Dzikrina K

04 Maret 2024 13:17

Iklan

Iklan

Dzikrina K

04 Maret 2024 13:17

Pertanyaan

analisis secara mendetail peristiwa bom atom Hiroshima-nagasaki, BPUPKI, dan PPKI

analisis secara mendetail peristiwa bom atom Hiroshima-nagasaki, BPUPKI, dan PPKI


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Suli P

05 Maret 2024 02:40

Jawaban terverifikasi

1. **Peristiwa Bom Atom Hiroshima-Nagasaki:** - **Waktu dan Tempat:** Bom atom dijatuhkan pada Hiroshima pada 6 Agustus 1945, diikuti oleh Nagasaki pada 9 Agustus 1945, oleh Amerika Serikat selama Perang Dunia II. - **Penyebab:** Keputusan untuk menggunakan bom atom dipicu oleh keinginan untuk mengakhiri perang secepat mungkin dan mempersingkat konflik dengan Jepang. - **Dampak:** Serangan tersebut menyebabkan kematian puluhan ribu orang secara langsung dan dampak radiasi jangka panjang pada kesehatan masyarakat. Hal ini mempercepat penyerahan Jepang dan mengakhiri Perang Dunia II. 2. **BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia):** - **Waktu dan Tempat:** Didirikan pada 1 Maret 1945 oleh Jepang di Jakarta selama pendudukan Jepang di Indonesia. - **Tujuan:** BPUPKI bertujuan untuk merumuskan dasar negara dan konstitusi yang akan diberikan oleh Jepang pada Indonesia merdeka. - **Hasil:** BPUPKI menghasilkan Panitia Sembilan yang menghasilkan teks Pembukaan UUD 1945 dan merumuskan dasar negara yang mendahului proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. 3. **PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia):** - **Waktu dan Tempat:** Didirikan pada 7 Agustus 1945, setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, di Jakarta. - **Tujuan:** PPKI bertugas menyusun Undang-Undang Dasar Sementara, membentuk pemerintahan dan menjaga keamanan selama situasi darurat pasca-proklamasi. - **Hasil:** PPKI menghasilkan Undang-Undang Dasar Sementara, membentuk pemerintahan sementara, dan menetapkan Soekarno sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Secara mendetail, ketiga peristiwa ini mencerminkan tahapan krusial dalam sejarah, dengan serangan bom atom Hiroshima-Nagasaki menandai akhir Perang Dunia II, BPUPKI sebagai langkah awal menuju kemerdekaan Indonesia, dan PPKI sebagai pembentukan struktur pemerintahan setelah proklamasi kemerdekaan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:29

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Peristiwa Bom Atom Hiroshima-Nagasaki:</strong></p><ul><li><strong>Waktu dan Tempat:</strong> Bom atom dijatuhkan oleh Amerika Serikat pada Hiroshima pada 6 Agustus 1945, dan pada Nagasaki pada 9 Agustus 1945, selama Perang Dunia II.</li><li><strong>Dampak Kemanusiaan:</strong> Serangan bom atom menyebabkan kerusakan fisik yang luar biasa dan dampak kesehatan jangka panjang. Ribuan warga sipil tewas dan banyak lainnya mengalami cedera serius serta efek radiasi.</li><li><strong>Tujuan Politik:</strong> Penggunaan bom atom diharapkan untuk mempercepat akhir Perang Dunia II dan memaksa Jepang menyerah kepada Sekutu.</li></ul><p><strong>BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia):</strong></p><ul><li><strong>Waktu dan Tempat:</strong> Didirikan pada 29 April 1945 di Jakarta.</li><li><strong>Tujuan dan Tugas:</strong> BPUPKI dibentuk untuk menyelidiki dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia setelah Jepang menyerah. Tugas utamanya adalah menyusun dasar negara dan konstitusi yang nantinya akan membentuk negara Indonesia merdeka.</li><li><strong>Proses Pembentukan:</strong> Melibatkan pemimpin nasionalis Indonesia yang memiliki peran penting dalam merumuskan ide dan pandangan mengenai negara yang akan dibangun setelah kemerdekaan.</li></ul><p><strong>PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia):</strong></p><ul><li><strong>Waktu dan Tempat:</strong> Dibentuk pada 7 Agustus 1945, sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.</li><li><strong>Peran Utama:</strong> PPKI memiliki peran penting dalam menetapkan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. PPKI juga terlibat dalam menyusun naskah UUD 1945.</li><li><strong>Pengaruh Terhadap Sejarah Indonesia:</strong> Keputusan dan tindakan PPKI pada masa itu membentuk dasar bagi negara Indonesia yang baru merdeka. Dokumen-dokumen yang dihasilkan, seperti proklamasi dan UUD 1945, menjadi dasar hukum dan politik yang membentuk wajah Indonesia modern.</li></ul>

Peristiwa Bom Atom Hiroshima-Nagasaki:

  • Waktu dan Tempat: Bom atom dijatuhkan oleh Amerika Serikat pada Hiroshima pada 6 Agustus 1945, dan pada Nagasaki pada 9 Agustus 1945, selama Perang Dunia II.
  • Dampak Kemanusiaan: Serangan bom atom menyebabkan kerusakan fisik yang luar biasa dan dampak kesehatan jangka panjang. Ribuan warga sipil tewas dan banyak lainnya mengalami cedera serius serta efek radiasi.
  • Tujuan Politik: Penggunaan bom atom diharapkan untuk mempercepat akhir Perang Dunia II dan memaksa Jepang menyerah kepada Sekutu.

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia):

  • Waktu dan Tempat: Didirikan pada 29 April 1945 di Jakarta.
  • Tujuan dan Tugas: BPUPKI dibentuk untuk menyelidiki dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia setelah Jepang menyerah. Tugas utamanya adalah menyusun dasar negara dan konstitusi yang nantinya akan membentuk negara Indonesia merdeka.
  • Proses Pembentukan: Melibatkan pemimpin nasionalis Indonesia yang memiliki peran penting dalam merumuskan ide dan pandangan mengenai negara yang akan dibangun setelah kemerdekaan.

PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia):

  • Waktu dan Tempat: Dibentuk pada 7 Agustus 1945, sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.
  • Peran Utama: PPKI memiliki peran penting dalam menetapkan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. PPKI juga terlibat dalam menyusun naskah UUD 1945.
  • Pengaruh Terhadap Sejarah Indonesia: Keputusan dan tindakan PPKI pada masa itu membentuk dasar bagi negara Indonesia yang baru merdeka. Dokumen-dokumen yang dihasilkan, seperti proklamasi dan UUD 1945, menjadi dasar hukum dan politik yang membentuk wajah Indonesia modern.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan kehidupan sosial, politik dan ekonomi kerajaan Ternate

8

0.0

Jawaban terverifikasi