Claudya V

25 Februari 2024 07:07

Iklan

Iklan

Claudya V

25 Februari 2024 07:07

Pertanyaan

5. Pada proses pernapasan dalam terjadi difusi gas Oksigen dari darah menuju jaringan tubuh. Hal tersebut terjadi karena... A. Tekanan parsial oksigen dalam jaringan lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen dalam darah B. Tekanan parsial oksigen dalam darah lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen dalam jaringan C. Tekanan parsial oksigen dalam darah sama dengan tekanan parsial oksigen dalam jaringan D. Adanya perubahan tekanan parsial oksigen dalam darah dan jaringan paru paru


1

2


Iklan

Iklan

Darren D

25 Februari 2024 16:50

<p>Halo! Mari kita menjawab pertanyaan tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban yang benar adalah: A. Tekanan parsial oksigen dalam jaringan lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen dalam darah.</p><p>&nbsp;</p><p>Proses pernapasan membawa oksigen dari udara ke dalam paru-paru melalui difusi, dan kemudian oksigen tersebut diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Dalam proses ini, difusi oksigen terjadi dari tempat yang memiliki tekanan parsial oksigen yang lebih tinggi ke tempat yang memiliki tekanan parsial oksigen yang lebih rendah.</p><p>&nbsp;</p><p>Ketika oksigen diangkut oleh darah ke jaringan tubuh, tekanan parsial oksigen dalam jaringan tubuh biasanya lebih rendah daripada tekanan parsial oksigen dalam darah arteri. Oleh karena itu, oksigen akan berdifusi dari darah ke dalam jaringan tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme sel. Sebaliknya, karbon dioksida akan berdifusi dari jaringan tubuh ke dalam darah untuk dibawa kembali ke paru-paru dan dikeluarkan dari tubuh.</p>

Halo! Mari kita menjawab pertanyaan tersebut.

 

Jawaban yang benar adalah: A. Tekanan parsial oksigen dalam jaringan lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen dalam darah.

 

Proses pernapasan membawa oksigen dari udara ke dalam paru-paru melalui difusi, dan kemudian oksigen tersebut diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Dalam proses ini, difusi oksigen terjadi dari tempat yang memiliki tekanan parsial oksigen yang lebih tinggi ke tempat yang memiliki tekanan parsial oksigen yang lebih rendah.

 

Ketika oksigen diangkut oleh darah ke jaringan tubuh, tekanan parsial oksigen dalam jaringan tubuh biasanya lebih rendah daripada tekanan parsial oksigen dalam darah arteri. Oleh karena itu, oksigen akan berdifusi dari darah ke dalam jaringan tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme sel. Sebaliknya, karbon dioksida akan berdifusi dari jaringan tubuh ke dalam darah untuk dibawa kembali ke paru-paru dan dikeluarkan dari tubuh.


Iklan

Iklan

Miftah F

26 Februari 2024 11:22

<h1>B. Tekanan parsial oksigen dalam darah lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen ke dalam jaringan.</h1><p>&nbsp;</p><p>oksigen akan berdifusi dari area dengan konsentrasi yang lebih tinggi (darah) menuju area dengan konsentrasi yang lebih rendah (jaringan tubuh), mengikuti gradien tekanan parsial.</p><p>&nbsp;</p><p>Ini adalah prinsip dasar difusi, di mana molekul bergerak dari area dengan konsentrasi tinggi ke area dengan konsentrasi rendah sampai mencapai keseimbangan. Dalam hal ini, oksigen dalam darah akan berdifusi ke jaringan tubuh sampai tekanan parsial oksigen sama antara darah dan jaringan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

B. Tekanan parsial oksigen dalam darah lebih tinggi daripada tekanan parsial oksigen ke dalam jaringan.

 

oksigen akan berdifusi dari area dengan konsentrasi yang lebih tinggi (darah) menuju area dengan konsentrasi yang lebih rendah (jaringan tubuh), mengikuti gradien tekanan parsial.

 

Ini adalah prinsip dasar difusi, di mana molekul bergerak dari area dengan konsentrasi tinggi ke area dengan konsentrasi rendah sampai mencapai keseimbangan. Dalam hal ini, oksigen dalam darah akan berdifusi ke jaringan tubuh sampai tekanan parsial oksigen sama antara darah dan jaringan.

 

 

 

 

 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

PEMBALAKAN LIAR Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia. Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia. Pertanyaan : 1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut! 3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia! 4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks! 5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!

18

5.0

Jawaban terverifikasi

bacalah kalimat persuasif berikut, kemudian temukanlah satu kalimat persuasif serta lima pendapat dan fakta dalam teks tersebut! Pentingnya Sarapan Pagi Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Gastronomy and Food Science konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas.Tidak hanya itu, melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi. Menunda sarapan terus-menerus saat beraktivitas tidak akan menghasilkan output yang maksimal pada kegiatan yang sedang dikerjakan, terlebih untuk pelajar. Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari National Weight Control Registry yang menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri sarapan pagi sebelum melakukan kegiatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Sarapan tidak perlu makanan yang terlalu berat dengan porsi yang banyak. Hal yang paling penting adalah tubuh terisi energi. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang memiliki tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu, pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

4

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

1. Cermatilah teks berikut! Dulu, anak-anak mengenyam pendidikan di bangku sekolah dipandang lebih tinggi daripada yang tidak. Waktu berlalu, tiba masa di mana anak yang sekolah sudah biasa karena memang hampir semua orang mampu bersekolah. Ironi terjadi saat ini. Kini banyak orang sukses yang masa lalunya tidak pernah belajar di bangku pendidikan. Ditambah lagi, zaman sekarang, siswa sudah banyak yang membantah guru dan prestasi mereka menurun. Lalu, dengan masalah yang terjadi saat ini, masih pentingkah siswa mengenyam pendidikan di bangku sekolah? Bukankah kini sudah ada homeschooling atau sekolah di rumah? Yang lebih mengejutkan lagi sudah muncul beberapa ‘sekolah’ yang berbasis daring. Artinya, siswa hanya perlu menyiapkan gawai yang dilengkapi dengan jaringan internet, setelah itu mereka bisa belajar di manapun tempatnya. Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah… A.Seharusnya anak tidak dipaksakan untuk sekolah karena kesuksesan tidak hanya tergantung pada tingginya sekolah yang ditempuh tetapi berdasarkan keberuntungan B.Perkembangan zaman berdampak terhadap kurang pentingnya sekolah formal karena sudah tersedia sekolah yang berbasis daring sehingga anak bisa belajar sendiri C.Pendidikan formal masih diperlukan dan dalam pelaksanaannya harus dilengkapi dengan pembentukan karakter dan selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi D.Banyaknya orang sukses yang tidak mengenyam bangku sekolah menandakan teknologi sudah menggantikan sekolah formal.

7

5.0

Jawaban terverifikasi

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja, Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang, hal tersebut pasti membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja. Gadget banyak dipergunakan oleh remaja zaman sekarang, Gadget dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, gadget banyak membawa dampak negatif terhadap remaja dan lingkungannya, jika remaja mempergunakan gadget secara berlebihan. selain itu, gadget cenderung digunakan remaja untuk membuat situs-situs terlarang dan game. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, gadget memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakan gadget. Jika dilihat dari usia, seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan gadget dapat menghubungkan remaja dengan hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui. Terlebih lagi pada usia ini remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan luar. Argumen yang telah disajikan mungkin benar. Akan tetapi, alasan yang disajikan tentu dapat terbantahkan. Banyak sisi positif yang didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Alasannya yaitu, remaja lebih mudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah, jika mereka tidak mendapat informasi dari buku pelajaran mereka. Hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka. Selain itu, remaja juga lebih mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak dan juga remaja lebih mudah untuk berhubungan dengan sanak saudara yang jauh. Dampak positif lainya, melalui canggihnya gadget remaja dapat mengetahui perkembangan IPTEK. Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung penggunaan gadget di lingkungan remaja. Tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja itu sendiri gadget lebih berdampak negatif. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget sangat banyak membawa dampak negatif pada kehidupan remaja tersebut. 1. tulislah 2 kalimat aktif dan ubahlah kalimat pasif berdasarkan teks diatas! (S p o k)

1

0.0

Jawaban terverifikasi