Fadelia B

04 Juli 2022 11:43

Iklan

Iklan

Fadelia B

04 Juli 2022 11:43

Pertanyaan

Air Sumber Kehidupan Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia memperlukan air untuk masak, mandi, minum, mencuci, dan lain sebagainya. Sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapatkan air. Untuk mengambil air dari dalam sumur digunakan timba. Bagian bagian timba meliputi embel tali dan katrol. Untuk menggunakan timba terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol. Posisi katrol dikaitkan pada tiang penyangga yang tepat berdiri di atas sumur. Salah satu ujung taliyang telah dikaitkan pada katrol diikatkan pada gagang ember. Setelah itu, timba dapat digunakan untuk mengambil air dari dalam sumur. Cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan ember ke dalam sumur, sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. Tali timba yang dipegang dikendurkan agar ember dalam sumur tenggelam. Setelah ember berisi air, tali timba ditarik pelan-pelan. Saat ember berisi air sampaidi bibir sumur, ember segera diambil dan dituangkan ke dalam wadah yang telah disediakan. Kalimat yang sesuai dengan paragraf ketiga adalah …. a. Sumur timba banyak dibuat masyarakat di perkotaan b. Cara mengambil air di sumur adalah dengan menggunakan katrol c. Bagian-bagian timba adalah tali, ember dan katrol, d. Untuk mengambil air dengan timba, jatuhkan ember ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba dipegang. Setelah terisi air, tali timba ditarik pelan-pelan.


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Indah

04 Juli 2022 23:12

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah D. Paragraf ketiga teks tersebut menjelaskan cara mengambil air dengan menggunakan timba. Kalimat pada opsi A, B, dan C tidak terdapat pada paragraf ketiga, sedangkan kalimat pada opsi D terdapat pada paragraf ketiga. Dengan demikian, kalimat yang sesuai dengan paragraf ketiga adalah "Untuk mengambil air dengan timba, jatuhkan ember ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba dipegang. Setelah terisi air, tali timba ditarik pelan-pelan." Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

96

3.0

Jawaban terverifikasi