Muh R

30 November 2023 00:27

Iklan

Iklan

Muh R

30 November 2023 00:27

Pertanyaan

Ada berapa faktor yang menyebabkan Islam mudah di terima oleh masyarakat indonesia di antaranya kecuali?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ibrahim H

01 Desember 2023 22:41

Jawaban terverifikasi

faktor yang menyebabkan Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, antara lain: - Sikap terbuka dan akomodatif bangsa Indonesia terhadap budaya dan agama baru. - Islam tidak mengenal sistem kasta yang membedakan status sosial antara orang-orang. - Cara dan biaya ibadah Islam sederhana dan tidak memberatkan. - Islam mengajarkan tasawuf yang menarik hati para pencari kebenaran. - Islam masuk melalui cara damai melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, dan kesenian. - Islam mendapat dukungan dari politik dan kekuasaan, terutama setelah beberapa raja memeluk Islam. Dari faktor-faktor di atas, yang bukan merupakan faktor yang menyebabkan Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia adalah *diakuinya sistem kasta dalam Islam selama sesuai dengan syariat*. Faktor ini justru bertentangan dengan salah satu daya tarik Islam, yaitu kesetaraan dan persaudaraan antara umatnya tanpa memandang latar belakang.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Juni 2024 12:58

Jawaban terverifikasi

<p>Ada beberapa faktor yang menyebabkan Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, di antaranya:</p><p><strong>Faktor Historis:</strong> Islam telah hadir di kepulauan Indonesia sejak abad ke-7 melalui perdagangan dengan pedagang Arab dan India. Ini menciptakan fondasi awal bagi penyebaran Islam di wilayah ini.</p><p><strong>Faktor Sosial dan Budaya:</strong> Nilai-nilai sosial dan budaya dalam masyarakat Indonesia memiliki kesamaan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam, seperti keadilan, solidaritas, dan norma-norma moral yang dijunjung tinggi.</p><p><strong>Faktor Ekonomi:</strong> Perdagangan dan hubungan ekonomi dengan dunia Muslim, terutama di abad pertengahan, memfasilitasi penyebaran Islam di kalangan pedagang dan komunitas ekonomi lainnya.</p><p><strong>Faktor Politik:</strong> Islam juga diadopsi oleh beberapa kerajaan di Indonesia sebagai agama resmi, seperti pada masa Kesultanan Demak, Mataram Islam, dan kesultanan-kesultanan lainnya. Hal ini mempengaruhi penerimaan Islam di kalangan elite politik dan masyarakat umum.</p><p><strong>Faktor Dakwah dan Pendidikan:</strong> Peran ulama-ulama dan guru agama dalam menyebarkan ajaran Islam melalui proses dakwah dan pendidikan juga berperan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia.</p><p>Faktor yang tidak termasuk dalam faktor-faktor tersebut adalah:</p><ul><li><strong>Faktor Militer atau Kekuatan Kekerasan:</strong> Islam tidak diterima di Indonesia karena diperkenalkan dengan kekerasan atau tekanan militer. Islam di Indonesia lebih banyak diterima melalui proses perdagangan, sosial-budaya, politik, dan pendidikan.</li></ul>

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, di antaranya:

Faktor Historis: Islam telah hadir di kepulauan Indonesia sejak abad ke-7 melalui perdagangan dengan pedagang Arab dan India. Ini menciptakan fondasi awal bagi penyebaran Islam di wilayah ini.

Faktor Sosial dan Budaya: Nilai-nilai sosial dan budaya dalam masyarakat Indonesia memiliki kesamaan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam, seperti keadilan, solidaritas, dan norma-norma moral yang dijunjung tinggi.

Faktor Ekonomi: Perdagangan dan hubungan ekonomi dengan dunia Muslim, terutama di abad pertengahan, memfasilitasi penyebaran Islam di kalangan pedagang dan komunitas ekonomi lainnya.

Faktor Politik: Islam juga diadopsi oleh beberapa kerajaan di Indonesia sebagai agama resmi, seperti pada masa Kesultanan Demak, Mataram Islam, dan kesultanan-kesultanan lainnya. Hal ini mempengaruhi penerimaan Islam di kalangan elite politik dan masyarakat umum.

Faktor Dakwah dan Pendidikan: Peran ulama-ulama dan guru agama dalam menyebarkan ajaran Islam melalui proses dakwah dan pendidikan juga berperan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Faktor yang tidak termasuk dalam faktor-faktor tersebut adalah:

  • Faktor Militer atau Kekuatan Kekerasan: Islam tidak diterima di Indonesia karena diperkenalkan dengan kekerasan atau tekanan militer. Islam di Indonesia lebih banyak diterima melalui proses perdagangan, sosial-budaya, politik, dan pendidikan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

118

0.0

Jawaban terverifikasi