Hanum Z

30 November 2023 13:28

Iklan

Iklan

Hanum Z

30 November 2023 13:28

Pertanyaan

alasan Belanda tidak mau menyerahkan kekuasaan ke Jepang

alasan Belanda tidak mau menyerahkan kekuasaan ke Jepang


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

01 Desember 2023 13:18

Jawaban terverifikasi

<p>Belanda tidak mau menyerahkan kekuasaan ke Jepang karena beberapa faktor, antara lain:</p><ul><li><strong>Faktor ideologis:</strong> Belanda menganggap Hindia Belanda sebagai tanah jajahan mereka dan tidak ingin menyerahkannya kepada negara lain. Belanda juga memiliki keyakinan bahwa mereka akan dapat mengalahkan Jepang dalam perang.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Faktor ekonomis:</strong> Hindia Belanda merupakan sumber pendapatan yang penting bagi Belanda. Belanda tidak ingin kehilangan sumber pendapatan ini.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Faktor politik:</strong> Belanda khawatir bahwa jika mereka menyerah kepada Jepang, maka akan kehilangan pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara.</li></ul><p>Pada awalnya, Belanda memang berhasil memberikan perlawanan yang sengit kepada Jepang. Namun, Jepang berhasil menguasai Hindia Belanda dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:</p><ul><li><strong>Keunggulan Jepang dalam teknologi persenjataan:</strong> Jepang memiliki persenjataan yang lebih modern dan canggih daripada Belanda.</li><li><strong>Strategi perang yang jitu:</strong> Jepang menerapkan strategi perang yang jitu, yaitu serangan kilat (<i>blitzkrieg</i>).</li><li><strong>Dua front:</strong> Jepang juga berperang melawan Amerika Serikat di Pasifik. Hal ini membuat Belanda harus menghadapi dua musuh sekaligus.</li></ul><p>Pada akhirnya, Belanda menyerah kepada Jepang pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Penyerahan ini mengakhiri kekuasaan Belanda di Hindia Belanda selama 350 tahun.</p>

Belanda tidak mau menyerahkan kekuasaan ke Jepang karena beberapa faktor, antara lain:

  • Faktor ideologis: Belanda menganggap Hindia Belanda sebagai tanah jajahan mereka dan tidak ingin menyerahkannya kepada negara lain. Belanda juga memiliki keyakinan bahwa mereka akan dapat mengalahkan Jepang dalam perang.

 

  • Faktor ekonomis: Hindia Belanda merupakan sumber pendapatan yang penting bagi Belanda. Belanda tidak ingin kehilangan sumber pendapatan ini.

 

  • Faktor politik: Belanda khawatir bahwa jika mereka menyerah kepada Jepang, maka akan kehilangan pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara.

Pada awalnya, Belanda memang berhasil memberikan perlawanan yang sengit kepada Jepang. Namun, Jepang berhasil menguasai Hindia Belanda dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Keunggulan Jepang dalam teknologi persenjataan: Jepang memiliki persenjataan yang lebih modern dan canggih daripada Belanda.
  • Strategi perang yang jitu: Jepang menerapkan strategi perang yang jitu, yaitu serangan kilat (blitzkrieg).
  • Dua front: Jepang juga berperang melawan Amerika Serikat di Pasifik. Hal ini membuat Belanda harus menghadapi dua musuh sekaligus.

Pada akhirnya, Belanda menyerah kepada Jepang pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Penyerahan ini mengakhiri kekuasaan Belanda di Hindia Belanda selama 350 tahun.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

416

5.0

Jawaban terverifikasi