Haikal D

03 Desember 2023 17:55

Iklan

Iklan

Haikal D

03 Desember 2023 17:55

Pertanyaan

25. Ada 5 prinsip demokrasi dalam Islam salah satunya adalah prinsip almasulliyah yang artinya....

25. Ada 5 prinsip demokrasi dalam Islam salah satunya adalah prinsip almasulliyah yang artinya....

alt

15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Imas R

03 Desember 2023 22:07

Jawaban terverifikasi

<p>prinsip al mas'uliyah yang artinya prinsip pertanggungjawaban.&nbsp;</p><p>Prinsip ini menekankan pentingnya tanggung jawab antara individu dengan individu (mas'uliyah al-afrad) , tanggung jawab dalam masyarakat (mas'uliyah al-mujtama), serta tanggung jawab pemerintah (mas'uliyah al-daulah)</p>

prinsip al mas'uliyah yang artinya prinsip pertanggungjawaban. 

Prinsip ini menekankan pentingnya tanggung jawab antara individu dengan individu (mas'uliyah al-afrad) , tanggung jawab dalam masyarakat (mas'uliyah al-mujtama), serta tanggung jawab pemerintah (mas'uliyah al-daulah)


Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

04 Desember 2023 11:53

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah c. tanggung jawab. Pembahasan: Al-Masuliyyah adalah tanggung jawab. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kekuasaan dan jabatan itu adalah amanah yang harus diwaspadai, bukan nikmat yang harus disyukuri, maka rasa tanggung jawab bagi seorang pemimpin atau penguasa harus dipenuhi. Dan kekuasaan sebagai amanah ini memiliki dua pengertian, yaitu amanah yang harus dipertanggungjawabkan di depan rakyat dan juga amanah yang harus dipertanggungjawabkan di depan Tuhan. Sebagaimana Sabda Nabi: Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin dimintai pertanggung jawabannya. Seperti yang dikatakan oleh Ibn Taimiyyah12, bahwa penguasa merupakan wakil Tuhan dalam mengurus umat manusia dan sekaligus wakil umat manusia dalam mengatur dirinya. Dengan dihayatinya prinsip pertanggungjawaban (al-masuliyyah) ini diharapkan masing-masing orang berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat luas. Dengan demikian, pemimpin/ penguasa tidak ditempatkan pada posisi sebagai sayyid al-ummah (penguasa umat), melainkan sebagai khadim al-ummah (pelayan umat). Dus dengan demikian, kemaslahatan umat wajib senantiasa menjadi pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan oleh para penguasa, bukan sebaliknya rakyat atau umat ditinggalkan. Jadi, Al-Masulliyah artinya tanggung jawab.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

dalil kerukunan antar umat beragama

50

0.0

Lihat jawaban (2)