untuk menyampaikan cerita.

Kabuki:

  • Kabuki adalah bentuk teater tradisional Jepang yang melibatkan gerakan dan kostum yang sangat dramatis. Para aktor menggunakan riasan wajah yang mencolok dan melakukan gerakan yang berlebihan untuk mengekspresikan karakter mereka.

Teater Tari Modern:

  • Beberapa pertunjukan teater tari modern menggabungkan unsur-unsur gerak dan tarian untuk menyampaikan cerita atau konsep tertentu. Ini dapat mencakup karya-karya kontemporer yang menggabungkan elemen-elemen seni rupa dan pertunjukan.

Iklan

Iklan

Pipitttt P

02 Februari 2023 11:36

Drama?


Najmah M

02 Februari 2023 11:39

ah iya, termasuk terimakasih ya

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebagaian siswa diharuskan untuk melihat, mengamati, menilai suatu pentas seni. Kegiatan tersebut disebut….

6

0.0

Jawaban terverifikasi