Raya T

03 Desember 2023 08:31

Iklan

Iklan

Raya T

03 Desember 2023 08:31

Pertanyaan

Abrasi adalah pengikisan wilayah pantai atau daratan yang diakibatkan oleh aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut. Pemadatan tanah yang terjadi pada saat terjadi aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut tersebut berakibat pada penurunan permukaan tanah dan tergenangnya permukaan tanah tersebut oleh air laut, Akibatnya, garis pantai mengalami perubahan. Masyarakat awam sering menganggap pahwa istilah abrasi memiliki makna yang sama dengan erosi pantai, padahal keduanya berbeda. Abrasi adalah proses terkikisnya batuan atau material keras misalnya dinding atau tebing batu yang sering disertai longsoran atau runtuhan material. Sementara itu, erosi pantai adalah proses mundurnya garis pantai akibat tidak adanya keseimbangan pasokan dan kapasitas angkutan sedimen. Tentukan ide pokok tiap-tiap paragraf teks eksplanasi tersebut!


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anonim

24 Desember 2023 14:30

Jawaban terverifikasi

<ul><li>Paragraf pertama: <strong>Pengertian abrasi dan dampaknya terhadap wilayah pantai atau daratan</strong>. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama dan kedua, yaitu “Abrasi adalah pengikisan wilayah pantai atau daratan yang diakibatkan oleh aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut. Pemadatan tanah yang terjadi pada saat terjadi aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut tersebut berakibat pada penurunan permukaan tanah dan tergenangnya permukaan tanah tersebut oleh air laut, Akibatnya, garis pantai mengalami perubahan.”</li><li>Paragraf kedua: <strong>Perbedaan antara abrasi dan erosi pantai</strong>. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama, yaitu “Masyarakat awam sering menganggap pahwa istilah abrasi memiliki makna yang sama dengan erosi pantai, padahal keduanya berbeda.”</li><li>Paragraf ketiga: <strong>Pengertian erosi pantai dan penyebabnya</strong>. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama dan kedua, yaitu “Erosi pantai adalah proses mundurnya garis pantai akibat tidak adanya keseimbangan pasokan dan kapasitas angkutan sedimen. Sementara itu, abrasi adalah proses terkikisnya batuan atau material keras misalnya dinding atau tebing batu yang sering disertai longsoran atau runtuhan material.”</li></ul>

  • Paragraf pertama: Pengertian abrasi dan dampaknya terhadap wilayah pantai atau daratan. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama dan kedua, yaitu “Abrasi adalah pengikisan wilayah pantai atau daratan yang diakibatkan oleh aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut. Pemadatan tanah yang terjadi pada saat terjadi aktivitas gelombang, arus laut, serta pasang surut air laut tersebut berakibat pada penurunan permukaan tanah dan tergenangnya permukaan tanah tersebut oleh air laut, Akibatnya, garis pantai mengalami perubahan.”
  • Paragraf kedua: Perbedaan antara abrasi dan erosi pantai. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama, yaitu “Masyarakat awam sering menganggap pahwa istilah abrasi memiliki makna yang sama dengan erosi pantai, padahal keduanya berbeda.”
  • Paragraf ketiga: Pengertian erosi pantai dan penyebabnya. Ide pokok ini terdapat di kalimat pertama dan kedua, yaitu “Erosi pantai adalah proses mundurnya garis pantai akibat tidak adanya keseimbangan pasokan dan kapasitas angkutan sedimen. Sementara itu, abrasi adalah proses terkikisnya batuan atau material keras misalnya dinding atau tebing batu yang sering disertai longsoran atau runtuhan material.”

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

429

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

846

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan