Varamus K

22 Mei 2022 02:53

Iklan

Iklan

Varamus K

22 Mei 2022 02:53

Pertanyaan

Aktivitas jaringan meristem yang menyebabkan pertumbuhan memanjang pada batang Zea mays adalah .... A. apikal dan interkalar B. lateral dan vaskuler C. lateral dan interkalar D. lateral dan a pika! E. vaskuler dan interkalar


94

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

22 September 2022 08:53

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah A. apikal dan interkalar.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Pertumbuhan memanjang pada batang disebut dengan pertumbuhan primer. Aktivitas jaringan meristem yang menyebabkan pertumbuhan memanjang batang <i>Zea mays</i> adalah meristem apikal dan interkalar.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Meristem apikal atau meristem ujung merupakan meristem yang terdapat di ujung akar dan batang tumbuhan. Meristem apikal menyebabkan pemanjangan akar dan batang tumbuhan. Sedangkan meristem interkalar atau meristem antara merupakan meristem yang terletak diantara jaringan meristem dewasa dan terdapat pada pangkal ruas batang. Umumnya meristem interkalar ditemukan pada tumbuhan monokotil, salah satu contohnya terdapat pada tumbuhan jagung (<i>Zea mays)</i>.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, aktivitas jaringan meristem yang menyebabkan pertumbuhan memanjang pada batang <i>Zea mays</i> adalah apikal dan interkalar.</p>

Jawaban yang benar adalah A. apikal dan interkalar.

 

Pembahasan:

Pertumbuhan memanjang pada batang disebut dengan pertumbuhan primer. Aktivitas jaringan meristem yang menyebabkan pertumbuhan memanjang batang Zea mays adalah meristem apikal dan interkalar. 

 

Meristem apikal atau meristem ujung merupakan meristem yang terdapat di ujung akar dan batang tumbuhan. Meristem apikal menyebabkan pemanjangan akar dan batang tumbuhan. Sedangkan meristem interkalar atau meristem antara merupakan meristem yang terletak diantara jaringan meristem dewasa dan terdapat pada pangkal ruas batang. Umumnya meristem interkalar ditemukan pada tumbuhan monokotil, salah satu contohnya terdapat pada tumbuhan jagung (Zea mays).

 

Jadi, aktivitas jaringan meristem yang menyebabkan pertumbuhan memanjang pada batang Zea mays adalah apikal dan interkalar.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

444

5.0

Jawaban terverifikasi