Joy S

17 Februari 2024 00:53

Iklan

Joy S

17 Februari 2024 00:53

Pertanyaan

Aliran air yang datang secara terus-menerus yang terbentuk oleh proses tersebut yaitu dapat mengerosi tanah dan batuan. Bentang alam (Jawaban lebih dari satu) A. endapan moraine di tepi gletser B. danau dengan bentuk tapal kuda C. pantai dengan batuan yang terjal D. gumuk pasir dengan bentuk bulan sabit E. sungai yang membentuk aliran meander

Aliran air yang datang secara terus-menerus yang terbentuk oleh proses tersebut yaitu dapat mengerosi tanah dan batuan. Bentang alam (Jawaban lebih dari satu) 

A. endapan moraine di tepi gletser 

B. danau dengan bentuk tapal kuda 

C. pantai dengan batuan yang terjal 

D. gumuk pasir dengan bentuk bulan sabit E. sungai yang membentuk aliran meander

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

02

:

49

:

48

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Erwin A

Community

17 Februari 2024 07:46

Jawaban terverifikasi

<p>Bentang alam yang terbentuk akibat aliran air yang datang secara terus-menerus dan mengerosi tanah dan batuan adalah:</p><p><strong>B. Danau dengan bentuk tapal kuda</strong> <strong>C. Pantai dengan batuan yang terjal</strong> <strong>E. Sungai yang membentuk aliran meander</strong></p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><ul><li><strong>A. Endapan moraine di tepi gletser:</strong> Endapan moraine terbentuk dari material yang dibawa oleh gletser, bukan oleh aliran air.</li><li><strong>B. Danau dengan bentuk tapal kuda:</strong> Danau tapal kuda terbentuk akibat erosi glasial, di mana aliran air gletser mengikis tanah dan batuan di satu sisi lembah, menciptakan bentuk tapal kuda.</li><li><strong>C. Pantai dengan batuan yang terjal:</strong> Aliran air laut yang terus-menerus mengikis batuan di pantai, menciptakan tebing dan pantai yang terjal.</li><li><strong>D. Gumuk pasir dengan bentuk bulan sabit:</strong> Gumuk pasir terbentuk oleh angin, bukan oleh aliran air.</li><li><strong>E. Sungai yang membentuk aliran meander:</strong> Aliran air sungai yang terus-menerus mengikis tanah di sisi sungai, menciptakan lekukan dan belokan yang disebut meander.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Bentang alam yang terbentuk akibat erosi oleh aliran air yang datang secara terus-menerus adalah danau tapal kuda, pantai dengan batuan yang terjal, dan sungai dengan aliran meander.</p>

Bentang alam yang terbentuk akibat aliran air yang datang secara terus-menerus dan mengerosi tanah dan batuan adalah:

B. Danau dengan bentuk tapal kuda C. Pantai dengan batuan yang terjal E. Sungai yang membentuk aliran meander

Penjelasan:

  • A. Endapan moraine di tepi gletser: Endapan moraine terbentuk dari material yang dibawa oleh gletser, bukan oleh aliran air.
  • B. Danau dengan bentuk tapal kuda: Danau tapal kuda terbentuk akibat erosi glasial, di mana aliran air gletser mengikis tanah dan batuan di satu sisi lembah, menciptakan bentuk tapal kuda.
  • C. Pantai dengan batuan yang terjal: Aliran air laut yang terus-menerus mengikis batuan di pantai, menciptakan tebing dan pantai yang terjal.
  • D. Gumuk pasir dengan bentuk bulan sabit: Gumuk pasir terbentuk oleh angin, bukan oleh aliran air.
  • E. Sungai yang membentuk aliran meander: Aliran air sungai yang terus-menerus mengikis tanah di sisi sungai, menciptakan lekukan dan belokan yang disebut meander.

Kesimpulan:

Bentang alam yang terbentuk akibat erosi oleh aliran air yang datang secara terus-menerus adalah danau tapal kuda, pantai dengan batuan yang terjal, dan sungai dengan aliran meander.


Iklan

Kazi S

28 Februari 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p><br>Aliran air yang datang secara terus-menerus dan dapat mengerosi tanah dan batuan dapat membentuk berbagai bentang alam, termasuk:</p><p>C. Pantai dengan batuan yang terjal: Air laut yang terus menerus menghantam pantai dengan batuan yang terjal dapat mengakibatkan erosi pantai dan pembentukan tebing-tebing yang curam.</p><p>E. Sungai yang membentuk aliran meander: Air sungai yang mengalir secara terus-menerus dapat mengikis tepi sungai dan membentuk aliran meander yang melengkung.</p><p>Opsi B. danau dengan bentuk tapal kuda, juga mungkin terbentuk melalui proses erosi oleh aliran air, tetapi biasanya proses ini lebih terkait dengan proses sedimentasi.</p>


Aliran air yang datang secara terus-menerus dan dapat mengerosi tanah dan batuan dapat membentuk berbagai bentang alam, termasuk:

C. Pantai dengan batuan yang terjal: Air laut yang terus menerus menghantam pantai dengan batuan yang terjal dapat mengakibatkan erosi pantai dan pembentukan tebing-tebing yang curam.

E. Sungai yang membentuk aliran meander: Air sungai yang mengalir secara terus-menerus dapat mengikis tepi sungai dan membentuk aliran meander yang melengkung.

Opsi B. danau dengan bentuk tapal kuda, juga mungkin terbentuk melalui proses erosi oleh aliran air, tetapi biasanya proses ini lebih terkait dengan proses sedimentasi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan