Cintaning A

24 Maret 2024 12:18

Iklan

Iklan

Cintaning A

24 Maret 2024 12:18

Pertanyaan

Aksi-aksi yang dilakukan rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan dilakukan di daerah... a. Negara Indonesia Timur dan Kalimantan b. Negara Sumatra Timur dan Negara Sumatra Selatan c. Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan d. Negara Madura dan Negara Jawa Timur e. Negara Jawa dan Negara Sumatra Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Aksi-aksi yang dilakukan rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan dilakukan di daerah...

a. Negara Indonesia Timur dan Kalimantan

b. Negara Sumatra Timur dan Negara Sumatra Selatan

c. Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan

d. Negara Madura dan Negara Jawa Timur

e. Negara Jawa dan Negara Sumatra

Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 05:32

Jawaban terverifikasi

<p>jawabanya adalah C.</p><p><br>Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa negara bagian yang memisahkan diri dari Republik Indonesia dan mendeklarasikan kemerdekaan sendiri. Salah satunya adalah Negara Jawa Timur yang diproklamasikan pada tanggal 25 Desember 1948 dan Negara Pasundan yang diproklamasikan pada tanggal 6 Juli 1947. Kedua negara bagian ini berada di Pulau Jawa.</p><p>Pada saat yang sama, terdapat pula gerakan kemerdekaan di daerah lain seperti di Sumatra, namun pertanyaan Anda secara spesifik menanyakan daerah mana yang melakukan aksi-aksi untuk kembali ke negara kesatuan. Jadi, jawabannya adalah Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan karena di daerah inilah gerakan rakyat dan pemerintah pusat Indonesia terlibat dalam upaya untuk menjaga kesatuan negara, termasuk melalui diplomasi politik dan jika perlu tindakan militer untuk mengintegrasikan kembali negara-negara bagian tersebut ke dalam Republik Indonesia.</p>

jawabanya adalah C.


Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa negara bagian yang memisahkan diri dari Republik Indonesia dan mendeklarasikan kemerdekaan sendiri. Salah satunya adalah Negara Jawa Timur yang diproklamasikan pada tanggal 25 Desember 1948 dan Negara Pasundan yang diproklamasikan pada tanggal 6 Juli 1947. Kedua negara bagian ini berada di Pulau Jawa.

Pada saat yang sama, terdapat pula gerakan kemerdekaan di daerah lain seperti di Sumatra, namun pertanyaan Anda secara spesifik menanyakan daerah mana yang melakukan aksi-aksi untuk kembali ke negara kesatuan. Jadi, jawabannya adalah Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan karena di daerah inilah gerakan rakyat dan pemerintah pusat Indonesia terlibat dalam upaya untuk menjaga kesatuan negara, termasuk melalui diplomasi politik dan jika perlu tindakan militer untuk mengintegrasikan kembali negara-negara bagian tersebut ke dalam Republik Indonesia.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

30 Maret 2024 11:00

Jawaban terverifikasi

<p>Aksi-aksi yang dilakukan rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan dilakukan di daerah...</p><p>c. Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan</p><p>&nbsp;</p><p>Pada awal-awal kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa wilayah yang menyatakan kemerdekaannya secara mandiri di luar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan.</p><p><strong>Negara Jawa Timur:</strong> Pada awal kemerdekaan, Jawa Timur menyatakan kemerdekaannya sebagai negara bagian terpisah dari Republik Indonesia yang diakui secara internasional. Namun, upaya tersebut bertentangan dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diakui oleh PBB. Setelah negosiasi dan tekanan politik, Jawa Timur kemudian bersatu kembali dengan Republik Indonesia.</p><p><strong>Negara Pasundan:</strong> Negara Pasundan terbentuk di wilayah Jawa Barat pada periode awal kemerdekaan. Meskipun merupakan bagian dari Republik Indonesia, Negara Pasundan menyatakan kedaulatannya secara terpisah pada tahun 1948. Namun, seperti halnya dengan Jawa Timur, Pasundan kemudian bergabung kembali dengan Republik Indonesia setelah beberapa waktu.</p><p>Aksi-aksi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan terutama terjadi di wilayah-wilayah yang secara singkat menyatakan kemerdekaannya sebagai entitas terpisah dari Republik Indonesia, seperti Jawa Timur dan Pasundan. Ini merupakan bagian dari usaha untuk mempertahankan kesatuan dan integritas Republik Indonesia sebagai negara yang berdaulat.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Aksi-aksi yang dilakukan rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan dilakukan di daerah...

c. Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan

 

Pada awal-awal kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa wilayah yang menyatakan kemerdekaannya secara mandiri di luar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Negara Jawa Timur dan Negara Pasundan.

Negara Jawa Timur: Pada awal kemerdekaan, Jawa Timur menyatakan kemerdekaannya sebagai negara bagian terpisah dari Republik Indonesia yang diakui secara internasional. Namun, upaya tersebut bertentangan dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diakui oleh PBB. Setelah negosiasi dan tekanan politik, Jawa Timur kemudian bersatu kembali dengan Republik Indonesia.

Negara Pasundan: Negara Pasundan terbentuk di wilayah Jawa Barat pada periode awal kemerdekaan. Meskipun merupakan bagian dari Republik Indonesia, Negara Pasundan menyatakan kedaulatannya secara terpisah pada tahun 1948. Namun, seperti halnya dengan Jawa Timur, Pasundan kemudian bergabung kembali dengan Republik Indonesia setelah beberapa waktu.

Aksi-aksi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia yang menuntut untuk kembali ke negara kesatuan terutama terjadi di wilayah-wilayah yang secara singkat menyatakan kemerdekaannya sebagai entitas terpisah dari Republik Indonesia, seperti Jawa Timur dan Pasundan. Ini merupakan bagian dari usaha untuk mempertahankan kesatuan dan integritas Republik Indonesia sebagai negara yang berdaulat.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Seorang oknum menjelek-jelekkan suku daerah A melalui akun sosial medianya. Suku daerah A tidak terima, mereka melakukan aksi demontrasi menuntut agar oknum tersebut meminta maaf. Demonstrasi yang awalnya berlangsung damai tiba-tiba menjadi ricuh. Pengguna fasilitas umum terganggu karena blokade jalan. Langkah represif yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah... A. Mengembangkan sikap toleransi B. Mengutamakan kepentingan umum C. Membubarkan secara paksa jika kondisi tidak terkendali D. Memberikan pendampingan bagi para korban dalam aksi demontrasi

4

0.0

Jawaban terverifikasi