Rahmat S

01 Januari 2022 03:00

Iklan

Iklan

Rahmat S

01 Januari 2022 03:00

Pertanyaan

Analisis mengapa India dan Australia begitu besar bantuannya terhadap perjuangan bangsa Indonesia diakui oleh dunia internasional !


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Dipta

12 Januari 2022 10:55

Jawaban terverifikasi

Halo Rahmat, saya bantu jawab ya. Jawaban : - India membantu Indonesia, karena pihak Indonesia pernah memberikan bantuan beras saat India mengalami bencana kelaparan pada tahun 1946 Masehi - Australia membantu Indonesia, hubungan itu terjadi karena adanya perserikatan buruh dari kedua negara, dan hubungan tersebut sangat erat. Pembahasan : saat Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaannya melawan pihak sekutu dan Belanda, India sedang dilanda bencana kelaparan. Melihat kondisi ini, Sutan Sjahrir selaku Perdana Menteri Indonesia pada tahun 1946 mencetuskan ide untuk membantu India dengan mengirimkan 500.000 ton beras. Hal inilah sebagai awal dari persahabatan negara India dan Indonesia, dan oleh karena itu ketika negara India resmi merdeka, India pun mengakui kemerdekaan Negara Indonesi. Salah satu bentuk dukungan Australia pada kemerdekaan Indonesia adalah peristiwa “Black Armada” yang terjadi pada 24 September 1945. Pada saat itu terjadi boikot besar-besaran terhadap kapal-kapal milik Belanda di Pelabuhan Brisbane, Sidney, Melbourne, dan Fremantle yang membawa persenjataan milik Belanda menuju Indonesia. kejadian tersebut didukung oleh Partai Buruh Australia yang pada saat itu menguasai pemerintahan Australia. Akibatnya sebanyak 400 armada kapal milik Belanda yang berlabuh di Australia tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Indonesia. Selain itu, para pekerja di pelabuhan Sydney juga menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor diplomatik Belanda dan memasang spanduk bertuliskan “hands off Indonesia”. Terimakasih sudah bertanya, semoga bermanfaat ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi