Eugene E

22 Januari 2023 12:31

Iklan

Iklan

Eugene E

22 Januari 2023 12:31

Pertanyaan

a) Apakah warna larutan lugol? b) Apakah warna biuret? c) Apakah warna campuran fehling A dan B? e) Berdasarkan hasil pengamatan di atas, untuk apa reagen itu digunakan? (reagen yang dimaksud adalah larutan lugol, biuret, campuan fehling A dan B) f) Apakah yang terjadi bila kertas diolesi minyak? Bagaimanakah kamu dapat mengetahui bahwa bahan makanan mengandung minyak?

a) Apakah warna larutan lugol?

b) Apakah warna biuret?

c) Apakah warna campuran fehling A dan B?

e) Berdasarkan hasil pengamatan di atas, untuk apa reagen itu digunakan? (reagen yang dimaksud adalah larutan lugol, biuret, campuan fehling A dan B)

f) Apakah yang terjadi bila kertas diolesi minyak? Bagaimanakah kamu dapat mengetahui bahwa bahan makanan mengandung minyak?


13

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

U. Hanum

01 Februari 2023 11:55

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa pertanyaan tersebut diuraikan pada penjelasan dibawah ini.</p><p>&nbsp;</p><p>a) warna larutan lugol yaitu coklat</p><p>b) warna biuret adalah biru muda</p><p>c) warna campuran fehling A dan B adalah biru muda</p><p>d) Reagen lugol digunakan untuk menguji adanya kandungan amilum dalam suatu makanan. Bila ditetesi dengan lugol bahan makanan tersebut akan berubah warnanya menjadi biru kehitam-hitaman artinya makanan tersebut mengandung amilum.</p><p>&nbsp;</p><p>Biuret merupakan reagen campuran antara NaOH dan CuSO<sub>4</sub> yang digunakan untuk menguji adanya kandungan protein. Bahan makanan yang mengandung protein akan berubah warna menjadi ungu setelah ditetesi biuret.</p><p>&nbsp;</p><p>Uji makanan dengan larutan fehling A dan B digunakan untuk menguji kandungan gula pereduksi (monosakarida atau disakarida) dalam suatu makanan.</p><p>&nbsp;</p><p>e) Kertas jika diolesi minya akan berubah menjadi transparan. Untuk mengetahui bahan makanan mengandung minyak, dapat dilakukan dengan cara menempelkan makanan tersebut ke kertas dan jika kertas tersebut berubah menjadi transparan, maka makanan tersebut mengandung minyak.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, beberapa pertanyaan tersebut telah dijelaskan pada pembahasan diatas.</p>

Beberapa pertanyaan tersebut diuraikan pada penjelasan dibawah ini.

 

a) warna larutan lugol yaitu coklat

b) warna biuret adalah biru muda

c) warna campuran fehling A dan B adalah biru muda

d) Reagen lugol digunakan untuk menguji adanya kandungan amilum dalam suatu makanan. Bila ditetesi dengan lugol bahan makanan tersebut akan berubah warnanya menjadi biru kehitam-hitaman artinya makanan tersebut mengandung amilum.

 

Biuret merupakan reagen campuran antara NaOH dan CuSO4 yang digunakan untuk menguji adanya kandungan protein. Bahan makanan yang mengandung protein akan berubah warna menjadi ungu setelah ditetesi biuret.

 

Uji makanan dengan larutan fehling A dan B digunakan untuk menguji kandungan gula pereduksi (monosakarida atau disakarida) dalam suatu makanan.

 

e) Kertas jika diolesi minya akan berubah menjadi transparan. Untuk mengetahui bahan makanan mengandung minyak, dapat dilakukan dengan cara menempelkan makanan tersebut ke kertas dan jika kertas tersebut berubah menjadi transparan, maka makanan tersebut mengandung minyak.

 

Jadi, beberapa pertanyaan tersebut telah dijelaskan pada pembahasan diatas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

137

5.0

Jawaban terverifikasi