Hikmatul M

11 April 2022 12:11

Iklan

Iklan

Hikmatul M

11 April 2022 12:11

Pertanyaan

Aldi: (1) Seorang anak yang berusia kurang dari tujuh belas tahun tetap harus menjalani peradilan jika melakukan tindakan kriminal. (2) Bila tidak, anak tersebut akan menganggap bahwa tindakan yang ia lakukan tidak salah. (3) Kalau sudah begitu, akan susah memperbaikinya. (4) Jadi, saya tetap tidak setuju bila peradilan bagi anak dihapuskan. Reno: (5) Ada hal yang harus dipertimbangkan. (6) Ketika seorang anak di bawah umur melakukan suatu hal, ia belum bisa menilai mana yang benar dan mana yang salah. (7) Ia belum bisa diadili karena perbuatannya belum dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. (8) Anak-anak memang biasa melakukan suatu hal sesuka hatinya. (9) Jadi, saya mendukung penghapusan peradilan bagi anak. Terdapat kalmat yang tidak padu dalam penulisan argumentasi debat tersebut. Maka, kalimat tidak padu yang harus dihapuskan adalah kalimat nomor .. A. (3) B. (5) C. (2) D. (6) E. (8)


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Z. Nabila

12 April 2022 09:03

Jawaban terverifikasi

Hai, Hikmatul M. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban soal di atas adalah E. Cermati penjelasan berikut ini. Kalimat tidak padu adalah kalimat yang tidak memiliki kaitan dengan kalimat lain pada suatu paragraf. Kalimat tersebut tidak mendukung topik atau gagasan utama sehingga terjadi ketidaksesuaian makna dalam suatu paragraf. Ciri-ciri kalimat tidak padu, di antaranya: 1. Bertolak belakang dengan pembahasan suatu paragraf jika dibaca secara runtut. 2. Tidak ada hubungannya dengan kalimat sebelum maupun sesudahnya. 3. Keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat. Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat tidak padu yang harus dihapuskan adalah kalimat nomor (8), yakni “Anak-anak memang biasa melakukan suatu hal sesuka hatinya.” karena tidak berkaitan dengan topik di atas yang membahas tentang penghapusan peradilan bagi anak. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

513

0.0

Jawaban terverifikasi