Nabila S

14 Maret 2024 10:38

Iklan

Iklan

Nabila S

14 Maret 2024 10:38

Pertanyaan

Analisilah kegiatan ekspor dan impor dalam perekonomian internasional(jelaskan secara rinci)!

Analisilah kegiatan ekspor dan impor dalam perekonomian internasional(jelaskan secara rinci)! 


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

15 Maret 2024 02:32

Jawaban terverifikasi

<p>Ekspor dan impor merupakan dua komponen utama dalam perdagangan internasional yang memainkan peran penting dalam perekonomian global. Berikut adalah penjelasan rinci tentang kedua kegiatan ini:</p><p><strong>Ekspor</strong>:</p><ul><li>Ekspor merujuk pada proses menjual barang dan jasa dari satu negara ke negara lain. Negara-negara biasanya melakukan ekspor untuk menghasilkan pendapatan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan memanfaatkan keunggulan komparatif yang dimilikinya.</li><li>Barang yang diekspor dapat berupa barang manufaktur, produk pertanian, bahan mentah, atau jasa seperti pariwisata atau layanan keuangan.</li><li>Negara-negara sering kali berfokus pada ekspor barang atau jasa yang mereka produksi dengan biaya yang relatif rendah atau memiliki keunggulan komparatif, sehingga dapat bersaing di pasar internasional.</li><li>Keuntungan ekspor antara lain meningkatkan pendapatan negara, menciptakan lapangan kerja, memperluas pasar untuk produk dan jasa, dan memperkuat posisi perdagangan internasional negara.</li></ul><p><strong>Impor</strong>:</p><ul><li>Impor merujuk pada pembelian barang dan jasa dari negara lain untuk digunakan di dalam negeri. Negara-negara melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat diproduksi secara efisien atau murah di dalam negeri, atau untuk mengakses produk atau teknologi tertentu.</li><li>Barang yang diimpor dapat berupa barang konsumsi, bahan baku untuk produksi, barang modal seperti mesin atau peralatan, atau jasa seperti teknologi atau konsultasi.</li><li>Negara-negara dapat mengimpor barang atau jasa yang mereka tidak produksi secara efisien atau yang memiliki keunggulan komparatif lebih rendah, sehingga dapat memperluas pilihan konsumen dan meningkatkan produktivitas ekonomi.</li><li>Kerugian impor antara lain menambah defisit perdagangan, mengurangi lapangan kerja di sektor-sektor tertentu, dan mempengaruhi nilai tukar mata uang.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Ekspor dan impor merupakan dua komponen utama dalam perdagangan internasional yang memainkan peran penting dalam perekonomian global. Berikut adalah penjelasan rinci tentang kedua kegiatan ini:

Ekspor:

  • Ekspor merujuk pada proses menjual barang dan jasa dari satu negara ke negara lain. Negara-negara biasanya melakukan ekspor untuk menghasilkan pendapatan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan memanfaatkan keunggulan komparatif yang dimilikinya.
  • Barang yang diekspor dapat berupa barang manufaktur, produk pertanian, bahan mentah, atau jasa seperti pariwisata atau layanan keuangan.
  • Negara-negara sering kali berfokus pada ekspor barang atau jasa yang mereka produksi dengan biaya yang relatif rendah atau memiliki keunggulan komparatif, sehingga dapat bersaing di pasar internasional.
  • Keuntungan ekspor antara lain meningkatkan pendapatan negara, menciptakan lapangan kerja, memperluas pasar untuk produk dan jasa, dan memperkuat posisi perdagangan internasional negara.

Impor:

  • Impor merujuk pada pembelian barang dan jasa dari negara lain untuk digunakan di dalam negeri. Negara-negara melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat diproduksi secara efisien atau murah di dalam negeri, atau untuk mengakses produk atau teknologi tertentu.
  • Barang yang diimpor dapat berupa barang konsumsi, bahan baku untuk produksi, barang modal seperti mesin atau peralatan, atau jasa seperti teknologi atau konsultasi.
  • Negara-negara dapat mengimpor barang atau jasa yang mereka tidak produksi secara efisien atau yang memiliki keunggulan komparatif lebih rendah, sehingga dapat memperluas pilihan konsumen dan meningkatkan produktivitas ekonomi.
  • Kerugian impor antara lain menambah defisit perdagangan, mengurangi lapangan kerja di sektor-sektor tertentu, dan mempengaruhi nilai tukar mata uang.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 12:47

Jawaban terverifikasi

<p><br>Ekspor dan impor adalah dua kegiatan penting dalam perekonomian internasional yang saling terkait dan memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara serta hubungannya dengan negara-negara lain. Berikut adalah analisis mengenai kedua kegiatan tersebut:</p><p><strong>Ekspor</strong>:</p><ul><li>Ekspor merujuk pada barang dan jasa yang dijual oleh suatu negara kepada negara lain.</li><li>Ekspor merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak negara, terutama bagi negara-negara yang memiliki keunggulan komparatif dalam produksi suatu barang atau jasa tertentu.</li><li>Melalui ekspor, negara dapat meningkatkan penerimaan devisa, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja.</li><li>Ekspor juga membantu dalam memperluas pasar bagi produk-produk domestik, meningkatkan daya saing perusahaan, dan memperkuat konektivitas ekonomi antarnegara.</li></ul><p><strong>Impor</strong>:</p><ul><li>Impor merujuk pada barang dan jasa yang dibeli oleh suatu negara dari negara lain.</li><li>Impor diperlukan ketika suatu negara tidak dapat memproduksi barang atau jasa tertentu secara efisien atau dengan biaya yang kompetitif.</li><li>Impor memungkinkan negara untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri, mengimpor barang-barang yang tidak tersedia secara lokal, atau mengimpor barang-barang dengan kualitas atau harga yang lebih baik dari luar negeri.</li><li>Namun, ketergantungan terlalu tinggi pada impor juga dapat menjadi be-ban bagi neraca perdagangan suatu negara, terutama jika negara tersebut harus mengimpor barang-barang pokok atau komoditas dengan harga yang tinggi.</li></ul>


Ekspor dan impor adalah dua kegiatan penting dalam perekonomian internasional yang saling terkait dan memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara serta hubungannya dengan negara-negara lain. Berikut adalah analisis mengenai kedua kegiatan tersebut:

Ekspor:

  • Ekspor merujuk pada barang dan jasa yang dijual oleh suatu negara kepada negara lain.
  • Ekspor merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak negara, terutama bagi negara-negara yang memiliki keunggulan komparatif dalam produksi suatu barang atau jasa tertentu.
  • Melalui ekspor, negara dapat meningkatkan penerimaan devisa, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja.
  • Ekspor juga membantu dalam memperluas pasar bagi produk-produk domestik, meningkatkan daya saing perusahaan, dan memperkuat konektivitas ekonomi antarnegara.

Impor:

  • Impor merujuk pada barang dan jasa yang dibeli oleh suatu negara dari negara lain.
  • Impor diperlukan ketika suatu negara tidak dapat memproduksi barang atau jasa tertentu secara efisien atau dengan biaya yang kompetitif.
  • Impor memungkinkan negara untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri, mengimpor barang-barang yang tidak tersedia secara lokal, atau mengimpor barang-barang dengan kualitas atau harga yang lebih baik dari luar negeri.
  • Namun, ketergantungan terlalu tinggi pada impor juga dapat menjadi be-ban bagi neraca perdagangan suatu negara, terutama jika negara tersebut harus mengimpor barang-barang pokok atau komoditas dengan harga yang tinggi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ada berapa dan tolong jelaskan jenis-jenis teks berita

3

0.0

Jawaban terverifikasi